Home » Pendidikan » Inilah Cara Membuat Topi Cowboy Dari Karton, Cocok Untuk Mengisi Waktu Selama Di Rumah

Inilah Cara Membuat Topi Cowboy Dari Karton, Cocok Untuk Mengisi Waktu Selama Di Rumah

Selama virus covid-19 belum dapat ditaklukan maka kemungkinan untuk menghabiskan aktivitas di rumah saja masih terus berlanjut. Hal tersebut tentu cukup membuat stress terutama jika Anda mempunyai anak yang masih butuh bermain. Sehingga Anda sebagai orang tua harus memutar otak untuk membuat anak Anda betah dirumah.

Membuat anak betah di rumah dapat dilakukan dengan mengajak anak bermain. Selain bermain Anda juga dapat mengisi dengan mengajarkan berbagai kreasi atau membuat kerajinan yang mampu meningkatkan kreativitas anak. Salah satu yang sangat cocok untuk mengisi waktu selama di rumah bersama anak yaitu dengan membuat topi cowboy dari bahan yang mudah didapat seperti kertas karton.

Lengkap Cara Membuat Topi Cowboy Dari Karton

Membuat topi koboi dengan memanfaatkan bahan karton tentu ide yang sangat kreatif. selain itu cara membuatnya juga sangat mudah. Untuk membuat topi koboi dari karton Anda perlu bahan atau peralatan tambahan diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Kertas karton: 3 buah sebagai bahan utama
  • Lem: secukupnya, untuk merekatkan karton
  • Penggaris: 1 buah, digunakan untuk mengukur atau membuat ukuran topi koboi
  • Pensil: 1 buah
  • Penghapus: 1 buah
  • Cutter: 1 buah, untuk memotong bagian kertas karton yang sulit dipotong jika menggunakan gunting
  • Gunting: 1 buah, alat yang paling penting atau harus disiapkan
  • Cangkir: 1 buah, untuk memudahkan ketika ingin membuat bentuk lingkaran

Untuk cara lengkapnya membuat topi koboi adalah sebagai berikut:

  • Siapkan 3 kertas karton

Langkah pertama yang harus Anda siapkan untuk membuat topi koboi dengan bahan karton adalah 3 buah kertas karton. Kertas karton terdiri dari banyak warna dimana untuk pemilihan warna dapat Anda sesuaikan dengan selera Anda atau anak Anda.

Dalam pemilihan warna kertas karton Anda dapat mendiskusikannya terlebih dahulu dengan anak Anda. Karena kesempatan tersebut dapat melatih anak Anda untuk mengeluarkan pendapat. Selain itu Anda perlu menanyakan apa alasan dibalik pemilihan warna yang dipilih oleh anak Anda.

pexels.com

  • Membuat pola

Untuk membuat topi koboi langkah kedua yang harus Anda lakukan dengan teliti yaitu membuat pola diatas karton. Untuk membuat pola Anda membutuhkan penggaris, pensil, dan juga penghapus. Penggaris sangat penting dan akan membantu Anda untuk mengukur diameter lingkaran. Dimana diameter lingkaran sebaiknya disamakan dengan ukuran lingkaran kepala anak Anda.

Untuk pembuatan pola sendiri Anda harus membuat pola yang sama di atas ketiga karton tersebut. Dimana gambar pola yaitu lingkaran kecil dengan ukuran diameter kepala anak Anda. Kemudian diluar lingkaran kecil tersebut juga harus Anda buat lingkaran yang lebih besar yang mana diameternya harus Anda sesuaikan dengan seberapa besar bagian luar topi yang Anda inginkan.

Semua pola yang Anda buat pada kertas karton 1, 2 dan 3 harus sama. Jangan sampai sedikitpun yang berbeda sehingga proses pengukuran harus Anda lakukan dengan jelih. Khusus untuk pola pada kertas karton ke 3, maka Anda perlu membuat pola tambahan yaitu membuat garis (tembereng) yang membagi lingkaran tersebut menjadi 16 bagian yang sama.

  • Menggunting pola

Langkah selanjutnya adalah yang juga perlu Anda lakukan dengan hati-hati yaitu ketika menggunting pola. Untuk menggunting pola yang sudah tergambar di kertas karton Anda dapat menggunakan gunting dan juga cutter.

Untuk pola pada karton pertama Anda hanya membutuhkan bagian lingkaran besar saja. Sehingga untuk lingkaran kecil tidak digunakan. Untuk memisahkan antara lingkaran kecil dan juga lingkaran besar, Anda harus menyiapkan sayatan kecil terlebih dahulu dengan cutter kemudian melanjutkan dengan menggunakan gunting.

Setelah pola pada karton pertama sudah selesai maka bisa Anda lanjutkan untuk menggunting pola ke dua. Pada pola ke dua lingkaran yang dibutuhkan adalah lingkaran kecil. Sehingga lingkaran besar tidak digunakan. Untuk mendapat hasil guntingan yang rapi Anda dapat menggunakan cara yang sama seperti menggunting pola yang di kertas karton pertama.

Bagian pola ketiga semua dibutuhkan namun untuk bagian ini Anda harus menggunting setiap temberang yang dibuat. Namun menggunting temberang mulai dari lingkaran luar atau lingkaran yang lebih besar sampai batas lingkaran kecil. Gunting pola dengan hati-hati sehingga menghasilkan guntingan yang rapi.

pexels.com

  • Merakit pola

Langkah terakhir yang harus dilakukan dengan penuh kesabaran yaitu waktunya merakit pola satu dengan pola lainnya sehingga membentuk topi koboi. Untuk merakit pola satu dengan yang lainnya Anda membutuhkan lem untuk merekatkannya. Dalam melakukan kegiatan ini Anda dapat meminta bantuan anak Anda sehingga anak juga mempunyai peran yang aktif dalam membuat topi koboi.

Untuk membuat hasil yang lebih menarik Anda dapat melanjutkan dengan member hiasan pada topi yang Anda buat dengan anak Anda. Sehingga topi akan menjadi lebih menarik dan bagus.

Hiasan Cocok Untuk Topi koboi

Hiasan yang dapat Anda gunakan untuk menghias topi koboi diantaranya adalah kertas warna warni. Dimana Anda hanya perlu memotong kertas menjadi bagian kecil-kecil dan menempatkan kertas di tempat atau wadah yang berbeda-beda. Kemudian meminta anak Anda untuk menempelkan potongan kertas tersebut dengan lem ke topi koboi yang sudah berhasil dibuat.

Selain itu Anda juga dapat menggunakan kertas bergambar hewan yang dapat ditempelkan di bagian samping topi. Sehingga topi cowboy hat rack itu akan lebih menarik, dan yang paling penting membuat Anak Anda tidak bosan di rumah.