Home » Pengetahuan » Pembawa Hoki, Yuk Intip 6 Jenis Tanaman Hias Yang Mendatangkan Keberuntungan

Pembawa Hoki, Yuk Intip 6 Jenis Tanaman Hias Yang Mendatangkan Keberuntungan

Bunga hias tidak hanya sedap dipandang mata. Beberapa jenis bunga juga dianggap sebagai pembawa keberuntungan karena suatu alasan, seperti yamh tertulis dalam mitos. Tak hanya membawa keberuntungan, beberapa mitos juga menyebutkan terdapat jenis bunga hias yang bisa digunakan sebagai obat penyakit bahkan penambah kecantikan. Yuk simak beberapa jenis tanaman hias pembawa keberuntungan berikut.

Tanaman Hias Yang Dianggap Bisa Membawa Keberuntungan

Pixabay.com

  1. Cecile Brunner Climbing Rose Flower

Tanaman ini memiliki kelas yang sejenis dengan bunga mawar. Namun yang membedakan adalah dari struktur tumbuhan merambat yang dimiliki oleh Cecile Brunner ini.Tanaman ini seringkali dikaitkan dengan keberuntungan dalam aspek percintaan. Memiliki ukuran bunga yang kecil, menjadikan tanaman ini mudah untuk dirawat. Anda hanya perlu menyiramnya setiap minggu. Jika bunga ini berada di tempat yang panas, anda bisa menyiramnya lebih sering.

Menurut catatan, bunga ini pertama kali diperkenalkan tepatnya pada tahun 1881. Bunga ini ditemukan oleh Richard Ardagh pada tahun 1904. Sebagai tanaman pemanjat, tanaman hias ini tidak begitu cocok untuk area yang sempit. Bunga ini akan kesulitan berkembang biak bahkan, akan cepat layu bila ditanam pada area tersebut. Pada umumnya, Anda bisa menemukan bunga ini di gapura besar atau taman bunga di tengah kota.

  1. Bunga Krisan

Menurut budaya Tiongkok, bunga krisan sering diberikan kepada orang tua karena melambangkan simbol umur yang panjang. Tidak hanya itu, jika ditanami di rumah jenis tanaman hias ini juga dipercaya membuat pemilik rumah lebih awet muda. Jenis bunga krisan yang sangat terkenal adalah krisan berwarna emas. Krisan emas melambangkan simbol kekayaan dan kemakmuran yang dipercayai banyak orang.

Bunga krisan pertama kali dibudidayakan di China pada 3.000 tahun sebelum Masehi. Penemunya adalah Karl Linnaeus yang memperkenalkan krisan emas tahun 1753 ke Negara Barat. Semenjak itu, bunga krisan menyebar ke seluruh negara Eropa yang dikembangkan untuk kepentingan komersial. Sejak saat itu, bunga krisan sering kali digunakan sebagai penghias baju wanita, dekorasi rumah, dan hotel.

Karena jenisnya yang banyak, setiap bunga krisan memiliki lambang dan simbolnya tersendiri. Krisan merah melambangkan ungkapan cinta, krisan ungu melambangkan semangat yang kuat, dan krisan perak melambangkan kasih sayang kepada kerabat. Oleh sebab itu, krisan dianggap sebagai tanaman hiasan pembawa keberuntungan karena memiliki lambang tersendiri di setiap jenisnya yang beragam.

  1. Bunga Amarilis

Bunga hias yang satu ini dilambangkan sebagai kekuatan. Memiliki struktur tanaman yang tinggi serta batangnya yang kokoh, membuat bunga Amarilis ini banyak digunakan sebagai dekorasi ruangan. Seringkali, jenis tanaman hias ini juga dilambangkan dengan kesuskesan karena, terkadang bunga ini diberikan pada saat seseorang meraih pencapaiannya. Bunga ini memiliki warna dan jenis yang beragam, ada merah, putih, kuning, pink, orange, dan kombinasi warna lainnya.

