Home » Pengetahuan » Pengertian Blog Dan Jenis-Jenis Blog

Pengertian Blog Dan Jenis-Jenis Blog

Apa sih Pengertian Blog sebenarnya? Bagi sebagian orang, mungkin kurang familiar dengan istilah blog. Sebab, blog di masa sekarang ini kurang begitu diminati. Orang-orang sekarang lebih tertarik dengan platform yang berbau visual video semacam youtube dan semacamnya. Padahal, jauh sebelum youtube populer, blog sempat berada di fase kejayaannya. Dimana hampir semua orang pada saat itu menulis dan mengungkapkan perasaan, pikiran melalui media blog.

Meski sudah banyak ditinggalkan orang, blog sampai detik ini masih belum mati. Bagi kamu yang penasaran dengan apa itu blog, pada artikel kali ini kami akan membahas semua hal yang berkaitan dengan blog. Berikut ini adalah ulasan lengkap tentang Pengertian Blog dan hal-hal umum seputar jenis blog yang umum digunakan serta sejarah singkatnya.

Pengertian Blog

Apa Pengertian Blog? Blog adalah padanan dua suku kata yaitu Web dan Log. Blog bisa diartikan sebagai sebuah situs web yang dapat dikelola dan dimodifikasi berdasarkan keinginan dari pengguna platform blog tersebut. Blog adalah bagian dari website. Namun blog dan website berbeda, meski serupa. Blog yang disebut website adalah yang menjadi pusat dari semua blog.

Seperti blogspot, situs tersebut adalah sebuah website. Sedangkan orang yang menggunakan layanan blogspot tersebut adalah blog. Jadi, blogspot yang menjadi wadah dari semua blog yang menggunakan layanan tersebut. Blog berisi konten-konten yang dibuat oleh blogger, sebutan untuk pemain blog, dengan konten-konten yang basis utamanya adalah tulisan.

Konten blog memang tidak melulu berupa tulisan. Blog bisa berisi gambar-gambar, audio atau bahkan video. Namun pada dasarnya sebuah blog kebanyakan berisi tulisan-tulisan seperti artikel, esai, kolom dan jenis-jenis tulisan yang lain. Tulisan tersebut tidak terikat aturan untuk membahas satu hal tertentu. Pemilik blog bebas menulis apapun di situs blog yang dikelola.

Sebuah blog bisa diakses oleh pengunjung ketika telah tersambung dengan koneksi internet. Platform blog seperti blogspot, wordpress dan sebagainya memberikan pelayanan yang bisa dibilang cukup baik untuk belajar dan mengembangkan sebuah blog. Jika kamu berkeinginan, situs blog yang kamu buat di platform gratisan tersebut bisa kamu jadikan sebagai website dengan beberapa tahapan yang harus kamu lakukan.

pxhere.com

Sejarah Blog

Blog memiliki sejarah yang cukup panjang. Penyedia layanan blog pertama dan yang paling populer hingga saat ini adalah blogspot. Blogspot ketika pertama muncul dan dikenalkan kepada publik dimiliki lisensinya oleh Pyra Labs. Kemudian pada tahun 2002, blogspot diambil alih dan dikelola di bawah perusahaan mesin pencari raksasa yaitu google. Setelah itu mulai banyak bermunculan website serupa yang bersifat terbuka dan bisa diakses siapa saja.

Blog mulai dikenal di Indonesia pada tahun 2001 oleh seorang blogger yang bernama Enda Nasution. Pada saat itu Enda Nasution menulis artikel yang berjudul apa itu blog. Dengan artikel yang dibuat olehnya, Enda Nasution mulai dikenal banyak orang dan mendapat julukan Bapak Blogger Indonesia. Julukan tersebut diberikan oleh banyak media seperti salah satunya adalah The Jakarta Post.

Dari Enda Nasution pula yang menginisiasi pagelaran acara pesta blogger. Pesta blogger tersebut dilaksanakan pada tanggal 27 Oktober 2007. Enda tak sendirian, ia dibantu oleh beberapa blogger kondang lain mengadakan acara tersebut. Acara pesta blogger yang pertama di Indonesia ini mendapat dukungan sponsor dari Maverick, sebuah perusahaan konsultan komunikasi.

Bermula dari pesta blogger tersebut, menteri komunikasi dan informasi pada saat itu, Muhammad Nuh, mendeklarasikan tanggal 27 Oktober tersebut sebagai hari blogger Nasional. Blogger yang sempat populer di kala itu, mencatat angka jumlah blogger sebanyak 3 juta blogger. Atau setara dengan angka 3,5 persen dari jumlah pengguna layanan internet Indonesia sebanyak 88,1 juta pengguna.

Jenis-Jenis Blog

Blog semenjak pertama kali muncul sampai dengan hari ini mengalami beberapa perkembangan untuk menyesuaikan dengan konteks zaman. Kalau dulu blog hanya digunakan untuk kepentingan pribadi, sekarang blog bisa juga berperan untuk menunjang sebuah bisnis. Tak hanya itu saja, ada banyak blog yang bisa dijadikan sebagai ladang penghasilan.

Mendapatkan uang dengan blog memanglah tidak mudah. Tapi bukan berarti tidak bisa. Blog sendiri terdiri atas beberapa macam jenis. Berikut ini akan kami jelaskan beberapa jenis dari blog yang mungkin belum kamu ketahui. Simak penjelasan artikel yang ada di bawah ini.

pxhere.com

1. Blog Pribadi

Jenis blog pertama adalah blog pribadi. Dari namanya saja sudah bisa kita simpulkan dikepala masing-masing bahwa blog pribadi dibuat dan dikelola oleh seorang secara personal dan berisi konten-konten yang pribadi. Memang tujuan dari blog pada mulanya adalah sebagai media untuk seseorang mengungkapkan gagasan dan perasaan.

Jenis blog pribadi tidak terikat dengan aturan-aturan yang baku. Ketika kamu membuat blog pribadi, kamu bisa bebas menentukan konten tulisan seperti apa yang ingin kamu sajikan melalui blog tersebut. Bisa berupa komedi, atau sekedar ceritamu sehari-hari dan lain sebagainya.

2. Blog Profesional

Lain hal dengan blog pribadi, blog yang satu ini memang secara sengaja dibuat untuk menampilkan citra yang profesional. Blog profesional biasanya membuat konten dengan satu tema tertentu yang memang penulis atau pengelola blog mahir dan profesional dibidangnya.

Nah itulah ulasan lengkap tentang pengertian blog dan jenis blog yang umum digunakan saat ini. Jika kalian tertarik untuk membuat blog pribadi ataupun blog profesional, kami menyarankan kamu membeli domain dan hosting terlebih dahulu di Niagahoster. Karena disini sedang ada promo hosting unlimited hanya Rp 10 ribuan dengan memasukan Kode promo niagahoster khusus di bulan ini.