Home » Uncategorized » Tumis Kacang Panjang 

Tumis Kacang Panjang 

Kacang panjang adalah salah satu jenis sayur yang berasal dari famili kacang-kacangan. Seperti namanya, sayuran yang satu ini memiliki bentuk polong yang memanjang dan biasanya dipanen saat masih berwarna hijau. Sayuran yang satu ini umumnya dimakan saat masih mentah sebagai lalapan maupun dimasak sebagai sayur.

Tumis adalah olahan yang paling sering dijumpai dari masakan yang terbuat dari kacang panjang, yaitu sebuah olahan berupa masakan yang dibuat dengan teknik menggoreng dan melibatkan sedikit minyak. Memasak tumisan biasanya hanya sebentar karena jika terlalu lama masakan akan menjadi terlalu lunak atau bahkan gosong.

Bumbu dan Cara Masak Tumis Kacang Panjang

Membuat tumis kacang panjang sangat mudah. Bahan yang dibutuhkan adalah kacang panjang dan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah, gula pasir, garam, lengkuas, dan daun salam. Selain bahan-bahan tersebut, Anda juga dapat menambahkan bahan lain untuk menghasilkan tumisan yang lebih lezat seperti hati ayam, ikan tongkol, udang, tempe, dan lain-lain.

Cara pembuatannya yang pertama adalah mengupas bawang kemudian mencucinya bersama bahan lain. Ambil kacang panjang yang telah dicuci kemudian potong-potong seukuran ruas jari agar tidak terlalu pendek dan tidak terlalu panjang. Setelah itu, haluskan bahan-bahan seperti bawang merah, bawang putih, dan cabai merah.

Siapkan penggorengan, tambahkan sedikit minyak untuk menumis bumbu. Setelah minyak panas, masukkan bumbu halus kemudian tumis hingga harum dan tambahkan daun salam serta lengkuas. Setelah itu, tambahkan sedikit air ke dalam penggorengan kemudian masak kacang panjang hingga setengah matang.

Jika tumisan ingin ditambah sesuatu seperti daging ikan atau daging ayam, maka sebaiknya goreng daging tersebut terlebih dahulu sebelum dimasak bersama dengan kacang panjang. Setelah itu, tambahkan bumbu seperti garam, gula, dan kaldu bubuk sebagai penyedap. Sebelum diangkat, cicipi terlebih dahulu untuk mengoreksi apakah rasanya sudahpas atau belum.

Apabila belum pas, tambahkan kembali bumbu agar rasanya menjadi seimbang. Jika sudah pas, matikan kompor kemudian angkat tumisan kacang panjang tersebut untuk disajikan sehingga siap untuk disantap.