Home » Pengetahuan » Pilihan Jalur Pendakian Menuju Puncak Gunung Pangrango

Pilihan Jalur Pendakian Menuju Puncak Gunung Pangrango

 

Gunung Pangrango adalah gunung tertinggi kedua di Jawa Barat yang memiliki puncak dengan pemandangan luar biasa. Itulah mengapa jalur pendakian Gunung Pangrango selalu diburu oleh para pecinta alam terutama pendaki. Terletak di Jawa Barat, gunung ini berada di pertemuan tiga kabupaten, yaitu kabupaten Bogor, Cianjur dan Sukabumi serta masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Gunung yang berdampingan dengan Gunung Gede ini memiliki ketinggian 3.019 mdpl dengan puncak yang bisa dicapai melalui 3 jalur pendakian yaitu jalur via Gunung Putri, Cibodas dan Selabintana. Dari ketiga jalur ini, hanya jalur pendakian via Gunung Putri dan via Cibodas saja yang paling ramai dilalui oleh para pendaki.

Jalur pendakian via Gunung Putri biasanya dipilih pendaki yang ingin melihat Alun-Alun Surya Kencana dengan bunga edelweiss yang indah. Namun jalur ini juga terkenal sulit dengan medan trekking yang menanjak dan melewati hutan rimbun. Sementara jalur via Cibodas adalah yang terfavorit di kalangan pendaki karena akses yang dekat dengan Jakarta dan banyaknya objek wisata di sepanjang jalurnya.

Pendakian menuju puncak Pangrango memang tidak terlalu berat. Namun meski begitu tetap penting untuk menyiapkan fisik dan keperluan lainnya supaya pendakian berjalan lancar dan tubuh tetap dalam kondisi fit sesampainya di puncak.