Home » Automotif » Demi Keamanan, Ikuti Tips Bepergian Jauh Naik Motor Berikut Ini

Demi Keamanan, Ikuti Tips Bepergian Jauh Naik Motor Berikut Ini

Bepergian dengan mengendarai kendaraan roda dua atau motor menjadi pilihan banyak orang karena dirasa lebih praktis dan murah. Selain itu naik motor juga akan memudahkan kita untuk mencapai tempat tujuan dengan lebih cepat. Pertimbangan-pertimbangan tersebutlah yang membuat orang tidak segan menggunakan motor untuk perjalanan jarak jauh.

Meskipun naik motor untuk menempuh perjalanan jarak jauh dirasa lebih berbahaya namun hal tersebut tidak menyurutkan keinginan orang untuk melakukannya. Terlebih bagi mereka yang memang sangat suka dengan motor atau istilahnya biker. Kalangan ini memang hobi melakukan perjalanan dan traveling naik motor dengan jarak yang cukup jauh.

Anda yang bukan biker sebenarnya bisa juga melakukan perjalanan jarak jauh dengan motor tanpa merasa cemas. Perhatikan dan ikuti beberapa hal yang harus dilakukan agar perjalanan naik motor tetap aman dan bisa sampai ke tujuan dengan selamat.

Menurut vulcan manual user guide, berikut ini tips aman berkendara motor dengan jarak jauh.

Tips Aman Naik Motor Jarak Jauh

Jaga Kondisi Kesehatan

Jangan nekat berkendara jarak jauh apalagi dengan naik motor jika kondisi tubuh tidak prima. Anda membutuhkan fokus sepanjang perjalanan yang ditempuh dan itu hanya bisa dilakukan jika kondisi kesehatan tubuh baik. Sebaiknya konsumsilah makanan yang sehat dan bergizi serta vitamin sebelum memulai perjalanan naik motor.

Jangan lupa memakai jaket untuk melindungi diri dari angin dan cuaca yang dingin. Anda bisa saja menjadi sakit atau masuk angin dalam perjalanan karena tidak tahan dengan hawa dingin.

Cek Kondisi dan Kelengkapan Kendaraan

Selain mempersiapkan kondisi fisik sebelum bepergian naik motor, Anda juga harus memeriksa kondisi dan kelengkapan kendaraan. Bukan hanya tubuh saja yang harus prima kalau akan melakukan perjalanan jauh, motor juga harus dalam kondisi yang bagus. Kondisi kendaraan yang bermasalah bisa menyebabkan terjadinya hal yang tidak diinginkan selama dalam perjalanan bahkan bisa kecelakaan.

Jangan lupakan juga kelengkapan kendaraan yang akan dibawa perjalanan jauh tersebut. Siapkan semua surat-suratnya seperti SIM, STNK dan surat jalan jika ada. Begitu juga dengan kelengkapan lainnya seperti helm dan kunci-kunci untuk mengantisipasi jika ada masalah pada motor ditengah perjalanan.

Cari Informasi Lokasi Pengisian BBM

Sebelum berangkat tidak ada salahnya bahkan sangat disarankan Anda mencari informasi lebih dulu dimana saja ada lokasi SPBU. Hal tersebut akan memudahkan Anda untuk mengisi bahan bakar motor selama dalam perjalanan. Mengetahui dimana saja lokasi pengisian BBM yang ada di jalur perjalanan Anda akan memudahkan Anda memperkirakan dimana harus isi bensin.

Jangan Membawa Barang Berlebihan

Bawalah barang secukupnya saja saat Anda melakukan perjalanan jarak jauh dengan naik motor. Membawa barang yang berlebihan ketika naik motor justru akan mengganggu kesigapan Anda dalam menjalankan kendaraan. Selain itu juga barang bawaan yang terlalu banyak bisa mengganggu pengguna jalan lainnya dan bisa menyebabkan kecelakaan.

Kenali Rute yang Akan Dilewati

Jangan seperti orang buta yang tidak tahu sama sekali bagaimana kondisi rute yang akan dilewati dalam perjalanan tersebut. Jika Anda sudah tahu bagaimana kondisi rute atau jalur yang akan Anda lewati nantinya maka bisa mempersiapkan diri lebih baik. Termasuk mengetahui juga dimana ada tempat istirahat atau rest area pada rute tersebut. Dengan begitu Anda bisa mempersiapkan fisik secara maksimal.

Bagaimana kalau perjalanan naik motor ditempuh pada malam hari? Tentu saja ada tips aman lainnya untuk perjalanan pada malam hari seperti berikut ini.

Tips Aman Naik Motor Malam Hari

Hindari Konsumsi Obat yang Membuat Kantuk

Anda boleh saja minum suplemen ataupun obat yang akan membantu menjaga kondisi tubuh selama dalam perjalanan jarak jauh dengan motor. Hal yang perlu diingat adalah jangan minum obat yang bisa menyebabkan datangnya kantuk. Melakukan perjalanan di malam hari sangat riskan dengan rasa kantuk jadi jangan ditambah parah dengan reaksi obat.

Jangan Lewat Jalan yang Sepi

Perjalanan di malam hari dimana mayoritas jalanan lebih sepi tentunya akan lebih berbahaya apalagi kalau naik motor. Untuk keamanan diri sebaiknya hindari jalanan yang sepi agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Apalagi jika kawasan tersebut terkenal dengan aksi begal dan kejahatan lainnya. Jangan nekat lewat daerah tersebut apalagi kalau Anda perginya sendirian.

Ajak Teman

Melalukan perjalanan jauh sendirian akan membosankan bagi beberapa orang. Agar perjalanan bisa tetap menyenangkan maka tidak ada salahnya Anda mengajak teman. Adanya teman dalam perjalanan selain menghilangkan rasa bosan di jalan juga bisa menambah keamanan.