Home » Uncategorized » Penyebab dan Pertolong Pertama Bayi Kejang

Penyebab dan Pertolong Pertama Bayi Kejang

Berbicara mengenai kejang pada bayi menarik pikiran pada berbagai risiko kesehatan. Banyak dari publik yang mengaitkan kejang ini sebagai awal dari aneka masalah kesehatan. Bahkan tidak sedikit yang menghubungkan panas dan kejang pada bayi sebagai bagian dari kerusakan saraf otak. Hal-hal semacam itu yang kemudian membuat setiap orang tua khawatir. Namun, secara bersamaan para ahli menjelaskan bahwasannya mereka belum menemukan secara pasti apa penyebab dari kejang pada bayi. Tetapi kebanyakan dari profesional menganggap kejadian tersebut terjadi karena efek dari panas yang terlalu tinggi. Seperti yang sudah diketahui kejang pada si kecil selalu disertai oleh peningkatan suhu badan secara signifikan. Data menyebutkan kebanyakan dari bayi yang kejang memiliki suhu badan diluar batas normal. Kejadian tersebut yang kemudian membuat beberapa bagian tubuh bayi berubah kaku.

Pada kenyataannya, kejang pada bayi bukan gejala yang bisa diremehkan. Meskipun begitu orang tua diharapkan tetap tenang. Nah, untuk menghindari berbagai risiko fatal. Ada baiknya Anda memberikan pertolongan pertama pada si kecil. Pertama, posisikan bayi pada tempat datar. Kedua, pilih tempat yang luas untuk menghindari benturan saat anak kejang. Ketiga, melonnggorkan pakaiannya sambil posisikan tubuh kesamping untuk menghindari bayi tersedak. Keempat, wajib bagi orang tua mencatat berapa lama anak mengalami kejang. Kelima, ada baiknya memberikan ketenagan pada bayi lewat kata-kata dari sang ibu.

Pada umumnya kejang akan berlangsung selama 1-2 menit. Selama waktu itu orang tua diharuskan untuk mengawasi kondisi anak. Ketika dirasa tidak ada perubahan Anda wajib langsung membawanya pada dokter spesialis anak. Saat berkonsultasi orang tua harus menjelaskan semua kondisi anak saat kejang. Hal tersebut yang nantinya mempermudah hasil diagnosis dan proses penanganan. Kejang disertai panas pada bayi memang bukan kasus yang bisa diremehkan. Beberapa para ahli banyak menyebutkan bahwa kejang seringkali menjadi gejala dari penyakit serius lain. Hal tersebut yang kemudian membuat pertolongan pertama sangat diperlukan untuk mengurangi kesalahan fatal.