Home » Uncategorized » Resep Telur Bebek Asin Yang Mudah dan Praktis

Resep Telur Bebek Asin Yang Mudah dan Praktis

Pasti bukan menjadi hal yang asing lagi jika kebanyakan telur bebek digunakan sebagai pembuatan telur asin. Ya, kan? Nah! Pada dasarnya, resep olahan telur bebek itu sangat banyak sekali guys. Bukan hanya dibuat menjadi telur asin saja, melainkan bisa dijadikan bahan olahan lain yang lebih bervariasi seperti halnya opor, semur, martabak telor atau bahkan telur balado.

Namun, kali ini akan kami ungkap secara singkat mengenai olahan telur bebek yang dijadikan olahan telur asin. Penasaran seperti apa? Indi dia.

1) Siapkan Alat dan Bahan-bahannya

Sebelum memulai proses pembuatan telur asin, langkah pertama yang harus anda persiapkan tentu saja ketersediaan alat dan bahannya. Apa saja? Silakan anda siapkan bahan-bahan seperti telur asin, abu gosok, garam, serbuk batu bata dalam jumlah agak banyak, air, baskom, kemudian kardus.

2) Proses Pembuatan

Setelah menyiapkan semua alat dan bahan, kini langsung masuk ke proses pembuatan. Pastikan telur bebek yang akan anda gunakan dalam kondisi bagus dan masih mentah serta sudah dalam keadaan bersih telur bebeknya. Jika sudah, anda tinggal memasuki tahap pembuatan adonan untuk selimut telur bebek.

Caranya campurkan batu bata yang sudah dihaluskan dengan garam halus. Jika anda menggunakan garam kasar silakan haluskan lebih dulu. Setelah itu campurkan dan aduk menjadi rata. Buat adonan jangan terlalu encer. Pastikan dapat digunakan untuk menyelimuti telur secara padat.

Oya guys, untuk penggunaan garamnya itu perbandingan 1:1 dengan jumlah telur bebeknya ya. Jika sudah, silahkan lumuri adonan ke tubuh telur bebek hingga semua tertutupi adonan. Kemudian taburkan dengan abu gosok kering. Simpan seluruh telur yang sudah diselimuti adonan tadi ke dalam kardus, tutup kemudian diamkan di tempat kering selama 7-14 hari.

Setelah melewati masa itu telur siap dibersihkan dari abu dan adonan bata hingga bersih kemudian baru dicuci. So, setelah itu masuk ke proses perebusan telur hingga menjadi matang. Jadilah telur asin. Bagaimana? Mudah sekali, bukan?