Home » Uncategorized » Solusi kebakaran hutan

Solusi kebakaran hutan

Kebakaran hutan merupakan sebuah musibah yang terjadi hampir setiap tahun di Indonesia. Meskipun demikian, upaya-upaya untuk meningkatkan pencegahan dari terjadinya peristiwa tersebut harus selalu ditingkatkan, bukan hanya menunggu inisiatif dari pemerintah tapi juga melalui kelompok masyarakat sendiri.

Kebakaran hutan tidak hanya terjadi di Indonesia, melainkan juga negara lain seperti Amerika serikat dan dataran Eropa. Melalui pengalaman antar negara ini, dapat disimpulkan bahwa kendati alat pencegahan teknis sudah lebih baik, namun kenapa masih dapat terjadi oleh faktor alam murni. Kebakaran murni dari alam pun dapat diminimalisir dampaknya.

Solusi kebakaran hutan

  1. Meningkatkan keamanan hutan oleh polisi hutan

Faktanya, hingga kini masih ada banyak kendaraan-kendaraan besar yang dapat masuk ke wilayah hutan entah itu legal ataupun ilegal. Sedangkan pemegang kuasa penebangan hutan hanya dilakukan oleh polisi hutan. Masyarakat sekitar tidak lagi merasa memiliki hutan tersebut sehingga tidak turut andil dalam pendisiplinan hutan.

  1. Memberikan sosialisasi tanggap bencana kepada masyarakat sekitar

Solusi ini mengarah kepada solusi untuk meminimalisir korban, baik korban jiwa ataupun benda. Alangkah baiknya jika masyarakat diberikan pemahaman mengenai apa yang perlu dilakukan jika kebakaran tiba-tiba terjadi.

Tidak lupa juga menjelaskan tentang hal-hal yang perlu diwaspadai ketika musim kemarau tiba.

  1. Mencegah terjadinya pembakaran si sekitar hutan

Pada beberapa hutan di wilayah Sumatra, biasanya perbatasan hutan langsung berdampingan dengan lahan hutan sawit. Laporan menunjukkan bahwa kebakaran hutan bisa dipicu oleh percikan api ketika pemilik lahan melakukan pembakaran sisa-sisa limbah kering sawit. Oleh karenanya, petugas kepolisian amat perlu menghindari hal tersebut.

Pertengahan kemarau merupakan musim yang sangat sensitif dimana tanah hutan dalam kondisi sangat gambut dan pohon minim kandungan air.

 

  1. Meningkatkan fasilitas teknis kebakaran

Solusi kebakaran hutan terakhir yaitu terus meningkatkan fasilitas teknis yang dibutuhkan untuk segera mengatasi api, misalnya membuat pagar dengan kolom hidrogen, memasang satelit hutan yang berfungsi untuk mengetahui asal sumber api, dan lain sebagainya.

Demikian 3 penjelasan singkat mengenai solusi kebakaran hutan, semoga bermanfaat.