Home » Pengetahuan » Ini Dia 5 Tempat Wisata Kabupaten Siak yang Wajib Anda Kunjungi Ketika Liburan!

Ini Dia 5 Tempat Wisata Kabupaten Siak yang Wajib Anda Kunjungi Ketika Liburan!

Wisata Kabupaten Siak adalah kumpulan tempat-tempat wisata yang berada di Kabupaten Siak. Kabupaten Siak ini sendiri merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Riau dengan pusat pemerintahan berada di siak sri indrapura. Kabupaten ini memiliki luas wilayah yang cukup besar, yaitu mencapai 8.580,92 km2. Dibalik luas wilayah yang cukup besar ini, ternyata Kabupaten Siak memiliki banyak tempat wisata yang menarik, lho! Mau tahu? Yuk, Baca artikel ini sampai habis, ya!

  1. Istana Siak.

Pixabay.com

Nah, yang pertama dan yang paling utama adalah wisata istana siak. Sebelumnya anda sudah tahu kan kalau wilayah Kabupaten Siak ini dulunya adalah bagian dari Kesultanan Siak Sri Inderapura? Karena itulah, jika anda saat ini sedang mencari informasi mengenai tempat wisata mana yang bisa anda kunjungi saat liburan di Kabupaten Siak, Istana Siak inilah jawabannya. Anda bisa langsung memulai perjalanan wisata yang diawali dari istana ini, lho.

Istana Siak merupakan istana yang dibangun dalam kurun waktu kurang lebih 4 tahun, yaitu pada tahun 1889 sampai dengan tahun 1893 oleh Sultan Syarif Hasyim.  Istana Siak ini sering disebut-sebut sebagai Istana Matahari Timur atau The Sun Palace From East.  Di dalam istana ini, pengunjung bisa melihat dan menikmati benda-benda peninggalan dari Kerajaan Siak Sri Inderapura yang disusun rapi oleh pengelola istana.

Wisata budaya istana siak ini terletak di Jl. Sultan Syarif Kasim, Kp. Dalam, Kota Siak, Kabupaten Siak, Riau. Wisata ini buka setiap hari mulai pukul 9 pagi sampai pukul 4 sore. Namun, jika anda datang pada hari jumat, istana ini buka mulai pukul 9 sampai 11 pagi dan pukul 13.45 siang sampai 16.00 sore. Jeda diantara waktu buka pada hari jumat ini adalah untuk melaksanakan sholat jumat. Untuk tiket masuknya sendiri tergolong sangat murah, yaitu hanya 3 ribu rupiah saja perorang.

  1. Masjid Raya Syahabudin.

Setelah anda mengunjungi tempat wisata pertama, yaitu istana Siak, selanjutnya anda bisa langsung menuju tempat wisata kedua, yaitu Masjid Raya Syahabudin. Masjid Raya Syahabudin ini terletak tidak jauh dari istana, yaitu di pinggir Sungai Siak yang berjarak kurang lebih 500 meter dari istana. Masjid Raya Syahabudin ini juga dikenal dengan nama Masjid Sultan Siak yang dibangun oleh Sultan Assayyidis Syarif Kasim Abdul Jalil Syaifudin pada tahun 1926. Selain untuk tempat beribadah, masjid ini juga dijadikan sebagai tempat wisata cagar budaya oleh pemerintah setempat. Maka dari itulah, Masjid Raya Syahabudin ini direkomendasikan untuk dijadikan sebagai tujuan wisata di kabupaten siak.

  1. Taman Air Mancur Zapin.

Tujuan wisata ketiga yang bisa anda masukkan ke dalam list liburan ialah Taman Air Mancur Zapin. Taman ini terletak di tepi sungai siak, yaitu di dekat kawasan taman tengku mahratu di jalan sultan ismail yang lokasinya juga tidak jauh dari istana siak. Taman ini dikabarkan memiliki kolam air yang cukup besar serta terdapat belasan air mancur yang berdiri memenuhi kolam. Pancuran air yang berada di kolam ini biasanya akan dilengkapi dengan permainan cahaya lampu warna warni dan terlihat sangat indah. Selain itu, air mancur ini juga diiringi dengan musik yang menyenandungkan lagu Zapin, yang membuat air seakan-akan seperti menari bersama alunan musik.

Saat ini, Taman Air Mancur Zapin merupakan salah satu tempat favorite yang lagi naik daun dan sering dibicarakan di media sosial. Perlu anda ketahui bahwa taman air ini tidak bisa anda nikmati setiap hari, dan kontes air mancurnya hanya bisa anda nikmati dua kali dalam seminggu, yaitu pada malam minggu dan malam senin. Selain menjadi tempat tujuan wisata, taman air ini juga bisa menjadi alternatif pilihan bagi anda dan teman atau keluarga jika ingin berkumpul bersama.

  1. Danau Zamrud Siak.

Danau Zamrud Siak ini terletak cukup jauh dari ibu kota provinsi Riau, yaitu berjarak sekitar 180 kilometer. Tempat wisata yang satu ini termasuk ke dalam Taman Nasional Zamud Siak dan juga merupakan lokasi riset ilmu pengetahuan serta obat-obatan.

Danau zamrud ini memiliki pemandangan yang sangat indah dan menawan. Tidak hanya keindahan pemandangan alamnya saja, tetapi juga pemandangan air danau yang berwarna seperti batu zamrud. Keistimewaan inilah yang membuat danau zamrud ini terkenal dan dijadikan perbincangan oleh banyak orang.

  1. Jembatan Tengku Sultanah Latifah Siak.

Pixabay.com

Jembatan ini merupakan salah satu destinasi wisata Siak yang menghubungkan 2 kecamatan, yaitu Kecamatan Mampura dan Kecamatan Siak Sri Inderapura. Jembatan ini terbentang sepanjang 1,2 kilometer diatas sungai Siak dan merupakan salah satu jalan masuk ke kabupaten Siak, selain jalur air.

Itulah informasi mengenai 5 tempat wisata kabupaten Siak yang khusus kami rangkum untuk Anda. Dengan menjadikan 5 tempat wisata diatas sebagai tujuan liburan, anda tidak hanya akan bersenang-senang saja, melainkan juga menambah ilmu pengetahuan mengenai budaya dan sejarah di kabupaten Siak. Sekian informasi dari kami, sampai jumpa di artikel selanjutnya ya..