Home » Uncategorized » Ini 7 Kelebihan dan Kekurangan Deep Fryer Untuk Menggoreng Kentang

Ini 7 Kelebihan dan Kekurangan Deep Fryer Untuk Menggoreng Kentang

Apakah Anda berencana membeli deep fryer? Jika iya, ada baiknya sebelum itu ketahui lebih dulu kelebihan dan kekurangan dari menggunakannya. Untuk kemudian bisa Anda pertimbangkan apakah sesuai dengan kebutuhan Anda atau tidak.

Deep fryer atau mesin penggorengan kentang khusus adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menggoreng kentang dengan menggunakan teknik deep frying. Teknik ini adalah teknik menggoreng makanan menggunakan minyak dalam jumlah yang banyak hingga membuat kentang terendam sempurna dan matang merata.

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Deep Fryer

Dengan menggunakan mesin deep fryer untuk menggoreng kentang, ada banyak sekali keuntungan yang bisa Anda peroleh. Namun di lain sisi, ada juga kekurangan yang perlu Anda pertimbangkan. Untuk itu, berikut adalah kelebihan dan kekurangan menggoreng kentang dengan menggunakan deep fryer yang perlu Anda ketahui:

  1. Kentang Bisa Matang Lebih Merata

Deep fryer memiliki dimensi yang cekung sehingga membuat penguapan minyak menjadi lebih sedikit. Hal inilah yang membuat suhu panasnya lebih bisa terjaga daripada menggunakan wajan biasa yang berbentuk ceper. Hal ini jugalah yang membuat hasil gorengan kentang bisa matang merata dan sempurna.

  1. Kentang Lebih Lezat dan Renyah

Kentang goreng memang sangatlah nikmat, apalagi jika teksturnya sangat renyah dan garing. Itu juga yang menjadi alasan mengapa hasil gorengan kentang yang dimasak menggunakan deep fryer dianggap lebih lezat. Karena dengan memakai alat penggorengan kentang ini, hasil gorengan kentang bisa lebih crispi dan tidak memuat banyak minyak. Hal ini karena kentang digoreng dalam minyak panas bersuhu tinggi yang membuat hasilnya benar-benar sempurna.

  1. Gorengan Lebih Sehat

Banyak yang beranggapan bahwa kentang yang digoreng dengan menggunakan alat deep fryer lebih sehat dibandingkan dengan yang digoreng di wajan. Hal ini sebenarnya tidak sepenuhnya salah, karena pada saat menggoreng di deep fryer kentang akan terendam sepenuhnya dalam minyak sehingga lemak-lemak yang ada dapat lebih cepat terbunuh. Dengan catatan, minyak yang digunakan adalah minyak sayur baru atau habis sekali pakai dan sudah disaring lebih dulu.

pexels.com

  1. Proses Memasak Lebih Praktis dan Higienis

Saat menggunakan deep fryer, kecepatan menggoreng akan lebih cepat daripada metode lainnya sehingga lebih praktis dan menghemat waktu. Anda juga tidak perlu repot membolak-balikan kentang supaya gorengannya tidak gosong. Anda hanya cukup memanaskan minyak dalam deep fryer lalu masukkan kentang dan tunggu hingga matang kemudian tinggal angkat dan sajikan.

Tidak hanya praktis, menggunakan alat penggorengan kentang khusus ini juga sangat higienis. Dimana menggoreng dapat dilakukan dengan lebih bersih tanpa cipratan minyak dan panas dari kompor sehingga membuat dapur lebih higienis.

  1. Aman dan Terhindar Dari Cipratan Minyak

Pada saat menggoreng menggunakan wajan, Anda mungkin harus biasa dengan cipratan minyak panas yang bisa saja mengenai Anda. Namun dengan alat yang satu ini, Anda tidak perlu khawatir tentang hal itu. Karena biasanya, deep fryer dilengkapi dengan penutup yang membuat cipratan menjadi terhindarkan.

  1. Lebih Menghemat Panci dan Wajan

Tak dipungkiri, penggunaan deep fryer pasti akan lebih menghemat Anda dalam menggunakan panci atau wajan. Jadi bagi Anda yang suka masak kentang goreng tidak perlu takut panci atau wajan akan menghitam karena dipakai setiap hari.

  1. Memenuhi Dapur

Meskipun memiliki banyak kelebihan, deep fryer juga memiliki kekurangan yaitu dengan ukurannya yang cukup besar dan membutuhkan banyak ruang. Jadi bila Anda ingin menyediakan alat ini di dapur Anda maka sebaiknya perhatikan juga desain dapur. Atau jika Anda masih mempertimbangkan desain dapur yang pas, di FeastHome Anda mungkin bisa menemukannya.

pexels.com

Tips Memilih Deep Fryer Yang Tepat

Nah, jika Anda yakin untuk membeli alat penggorengan kentang ini, berikut beberapa tips memilih deep fryer agar Anda tidak salah pilih:

  1. Pilihlah jenis deep fryer yang sesuai dengan kebutuhan, yaitu antara deep fryer gas atau deep fryer electric.
  2. Pilih ukuran yang sesuai. Jika untuk pribadi atau usaha berskala kecil maka akan lebih baik pilihlah yang ukurannya tidak lebih besar dari yang biasa digunakan dalam usaha kuliner skala besar. Begitu juga untuk kapasitas tangkinya.
  3. Pastikan deep fryer yang dipilih memiliki pengatur suhu.
  4. Sebaiknya pilih yang multifungsi. Yakni yang bisa juga digunakan selain untuk menggoreng, semisal memanggang atau mengongseng.
  5. Sebelum membeli, pastikan merk deep fryer yang Anda pilih memiliki garansi. Pilihlah yang masa garansinya lama dan mempunyai toko atau teknisi yang ada di dekat lokasi tempat Anda.

Selain tips-tips di atas, yang juga tidak kalah penting adalah sesuaikan harga deep fryer dengan budget yang Anda miliki. Sebisa mungkin pilihlah penggorengan kentang yang berkualitas bagus namun harganya juga terjangkau.