Home » Pendidikan » Contoh Soal Present Continuous Tense dan Jawabannya

Contoh Soal Present Continuous Tense dan Jawabannya

Kalimat yang menggunakan present continuous tense adalah kalimat yang menyatakan aktivitas atau kejadian yang sedang dilakukan atau sedang berlangsung saat itu juga. Selain itu, present continuous tense juga bisa digunakan untuk menyatakan kebiasaan yang saat ini masih dilakukan.

Di antara 16 jenis tenses dalam bahasa Inggris, tenses ini merupakan salah satu bentuk yang paling mudah dipelajari dan dipahami karena rumusnya sederhana dan penggunaannya pun jelas. Untuk lebih menguasainya, Anda bisa mempelajari beberapa contoh soal berikut ini beserta penjelasannya.

Rumus Present Continuous Tense

pexels.com

Sebelum membahas mengenai contoh soal dan jawabannya, Anda perlu mengetahui rumus kalimat present continuous tense baik untuk kalimat positif, negatif, maupun interogatif.

  1. Kalimat Positif

Rumus: Subject + to be + verb + ing

Contoh: The kids are playing football. (Anak-anak sedang bermain sepak bola.)

 

  1. Kalimat Negatif

Rumus: Subject + to be + not + verb + ing

Contoh: I am not cooking for dinner. (Saya tidak sedang memasak untuk makan malam)

 

  1. Kalimat Interogatif

Rumus: To be + subject + verb + ing

Contoh: Is she cleaning the house? (Apakah dia sedang membersihkan rumah?)

 

Berdasarkan rumus di atas, ada beberapa keterangan to be yang digunakan dan ini tergantung pada subjek kalimatnya.

  • Bentuk am digunakan untuk subjek I.
  • Bentuk is digunakan untuk subjek she he, it, dan nama orang.
  • Bentuk are digunakan untuk subjek you, we, dan they.

Contoh Soal dan Penjelasannya

pexels.com

Selain memahami teori berupa rumus pembentukan kalimatnya, untuk menguasai bentuk present continuous tense, Anda juga perlu sering-sering berlatih. Caranya adalah dengan mengerjakan soal-soal dan mempelajari pembahasannya seperti contoh berikut ini.

  1. What is the doctor doing? She … a recipe.
  2. to write
  3. write
  4. are writing
  5. is writing

Penjelasan:

Kalimat yang benar adalah She is writing a recipe yang berarti “Dia sedang menulis resep”. Karena pada kalimat ini subjeknya adalah “She” maka to be yang digunakan adalah “is” dan setelahnya harus diikuti dengan kata kerja + ing. Jadi, jawaban yang benar adalah d.

  1. Look! That man … to the park.
  2. walk
  3. walks
  4. is walking
  5. are walking

Penjelasan:

Kalimat yang benar untuk soal di atas adalah The man is walking to the park yang berarti “Lelaki itu sedang berjalan menuju taman”. Karena subjeknya adalah “The man” yang memiliki kata ganti “he”, maka to be yang digunakan adalah “is” dan setelahnya harus diikuti dengan kata kerja + ing. Jadi, jawaban yang benar adalah c.

  1. I’m so sorry I cannot help you right now. I … a little party for my son.
  2. prepared
  3. am preparing
  4. had been preparing
  5. were preparing

Penjelasan:

Kalimat di atas menyatakan aktivitas yang sedang dilakukan saat itu juga, yaitu sedang menyiapkan pesta. Karena itu, tense yang tepat untuk kalimat ini adalah present continuous tense. Karena subjeknya adalah “I”, maka to be yang digunakan adalah “am” diikuti kata kerja + ing. Jadi, jawaban yang benar adalah b.

  1. Where is your kitten? It … in the basket.
  2. is sleeping
  3. sleeps
  4. slept
  5. are sleeping

Kalimat jawaban pada soal ini yang benar adalah “It is sleeping in the basket” yang berarti “Dia (kucing saya) sedang tidur di dalam keranjang”. Subjek pada kalimat ini adalah “it” yang merupakan kata ganti untuk kucing sehingga to be yang digunakan adalah “is” dan kata kerjanya berimbuhan “-ing”, yaitu sleeping. Jadi, jawaban yang tepat adalah a.

  1. My father … to his office now. He is visiting my grandmother at hospital.
  2. do not go
  3. does not
  4. is not going
  5. did not go

Penjelasan:

Arti kalimat di atas adalah “Ayah saya tidak sedang pergi ke kantor sekarang. Dia sedang mengunjungi nenek saya di rumah sakit.” Kata keterangan “now” menunjukkan waktu saat ini dan karena merupakan kalimat negatif, maka harus ditambahkan kata “not” setelah to be sehingga jawaban yang benar adalah c. is not going.

Satu hal yang perlu diperhatikan dalam mengerjakan soal tentang tense adalah penulisan to be “is” yang sering kali ditulis dalam bentuk singkat, seperti “She’s” atau “He’s”. Berhati-hatilah karena penulisan tersebut bisa berarti “He/She is” atau “He/She has”. Untuk bentuk yang berarti “He/She is” harus diikuti kata kerja +ing, sedangkan jika berarti “He/She has” harus diikuti kata kerja bentuk ketiga (past participle).