Home » Pendidikan » Contoh Rundown Acara Seminar Nasional dan Internasional

Contoh Rundown Acara Seminar Nasional dan Internasional

Apakah kamu pernah mengikuti acara seminar? Sebagai salah satu kegiatan ilmiah yang umum dilaksanakan, seminar merupakan salah satu kesempatan bagi mahasiswa, praktisi di bidang tertentu, dosen, peneliti, dll untuk mendapatkan ilmu pengetahuan. Seminar menjadi salah satu ajang untuk mempresentasikan tren baru dalam perkembangan ilmu pengetahuan di bidang tertentu. Oleh karena itu, seminar menjadi sangat penting untuk dilaksanakan.

Seminar umumnya dilaksanakan setiap tahun. Hal ini berkaitan dengan cepatnya dinamika dalam perubahan ilmu pengetahuan. Akan tetapi, banyak juga seminar yang diselenggarakan setiap 2 – 5 tahun sekali. Biasanya, seminar yang dilaksanakan setiap 2 – 5 tahun merupakan seminar internasional yang dihadiri oleh peneliti dari berbagai negara. Oleh karena itu, persiapan seminar internasional tersebut membutuhkan waktu yang lebih lama.

Selain itu, seminar nasional juga dilaksanakan dalam durasi waktu yang bervariasi. Beberapa seminar terutama seminar regional dan seminar nasional diselenggarakan dalam kurun waktu satu hari. Sementara itu, beberapa seminar nasional dan internasional diselenggarakan dalam kurun waktu 2 – 5 hari. Hal ini berkaitan dengan banyaknya kegiatan dan pembicara yang hadir dalam seminar.

Selain itu, di dalam rundown acara seminar juga termuat beberapa acara yang berbeda. Beberapa seminar memuat konsep talkshow oleh narasumber yang diundang. Sementara itu, beberapa seminar juga membuat acara presentasi yang dilakukan oleh peserta seminar nasional. Presentasi tersebut dilakukan dengan membagi peserta ke dalam beberapa ruang berdasarkan bidang ilmu. Selain itu, poster presentation juga merupakan salah satu acara yang sering diikutkan dalam seminar.

pxhere.com

Jenis susunan acara seminar nasional dan internasional

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa ada beberapa variasi rundown acara seminar baik yang digunakan dalam seminar nasional maupun internasional. Hal ini berkaitan dengan tujuan seminar, cakupan acara seminar, jumlah pembicara, jumlah pemakalah, dsb. Berikut ini beberapa contoh susunan acara seminar yang umumnya dilaksanakan.

Salah satu variasi rundown acara seminar yang sering dilaksanakan adalah seminar yang dilaksanakan selama satu hari. Acara seminar ini dibuka dengan registrasi peserta. Biasanya, waktu registrasi dibatasi kurang lebih 60 – 90 menit. Setelah itu, acara pembukaan seminar dimulai. Pembukaan seminar biasanya diisi dengan berbagai acara seperti menyanyikan lagu kebangsaan, sambutan ketua panitia, sambutan kepala instansi (misalnya, rektor universitas atau dekan fakultas), dan pembukaan secara simbolis yang dilakukan oleh kepala instansi. Pembukaan simbolis di Indonesia biasanya dilakukan dengan pemotongan tali pita atau pemukulan alat musik Gong. Setelah itu, tarian tradisional daerah juga bisa ditampilkan.

Setelah pembukaan selesai dilakukan, acara seminar dilanjutkan dengan materi dari pembicara yang dipandu oleh moderator. Jumlah pembicara disesuaikan dengan konsep acara. Sementara itu, durasi waktu dari setiap pembicara juga harus dibatasi oleh moderator. Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab peserta yang dipandu oleh moderator. Kemudian, acara seminar dilanjutkan dengan istirahat untuk beribadah dan makan. Setelah jam makan siang selesai, acara seminar dapat dilanjutkan dengan sesi paralel. Di sesi ini, peserta akan dibagi menjadi beberapa ruang sesuai dengan bidang keilmuan. Di dalam ruangan tersebut, terdapat satu moderator yang akan memandu jalannya presentasi dari setiap peserta. Kemudian, setelah sesi paralel selesai dilaksanakan, peserta dapat kembali ke dalam aula besar. Acara selanjutnya adalah penutup dengan doa dan pembagian sertifikat.

Contoh rundown acara seminar yang dilaksanakan beberapa hari adalah sebagai berikut. Hari pertama, seminar dibuka dengan registrasi peserta. Kemudian, peserta dikumpulkan ke dalam aula untuk mengikuti kuliah umum dari berbagai pembicara. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan welcome party.

Hari kedua, peserta kembali melakukan registrasi ulang. Setelah itu, peserta kembali mengikuti kuliah umum dari beberapa pembicara.Coffee break dapat diadakan di tengah acara kuliah umum. Kemudian, acara dilanjutkan dengan makan siang. Setelah itu, peserta dapat mengikuti workshop yang dilaksanakan berkaitan dengan tema seminar. Selesai mengikuti workshop, acara seminar dapat dilanjutkan dengan poster presentation. Setelah itu, acara hari kedua ditutup.

Acara hari ketiga dapat diisi dengan oral presentation dengan cara membagi peserta menjadi beberapa ruangan sesuai dengan bidang keilmuan. Setelah itu, dapat dilanjutkan dengan makan siang dan poster presentation. Pada malam hari, diadakan sebuah acara penutupan yang berisi pemberian penghargaan kepada peserta terbaik dan upacara penutupan.

pxhere.com

Pentingnya Kartu Tanda Peserta dan Seminar Kit

Salah satu hal terpenting yang perlu diberikan kepada peserta adalah kartu tanda peserta atau ID Card. Kartu tanda peserta ini diberikan saat peserta melakukan registrasi sebelum acara dimulai. Hanya peserta yang mempunyai ID Card  dapat berpatisipasi dalam seminar tersebut. Oleh karena itu, kartu tanda peserta perlu dibuat dengan sebaik-baiknya. Salah satu penyedia jasa pembuatan ID Card dengan kualitas tinggi adalah toko Aleta. Kamu dapat melihat beberapa koleksi desain ID Card  yang dibuat dari bahan kulit melalui akun media sosial mereka yaitu IG :@aleta_leather. YT :ALETA ID.

Selain ID Card, hal yang perlu diperhatikan adalah paket seminar kit yang harus diberikan kepada peserta. Seminar kit biasanya terdiri dari berbagai macam barang seperti booklet, block note, pulpen, pin peniti, sticker, dll. Kamu bisa menyesuaikan jenis seminar kit berdasarkan dana yang tersedia.