Home » Uncategorized » Pramuka Penegak

Pramuka Penegak

Salah satu golongan dalam kepramukaan yaitu pramuka penegak yang merupakan golongan tinggi. Jika kamu belum mengetahuinya, yuk pahami lebih detail penjelasan di bawah ini.

 

Artikel:

Ketahuilah terdapat golongan pramuka penegak yang diperoleh setelah golongan penggalang dari beberapa persyaratan yang sudah ditetapkan. Kata penegak berasak dari kata “tegak” yang merujuk di tahap menegakan kesatuan NKRI.

 

Pengertian Penegak

Pengertian penegak adalah golongan pramuka yang usianya mulai dari 16 tahun sampai dengan 20 tahun. Dikatakan sebagai penggalang apabila sudah dilantik dan melewati tamu ambalan dalam waktu satu bulan.

 

Pramuka Penegak

  1. Tingkatan Dalam Pramuka Penegak

Tingkatan dalam pramuka penegak yaitu penegak bantara dan penegak laksana. Sebelum melakukan tamu ambalan maka seorang anggota pramuka akan dianggap sebagai pramuka penegak tamu.

 

Ketahuilah satuan terkecil dari penegak yaitu sangga yang anggotanya 6 sampai 8 yang dipimpin oleh seorang PINSA dan dihimpun oleh satu ambalan. Setiap pemimpin ambalan disebut dengan nama pradana.

 

  1. Kode kehormatan untuk pramuka penegak

Ketahuilah untuk kode kehormatan untuk pramuka penegak terdiri atas try satya dan dasadharma. Selain itu, terdapat pula kecakapan pramuka penegak yang terdiri dari kecakapan khusus, kecakapan umum, dan kecakapan garuda.

 

Hal tersebut dapat ditempuh dengan menyelesaikan syarat kecakapan umum (SKU) dengan tingkatan madya, purwa, dan utama.

 

  1. Arti kiasan pramuka penegak

Terdapat kata-kata kiasan dalam golongan pramuka penegak yaitu:

 

  • Sangga

Sangga yang artinya gubug (rumah kecil di sawah). Kata ‘sangga pencoba’ artinya memiliki keberanian mencoba segala sesuatu baik dan bersifat positif, terdapat kata ‘sangga pelaksana’ yang mengandung arti keberanian dalam melakukan tugas dengan penuh tanggung jawab.

 

  • Ambalan

Terdapat kata ambalan yang berasal dari kata ambal-ambal (bahasa jawa) yang artinya kegiatan yang dilakukan secara terus menerus. Tak hanya itu, ambalan juga memiliki sekumpulan orang yang melakukan pekerjaan.

 

  • Bantara

Terdapat pula istilah Bantara dalam pramuka penegak yang memiliki pengertian ajudan, kader, dan pengawasan yang terampil, baik, kuat dengan moral pancasila yang bermakna sebagai calon pemimpin untuk bangsa.

 

  • Laksana

Ada pula kata laksana yang artinya seorang pemimpin muda yang sanggup untuk mengemban amanah dan tugas pembangunan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

 

Demikianlah penjelasan mengenai pramuka penegak yang menjadi salah satu tingkatan golongan dalam dunia kepramukaan.