Home » Bisnis » Peluang Bisnis Peternakan yang Paling Menguntungkan Saat ini dan di Waktu Mendatang

Peluang Bisnis Peternakan yang Paling Menguntungkan Saat ini dan di Waktu Mendatang

Beternak merupakan suatu kegiatan yang berkaitan dengan hewan. Hewan dirawat dengan baik dan nantinya dijual baik dijual dalam bentuk hidup atau pun dijual dalam bentuk mati. Beternak menjadi salah satu peluang bisnis yang menguntungkan.

Peluang Bisnis Peternakan di Masa Kini

Pixabay.com

Peluang bisnis peternakan memang sangat besar. Peluang ini sangat besar bukan hanya untuk saat ini saja akan tetapi juga masa depan. Ada beberapa faktor yang menyebabkan ternak ini menjadi peluang bisnis yang sangat menguntungkan, yaitu:

  1. Kurangnya minat anak muda di bidang ternak, ternak dianggap sebagai kegiatan yang kotor dan menjijikkan sehingga kurang diminati sehingga persaingan Anda semakin kecil.
  2. Kemudahan Teknologi untuk Menjual Hasil Ternak yang bisa menjadi jalan Anda mencapai pelanggan dengan mudah khususnya secara online.
  3. Permintaan hasil ternak yang sangat meningkat dari waktu ke waktu khususnya usaha di bidang kuliner yang kini banyak berdiri dan diminati masyarakat.
  4. Hobi masyarakat yang beragam untuk memelihara hewan dengan nilai estetika yang tinggi.
  5. Dengan kemasan menarik dan higienis, masyarakat rela membayar mahal dan bisa menjadi strategi marketing yang baik.

Ide Bisnis Peternakan yang Menguntungkan di Masa Kini dan Masa Depan

Setelah mengetahui bagaimana peluang bisnis ternak maka berikutnya akan kita bahas mengenai peluang bisnis peternakan yang paling menguntungkan di bawah ini:

  1. Ternak Jangkrik

Jangkrik yang merupakan hewan liar dan sering kali dianggap tidak berguna ternyata bisa membawa keuntungan besar. Mengingat banyak orang yang hobi memelihara burung dan ikan, bisnis ternak jangkrik pun juga banyak yang melirik sebab permintaan pasar yang cukup besar.

  1. Ternak Kroto

Tidak hanya jangkrik, kroto atau telur semut ternyata juga sangat menguntungkan. Beternak semut memang masih asing di mata masyarakat biasa, namun bagi mereka yang kreatif dapat memanfaatkan peluang ini. Kroto yang sering dicari secara liar kini sudah mulai ditinggalkan dan banyak yang memilih beternak.

  1. Ternak Sapi

Ternak sapi juga sangat menguntungkan bahkan dalam jangka panjang. Ada banyak pilihan ternak sapi dari mulai sapi perah, sapi pedaging, atau sapi jenis lainnya. Susu sapi masih menjadi produk yang diperlukan yang mendukung kesehatan dan kecerdasan. Sedangkan sapi potong masih banyak dibutuhkan apalagi saat hari raya Idul Adha.

  1. Ternak Lebah Madu

Manfaat dari madu yang sangat banyak juga membuat masyarakat tertarik untuk persediaan di rumah. Madu dengan rasa manis ini sangat bermanfaat bagi anak maupun orang dewasa sehingga permintaan pasar sudah sangat banyak. Kini madu bisa Anda jual  baik dalam madu cair atau bisa sekaligus bersama sarangnya yang kaya akan royal jelly.

  1. Ternak Ikan Air Tawar Konsumsi

Ikan adalah jenis hewan yang memiliki segudang nutrisi yang sangat bagi kesehatan khususnya bagi perkembangan otak anak. Selain sangat bermanfaat untuk kesehatan, rasa ikan juga cukup enak sehingga Anda bisa beternak ikan dan menjualnya baik secara mentah atau bisa juga dengan cara matang sebagai olahan yang unik dan menarik.

  1. Ternak Ayam

Ternak ayam mungkin sudah sangat mainstream akan tetapi permintaan ayam ini sangat besar di pasaran. Bahkan tidak pernah sepi pelanggan sebab hampir semua bagian ayam memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat, ada yang suka kepala ayam, dada ayam, telur ayam, paha ayam, bahkan kaki atau cakarnya pun banyak yang suka.

  1. Ternak Burung

Burung juga sering kali diternakkan karena di pasaran permintaannya sangat tinggi apalagi untuk burung jenis burung hias, burung kicau, dan juga burung balap. Bahkan harganya bisa mencapai jutaan, puluhan, bahkan sampai  ratusan juta hanya untuk satu ekor saja sehingga bisa menjadi jendela uang yang cukup menguntungkan.

  1. Ternak Lalat Tentara Hitam

Siapa sangka lalat yang merupakan hewan menjijikkan ini bisa menjadi bisnis yang menguntungkan. Lalat tentara hitam bisa diternakkan untuk mendapatkan larvanya yang sangat baik untuk pakan hewan sebab mengandung protein dan juga nutrisi baik lainnya. Selain menguntungkan, ternak lalat tentara hitam juga sangat berguna untuk memanfaatkan sampah organik daripada dibuang tanpa manfaat.

  1. Ternak Kambing Etawa

Kambing  etawa sangat terkenal akan produksi susunya yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Dewasa ini masyarakat memang lebih terbuka akan kesehatan sehingga susu etawa ini menjadi sangat menarik. Walaupun kini banyak yang beternak kambing etawa ini namun dengan kemasan yang modern, Anda bisa membuat susu etawa produksi Anda menang di pasaran.

  1. Ternak Ikan Hias

Pixabay.com

Tidak hanya burung, ikan hias juga sangat banyak dicari masyarakat. Hobi merawat ikan hias ini memang membuat candu sehingga satu atau dua saja tidak akan pernah cukup. Harga untuk ikan hias juga tidak murah bahkan bisa dijual ratusan juta. Para pencinta ikan hias tidak akan memedulikan harga, hanya kepuasan.

Itu tadi penjelasan mengenai peluang bisnis peternakan yang paling menguntungkan saat ini dan juga dalam jangka waktu yang cukup panjang. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat, silakan mencoba dan rasakan keuntungannya!