Bagi anda yang ingin menaman bunga Amarilis, masukkan bunga ke dalam wadah yang memiliki ukuran 6 hingga 8 inchi bersama dengan tanah yang berkualitas tinggi. Letakkan di tempat yang terkena pancaran sinar matahari namun tidak secara langsung. Bunga Amarilis umumnya mekar pada bulan September hingga Februari, untuk itu cara merawat tanaman hias ini sangat mudah. Siram setiap minggunya dan gunakan media tanah yang tepat.

  1. Bunga Azalea

Tanaman hias ini sering kali dilambangkan dengan kelimpahan terutama dalam hal kecantikan dan kecerdasan. Hal yang menarik dari bunga Azalea ini adalah, dikategorikan sebagai tumbuhan semak berbunga yang apabila ia tidak berbunga sekalipun, tanaman ini akan tetap tumbuh dengan indah. Bunga ini akan sangat cocok jika ditanam di depan halaman rumah.

Azalea juga memiliki simbol keanggunan dan kelembutan sebagai salah satu jenis tanaman hias yang mengisyaratkan untuk merawat dan mencintai diri sendiri. Pada dasarnya, merawat diri merupakan kodrat wanita agar terlihat cantik di mata pasangannya. Tak jarang, bunga ini diberikan kepada orang terkasih seperti pasangan, keluarga, atau sahabat sebagai pengingat periswita penuh kenangan dan emosional.

Terdapat banyak varian warna bunga Azalea dengan artinya tersendiri. Warna putih bersih melambangkan kesopanan, kepolosan, dan pengendalian diri. Warna merah berarti keromantisan, warna ungu dan pink melambangkan pribadi yang periang penuh semangat, dan warna kuning menandakan suatu hubungan persahabatan atau kekeluargaan. Bunga penuh makna ini umumnya berbunga antara bulan Mei hingga Juni.

  1. Bunga Marigold

Jenis tumbuhan hias yang satu ini sering dikaitkan sebagai pelindung dari ancaman roh jahat. Beberapa jenis bunga Marigold dipercaya sebagai simbol keberuntungan. Marigold memiliki bunga berbentuk bulat dan saling bertumpuk. Umumnya, Marigold memiliki warna yang sangat cerah, seperti kuning, orange, dan merah. Bagi anda yang tertarik menanam bunga ini, caranya cukuplah mudah.

Marigold merupakan jenis tanaman hias yang membutuhkan sinar matahari kurang lebih 12 jam untuk pertumbuhannya. Anda hanya perlu menyiapkan media tanah yang baik dengan menyiramnya secara teratur. Tanaman ini menyukai panas matahari, meski begitu pastikan tanahnya selalu basah agar tumbuhan tidak cepat layu. Namun jika media tanahnya masih lembap, jangan memberinya air terlebih dahulu agar tanaman hias ini tidak membusuk.

  1. Bunga Peony

Pixabay.com

Bunga hias yang satu ini diartikan sebagai pembawa keberuntungan dalam hal percintaan, kesuburan, dan kesuksessan. Oleh karena itu, tak jarang bunga peony ini digunakan pada upacara pernikahan sebab diyakini dapat membawa keberkahan dalam urusan percintaan, kemakmuran, kebahagiaan, dan masa depan yang baik bagi mereka. Peonny umumnya berbunga di akhir musim semi dan di awal musim panas.

Apabila anda tertarik untuk menanam bunga Peony, anda perlu menyiapkan tanah yang kaya akan kandungan asam dan dapat dialiri air dengan sempurna. Tanaman hias ini juga menyukai sinar matahari sebagai proses berkembang biaknya. Perlu anda perhatikan, meskipun ia menyukai sinar matahari, pastikan untuk tidak meletakkan jenis tanaman hias ini di bawah sinar matahari langsung dengan jangka waktu yang lama.

Tanaman hias tentunya mampu menambah kesan keindahan di setiap area rumah. Beberapa jenis bunga hias seperti marigold dan krisan bahkan memiliki filosofinya tersendiri. Sebagaimana diberitakan oleh portal berita fokus jabar , tanaman hias tidak hanya sedap dipandang saja, bahkan mereka juga bisa membawa keberuntungan. Untuk mengetahui informasi lebih lengkap mengenai tanaman hias pembawa keberuntungan anda bisa kunjungi fokusjabar.id.