Home » Pengetahuan » Peraturan Futsal Yang Wajib Diketahui Pemain Futsal Pemula

Peraturan Futsal Yang Wajib Diketahui Pemain Futsal Pemula

 

Salah satu permainan bola besar yang sangat digemari saat ini selain sepak bola dan bola basket adalah Futsal, olahraga yang satu ini terbilang sama dengan permainan sepak bola, hanya saja perbedaan dari sepak bola adalah jumlah pemain dalam sepak bola berjumlah 11 orang namun di permainan futsal ini berjumlah 5 orang. Untuk Peraturan Futsal ini sendiri hampir sama dengan peraturan sepak bola, namun ada beberapa karakteristik dari peraturan dari futsal ini yang berbeda. Berikut ini akan kita bahas mengenai peraturan yang ada di dalam permainan futsal.

 

Peraturan Futsal yang akan kita bahas kali ini diantaranya meliputi, ukuran lapangan futsal, ukuran bola futsal, perlengkapan dalam permainan futsal, jumlah pemain futsal, dan official yang meliputi wasit dan pencatat waktu. Berikut ini akan kita paparkan Peraturan Futsal untuk kalian yang belum mengetahuinya.

Ukuran Lapangan Permainan Futsal

Berdasarkan Peraturan Futsal untuk ukuran dari lapangan futsal itu sendiri jelas berbeda dari lapangan sepak bola yang berada di luar ruangan, karena permainan futsal ini berada di dalam ruangan ukuran pun mengikuti ukuran luas dari ruangan, dimana ukuran dari lapangan permainan futsal ini dengan panjang 25-42 meter dengan lebar 15-25 meter.

Garis batas atau tebal border garis lapangan selebar 8 cm, lingkaran tengah lapangan dengan diameter 6 meter, untuk daerah pinalti berbentuk busur dengan jarak 6 meter dari garis gawang, garis penalti kedua berjarak 12 meter dari garis setiap gawang, dan zona pergantian pemain dengan jarak 6 meter dengan rincian 3 meter dari sisi garis sisi tengah lapangan.

Ukuran bola futsal

Untuk ukuran dari bola futsal sendiri memiliki karakteristik yang sangat berbeda dari ukuran dan jenis bola yang digunakan dalam sepak bola, berikut ini beberapa Peraturan Futsal yang harus diterapkan untuk bisa menjadikan sebuah bola menjadi sebuah bola futsal.

  1.       Ukuran dari bola futsal adalah ukuran 4 dengan bentuk bulat sempurna tanpa adanya tonjolan di permukaan bola.
  2.     Diameter minimum dari bola adalah 62 cm dan maksimum 64 cm.
  3.       Bola terbuat dari bahan kulit ataupun bahan sintetis lainnya yang tidak membahayakan pemain. Jenis bola yang terbuat dari bahan laken atau bulu (felt ball) tidak diperbolehkan.
  4.     Saat bola dipantulkan dari ketinggian 2 meter maka lambungan dari bola tersebut harus setinggi 55 cm dan tidak boleh lebih dari 65 cm.
  5.     Untuk berat dari sebuah bola futsal antara 400 gram sampai 440 gram
  6.       Tekanan udara yang diperbolehkan didalam sebuah bola futsal berkisar antara 0,4 atmosfer sampai 0,6 atmosfer.

Jumlah pemain dalam permainan futsal

Dalam memainkan Peraturan Futsal, jumlah pemain yang diperbolehkan untuk bermain di lapangan berjumlah 5 orang per tim, dimana salah satunya menjadi seorang kiper atau penjaga gawang, untuk lebih rinci mengenai jumlah pemain dalam permainan futsal kita bisa perhatikan rinciannya sebagai berikut

  1.       Jumlah pemain yang ada di lapangan berjumlah lima orang sudah termasuk kiper
  2.     Jumlah minimum pemain untuk bisa mengakhiri sebuah pertandingan berjumlah dua termasuk kiper
  3.       Untuk jumlah keseluruhan pemain inti dan cadangan berjumlah tujuh orang pemain
  4.     Untuk jumlah pergantian pemain dengan pemain cadangan tidak dibatasi, hanya saja ketika kita akan melakukan pergantian pemain harus seizin oleh wasit.

Wasit

Wasit merupakan seorang yang mengatur jalannya pertandingan, wasit pun memiliki hak untuk menghentikan atau mengeluarkan pemain apabila terjadi pelanggaran. Dalam permainan futsal dikenal ada dua wasit yaitu wasit utama dan asisten wasit. Tugas utama dari seorang wasit utama adalah mengatur jalannya pertandingan dan memutuskan pelanggaran yang terjadi ditengah-tengah pertandingan. Selain wasit utama ada juga asisten wasit, disini asisten wasit bertugas untuk mengawasi pergerakan pemain dan memberikan masukan kepada wasit utama apabila terjadi pelanggaran, namun yang memiliki hak penuh untuk menilai sebuah pelanggaran tetap berada di wasit utama. Satu aturan penting untuk wasit adalah tidak adanya keberpihakan ke salah satu tim dan warna pakaian yang digunakan harus berbeda dengan warna pakaian yang dipakai kedua tim.

Waktu permainan futsal

 

Dalam Peraturan Futsal tentu saja akan ada batas waktu permainan, dimana waktu yang diperbolehkan atau waktu normal dari permainan futsal adalah 2 kali 20 menit sehingga total waktu normal adalah 40 menit, lebih rinci lagi berikut ini peraturan mengenai waktu yang ada dalam permainan futsal.

  1.       Waktu normal dari sebuah pertandingan futsal ialah 2 kali 20 menit
  2.     Waktu untuk istirahat adalah satu kali 10 menit
  3.       Perpanjangan waktu untuk setiap babak adalah 10 menit
  4.     Time out untuk pertim adalah 1 kali per satu babak dan tidak dihitung pertambahan waktu
  5.     Apabila terjadi skor atau gol imbang maka akan dilaksanakan adu pinalti untuk menentukan pemenangnya.

Sepatu Futsal

Sepatu futsal juga memiliki aturan sendiri, dan umumnya sepatu futsal tidak sama dengan sepatu sepak bola. Karena dari segi desain dan penggunaannya sepatu ini didesain untuk jenis lapangan yang berbeda buka lapangan rumput. Karena itu, jika kalian belum memiliki sepatu futsal dengan standar tepat dan kualitas terbaik. Kami sarankan kalian membelinya di toko online bernama Sporti yang beralamat di www.Sporti.id.

Itulah beberapa Peraturan Futsal yang harus kita patuhi ketika kita bermain, dengan peraturan yang dibuat tersebut tentu saja akan membuat permainan futsal menjadi lebih menyenangkan.