Home » Pengetahuan » Tempat Wisata di Bandung yang Murah untuk Liburan Keluarga

Tempat Wisata di Bandung yang Murah untuk Liburan Keluarga

 

Berlibur ke Bandung bersama keluarga tak harus mahal karena ada banyak tempat wisata di Bandung yang murah. Anda bisa memilih objek wisata taman, edukasi, sejarah, atau wisata alam dengan harga yang ramah di dompet. Jika Anda membutuhkan rekomendasi, simak ulasan tentang beberapa objek wisata yang bisa Anda nikmati dengan biaya minim, bahkan gratis, yang ada di Kota Kembang.

Tempat Wisata di Bandung yang Murah dan Seru

Bandung memiliki banyak pilihan tempat wisata, mulai dari yang bertarif premium hingga objek wisata yang bisa dinikmati sepuasnya secara gratis. Dengan adanya objek wisata murah berikut ini, keterbatasan biaya bukan halangan untuk menikmati momen seru berlibur bersama keluarga di Bandung.

  1. Gedung Sate

Saat berada di Bandung, jangan lupa untuk datang ke bangunan yang menjadi ikon Kota Bandung ini. Selain bangunannya yang bergaya kuno dan memiliki nilai sejarah, ada juga taman yang menjadi lokasi favorit warga Bandung untuk berswafoto. Keseruan di tempat ini bisa Anda nikmati bersama keluarga secara gratis.

  1. Alun-Alun Bandung

Objek wisata gratis berikutnya yang wajib dikunjungi adalah alun-alun Kota Bandung. Sejak beberapa tahun lalu, tempat yang semula jarang dilirik ini disulap menjadi tempat rekreasi keluarga yang menarik. Anda bisa mengajak anak-anak bermain atau sekadar duduk-duduk di pagi atau sore hari sambil menikmati jajanan murah meriah yang ditawarkan para pedagang kaki lima di sekitar alun-alun.

  1. Forest Walk Babakan Siliwangi

Dengan panjang jalur 2 km, Forest Walk Babakan Siliwangi adalah satu forest walk terpanjang di ASEAN. Di hutan kota dunia ini, Anda bisa menyusuri menembus hutan tanpa kesulitan dengan menyusuri jalan setapak yang dibuat melayang dengan ketinggian 2–5 meter. Pengalaman menarik ini bisa Anda dapatkan secara gratis.

  1. Taman Tematik

Berkumpul, bermain, dan berfoto bersama keluarga dengan latar yang menarik adalah keseruan yang bisa Anda ciptakan di taman-taman tematik di Kota Bandung. Taman Lalu Lintas, Taman Labirin, Taman Pustaka Bunga, Taman Active Park, Pet Park.

Kampung Wisata Kreatif Dago Pojok

Jika ingin mengajak keluarga untuk berwisata sekaligus menambah wawasan tanpa harus mengeluarkan banyak biaya, datanglah ke Kampung Wisata Kreatif Dago Pojok. Anda dan keluarga bisa menikmati atraksi kesenian dan bela diri, juga belajar tentang pembuatan batik, sablon, boneka, kerajinan kayu dan bambu, serta kerajinan dari limbah industri.

  1. Taman Hutan Raya Ir. H. Juanda

Salah satu objek wisata alam yang tidak jauh dari pusat kota adalah Taman Hutan Raya Ir. H. Juanda atau Dago Pakar. Selain area hutan yang luas dan berhawa sejuk, ada banyak objek wisata yang bisa dinikmati, seperti Goa Belanda, Goa Jepang, ari terjun Curug Dago, dan Tebing Keraton. Untuk masuk ke kawasan ini, Anda hanya perlu membayar tiket seharga Rp11.000 saja per orang.

  1. Berlibur Sambil Belajar di Museum

Di Kota Bandung, ada beberapa museum yang menarik untuk dikunjungi, yaitu:

  • Museum Geologi: tiket masuk Rp3.000 per orang, berisi pengetahuan tentang kondisi geologis Indonesia, fosil, flora-fauna, dan sejarah berdirinya Kota Bandung.
  • Museum Konferensi Asia Afrika: tidak ada tiket masuk, berisi memorabilia KAA yang diselenggarakan di Bandung pada tahun 1955.
  • Museum Sri Baduga: tiket masuk Rp1.500 (anak) dan Rp2.500 (dewasa), berisi koleksi benda bersejarah di bidang geologi, biologi, etnografi, arkeologi, historis, seni rupa, dan teknologi.

 

  1. Farm House Susu Lembang

Untuk masuk ke tempat wisata ini, Anda memang harus membayar Rp25.000 per orang. Namun, tiket masuk ini bisa ditukar dengan susu segar Lembang yang terkenal lezat. Di dalamnya, Anda bisa mengajak anak-anak mengenal aneka jenis binatang dan bersantai di taman.

Tips Liburan Hemat Bersama Keluarga

Saat berlibur bersama keluarga, Anda tentu ingin agar seluruh anggota keluarga bisa menikmati setiap momen yang dilewati. Untuk itu, lakukan beberapa tips berikut ini.

  1. Tentukan tujuan wisata dan rencana perjalanan agar semua berjalan lancar dan nyaman, terutama jika ada anak yang masih kecil.
  2. Pilih objek wisata yang murah atau gratis. Manfaatkan situs-situs informasi wisata seperti pengindolan.com untuk memilih tempat wisata yang sesuai dengan anggaran yang disiapkan.
  3. Bawalah bekal makanan, minuman, dan perlengkapan yang diperlukan agar tidak perlu mengeluarkan uang ekstra untuk konsumsi dan menyewa peralatan.
  4. Siapkan anggaran cadangan untuk berjaga-jaga, meskipun Anda berkunjung ke tempat wisata yang gratis.