Home » Home Decor » Taman minimalis belakang rumah

Taman minimalis belakang rumah

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk melepas lelah setelah beraktifitas selama seharian. Ada yang bersantai di halaman rumah, minum secangkir kopi dengan menonton TV, cukup mengobrol bersama keluarga, hingga duduk rileks saja di taman minimalis yang ada di belakang rumah.

Pilihan terakhir ini memang menarik, sebab sebuah taman dengan banyak tanaman akan memberikan kesejukan, keteduhan, menularkan energi inspiratif. Banyak orang berupaya membangun sebuah taman mini di halaman belakang rumah mereka, meskipun tempat tersebut berukuran kecil.

Taman minimalis kini mulai banyak dikenal dan menjadi solusi bagi mereka yang memiliki sisa lahan terbatas. Namun dengan berbagai tata kelola yang baik, taman rumah minimalis tetap dapat dinikmati.

7 aktivitas menyenangkan di taman minimalis belakang rumah

Pixabay.com

Ada banyak sekali aktifitas menyenangkan yang bisa anda lakukan di taman minimalis belakang rumah, baik sendiri ataupun bercanda gurau bersama keluarga. Berikut beberapa kegiatan asik yang bisa anda coba di taman tersebut:

  1. Belajar berkebun

Apabila anda hobi menanam tanaman atau merawatnya, taman bernuansa kebun minimalis di belakang rumah dapat menjadi wahana yang baik dalam menyalurkan hasrat tersebut. Selain itu akan ada banyak manfaat lain, yaitu rumah menjadi lebih sejuk, mengurangi polusi udara atau suara, melestarikan alam dengan penghijauan, pemanfaatan lahan rumah agar tidak nganggur begitu saja.

Apabila biasanya taman identik dengan tanaman hias, di kebun sendiri anda bisa leluasa memenuhi lahan taman sesuai dengan jenis tanaman yang diinginkan. Misalkan jenis sayuran atau buah yang hasilnya dapat dikonsumsi atau satu varian bunga yang paling disukai.

  1. Membaca buku diatas ayunan

Aktivitas membaca sangat penting dilakukan oleh setiap orang dari berbagai usia dengan latar belakang apapun juga. Namun sayangnya, kebiasaan tersebut masih belum diterapkan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Padahal buku-buku yang baik akan membuat pembacanya memiliki wawasan luas dan terbuka terhadap berbagai pendapat.

Demi menunjang produktifitas membaca, terkadang seseorang harus didukung oleh latar suasana yang baik dan mampu mengantarkan dirinya untuk konsentrasi. Dalam hal ini, berayun santai di taman belakang rumah adalah opsi menyenangkan dan dijamin membuat anda semakin betah membaca.

  1. Merebahkan diri diatas hammock

Pada sore hari, setelah pulang bekerja, merebahkan diri diatas hammock adalah suatu kenikmatan yang hakiki. Dikelilingi oleh hijaunya dedaunan serta kuncup bunga yang tengah mekar, memandang matahari yang perlahan terbenam. Mengasyikkan bukan?

Sudah sewajarnya manusia merasakan resah dan berbagai kelelahan yang menerpa diri. Untuk menemukan jalan keluar, mereka hanya perlu merenung dan mengingat kembali bagian mana saja yang perlu diperbaiki.

Aktivitas bersantai sendiri demikian juga bisa tetap anda lakukan pada hari libur dan menganggapnya sebagai sebuah refreshing. Demikianlah keuntungan besar yang bisa didapatkan ketika anda memiliki sebuah taman minimalis di belakang rumah.

  1. Membentuk tanaman hias

Anda pintar dalam membentuk tanaman hias? Atau tengah mengasah kreatifitas dalam bidang tersebut?

Kreatifitas dalam membuat tanaman hias tidak akan terasah apabila tidak disertai dengan latihan praktek yang cukup. Dengan demikian, membuat media sendiri berupa taman minimalis di belakang rumah dapat menjadi sarana belajar mengasah seni membentuk tanaman kapanpun.

  1. Menemani anak bermain

Aktifitas menyenangkan selanjutnya ialah menemani anak-anak bermain. Meskipun ukuran taman tidak terlalu besar, namun anak tetap bisa bermain secara bebas diantara bunga-bunga dan tanaman hias. Selain membuat mereka riang bermain, orang tua juga disarankan mengajarkan anak-anak untuk mengenal alam sejak dini.

Yang terpenting, jangan lupa untuk selalu memberikan pengawasan kepada mereka, mengantisipasi adanya serangga-serangga yang menyengat, pohon atau bunga berduri, hingga ranting-ranting kecil yang tajam. Untuk memanjakan si kecil, anda bisa menambahkan wahana-wahana lain seperti ayunan kecil, jungkat-jungkit, seluncuran, dan lain sebagainya.

  1. Area menjemur pakaian

Diantara berbagai kegiatan santai diatas, anda bisa memanfaatkan area taman sebagai area menjemur pakaian ketika terik siang hari. Tak perlu khawatir akan merusak taman, selama cucian sudah bersih dari air sabun. Banyak orang juga memanfaatkan taman sebagai lahan menjemur pakaian untuk memaksimalkan fungsi mereka.

Menjemur pakaian tentu merupakan aktifitas yang diperlukan setiap rumah tangga. Sangat disarankan untuk menggunakan jemuran pakaian portabel pada taman, sehingga jika sudah selesai dapat dilipat dan disimpan kembali. Penggunaan tali gantungan atau jemuran permanen lainnya dapat mengurangi keindahan taman.

  1. Berkumpul bersama keluarga

Pixabay.com

Aktifitas positif terakhir yang dapat dilakukan di taman minimalis belakang rumah yakni berkumpul santai bersama keluarga. Anda dapat meletakkan sebuah kursi panjang dan meja kecil sebagai arena bersantai di tengah taman. Suasana yang asri dan teduh dipercaya dapat menambah keintiman yang diciptakan bersama keluarga.

Sesekali, ketika weekend tiba anda bisa membuat acara piknik sederhana di   taman minimalis belakang rumah. kebiasaan-kebiasaan kecil demikian memiliki dampak besar untuk meningkatkan keharmonisan dan ketentraman keluarga.

Demikian beberapa manfaat memiliki taman minimalis di belakang rumah. sangat menyenangkan dan tentu saja bermanfaat bagi diri sendiri maupun keluarga. Untuk diketahui, membuat taman minimalis tidak membutuhkan banyak biaya. Yang dibutuhkan adalah ketelatenan dalam merawat tanaman-tanaman tersebut.