Home » Bisnis » Tips Usaha Laundry agar Profit Lebih Banyak

Tips Usaha Laundry agar Profit Lebih Banyak

Memang kompetisi usaha laundry semakin ketat. Hanya mereka yang mampu berinovasilah yang mampu bertahan. Mereka yang hanya mengalir bagai air akan gulung tikar dengan sendiri.

Faktanya, mereka yang bertahan malah justru lebih banyak mendapatkan untung. Mengapa? Karena mereka yang bertahan itulah yang berinovasi. Dan yang berinovasi biasanya mendapatkan tempat di hati pelanggan.

Maka dari itu, jika Anda menjalankan bisnis laundry, ada tips usaha laundry yang perlu untuk Anda lakukan. Ini bukan hanya sekedar tips sukses bisnis laundry melainkan bagaimana agar Anda tetap bertahan di tengah kompetisi yang semakin ketat.

Percepat Proses Laundry

Pixabay.com

Anda pasti tahu setiap pemain bisnis baru akan menawarkan harga yang jauh lebih murah. Bahkan, tidak jarang juga yang memberikan promo gila-gilaan. Apakah Anda harus menawarkan hal yang sama? Jika Anda ikut dalam skema promo gila-gilaan, bisa dipastikan Anda pun akan bangkrut. Karena bagaimanapun juga Anda harus menjaga cash flow, bukan hanya sekedar mendapatkan pelanggan tapi tidak untung.

Untuk itu, hindari banting-bantingan harga. Akan lebih baik jika Anda memberikan pelayanan yang lebih baik. Misalnya saja percepat proses laundry. Jika kompetitor Anda bisa menyelesaikan laundry dalam kurun waktu 3 hari, maka Anda harus mampu menyelesaikan dalam waktu 2 hari.

Caranya dengan menambah karyawan atau mengganti mesin pengering dengan yang paling baru dan paling bagus. Dengan cara ini, pelanggan Anda akan loyal dan tidak pindah ke tempat laundry baru meskipun menawarkan harga promo.

Buat Promo di Media Sosial

Promo memang boleh asal jangan banting harga. Karena seperti yang sudah disinggung sebelumnya, cash flow harus dijaga.

Buatlah promo secara berkala. Misalnya saja seminggu sekali atau di momen tertentu seperti hari kemerdekaan Indonesia, hari kartini, dan lain sebagainya. Dan pastikan promo tersebut Anda posting di media sosial. Buat pelanggan Anda menjadi follower di media sosial Anda.

Promo sebaiknya diberikan di momen yang tidak banyak orang duga. Dengan demikian, pelanggan Anda akan melihat akun media sosial Anda.

Namun, Anda juga harus membuat sedikit gimmick. Misalnya saja Anda meminta orang yang mendapatkan promo untuk mengunggap foto selfie dengan pakaian laundry di media sosial mereka. Dengan cara ini, promo tidak hanya sekedar promo tapi juga sebagai branding agar semakin banyak orang yang tahu usaha laundry Anda.

Walhasil, akan semakin banyak yang menggunakan jasa laundry Anda. Profit pun akan naik.

Tambahkan Layanan Antar Jemput

Apa yang membuat profit naik? Volume pekerjaan harus ditambah. Lalu, bagaimana cara menambah volume pekerjaan? Salah satu caranya adalah dengan menjemput bola. Artinya, Anda menyediakan layanan antar jemput. Dengan menjemput, maka pekerjaan laundry akan semakin banyak. Setelah selesai, layanan antar juga diberikan agar segera mendapatkan pembayaran dari pelanggan. Profit pun akan semakin tinggi.

Tidak hanya itu. Dari layanan ini, Anda juga bisa menambahkan charge. Anda tidak perlu khawatir pelanggan akan keberatan. Sekarang ini, mereka lebih suka dilayani dengan sebaik mungkin. Mereka tidak akan keberatan jika harus menambah biaya layanan antar.

Tawarkan Produk

Pixabay.com

Banyak yang mengatakan usaha laundry itu tidak bisa dikembangkan. Dan itu memang benar karena tidak ada diferensiasi produk yang bisa ditawarkan.

Namun, ada satu tips usaha laundry yang bisa Anda pertimbangkan untuk diterapkan, yaitu menawarkan barang. Selain memberikan layanan laundry, Anda juga bisa sekaligus menjual parfum laundry. Anda harus tahu harga pewangi laundry di luar sana itu mahal. Anda bisa jual dengan harga yang sedikit lebih murah. Pelanggan Anda pasti akan senang karena bisa jadi mereka laundry setiap kali. Mereka tetap mencuci pakaian sendiri. Dan ketika mereka cuci pakaian sendiri, mereka bisa gunkan pewangi yang sama yang Anda gunakan.

Selain itu, Anda juga bisa display pakaian di tempat laundry Anda. Pakaian tersebut bisa Anda jual. Ada kemungkinan juga pelanggan Anda tertarik, bukan? Dengan cara ini, Anda akan mendapatkan profit lebih banyak, tidak hanya dari laundry tapi juga dari penjualan produk.

Itulah beberapa tips usaha laundry yang bisa Anda terapkan agar tetap bertahan. Inovasi memang harus terus dilakukan dengan tujuan membangun engagement dengan pelanggan. Dan mereka akhirnya jatuh cinta dan tidak mau laundry di tempat lain. Itulah yang perlu Anda lakukan untuk menghadapi kompetitor yang semakin hari semakin bertambah jumlahnya.