Home » Uncategorized » Penyebab dan Cara Mengatasi Benjolan Di Jari Tangan

Penyebab dan Cara Mengatasi Benjolan Di Jari Tangan

Apa Anda pernah memiliki benjolan di tangan? Munculnya benjolan di tangan ini dapat disebabkan dengan beberapa faktor. Meskipun banyak benjolan yang tidak berbahaya, namun memiliki benjolan sekitar tangan khususnya di jari-jari pasti akan menimbulkan ketidaknyamanan ketika sedang beraktivitas. Untuk penyebab dari adanya benjolan yang muncul pada jari tangan ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, bisa karena cedera ataupun infeksi.

Pada umumnya, sebagian besar penyebab dari benjolan ini mungkin tidak berbahaya. Namun Anda juga tidak boleh mengabaikan adanya kemungkinan penyakit serius yang dapat menjadi penyebab muncul benjolan pada jari tangan. Hal ini tentu harus segera diketahui dan ditangai dengan tepat supaya tidak menimbulkan adanya komplikasi yang serius dan berbahaya. Beragam adanya penyebab dari benjolan pada jari tangan ini kemungkinan dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti berikut ini.

  1. Tumbuhnya Kista Ganglion

Kista juga dapat tumbuh pada bagian jari tangan yang berupa seperti benjolan atau biasanya disebut kista ganglion. Jenis kista ini biasanya terbentuk pada persendian ataupun urat-urat. Kista ini umumnya timbul disekitar pergelangan atau jari-jari tangan yang terasa kenyal ketika diraba. Biasanya kista ini tidak menimbulkan adanya rasa sakit, kecuali jika ditekan. Cara mengatasi kista ini yaitu dengan terapi dokter, umumnya dokter akan menyedot cairan yang ada di dalam benjolan kista yaitu dengan menggunakan alat jarum atau operasi untuk pengangkatan kista.

  1. Tumbuh Kutil

Penyebab lainnya adalah berupa kutil yang berupa daging tumbuh di luar kulit. Penyebab kemunculan kutil biasanya karena virus Human Papilloma Virus (HPV). Benjolan kutil umumnya berukuran kecil, kasar, dan terdapat bintik hitam ditengah. Kutil bisa disembuhkan dengan menggunakan obat oles ataupun terapi seperti laser dan operasi.

  1. Tumor Di Tangan

Tumor bisa tumbuh dimana saja termasuk di jari tangan, baik itu tumor kulit, tumor tulang, atau tumor otot yang menyebabkan terjadi benjolan. Meskipun tidak semua jenis tumor berbahaya, namun akan lebih baik jika dilakukan pemeriksaan lebih lanjut supaya dapat mengantisipasi adanya kemungkinan yang buruk.

Itulah beberapa penyebab dari kemungkinan adanya benjolan pada jari tangan. Benjolan sekecil apapun harus segera diobati untuk menghindari adanya kondisi yang buruk.