Home » Bisnis » OK OCE

OK OCE

Lapangan kerja memang menjadi salah satu isu nasional yang selalu menjadi perhatian, terlebih dengan kondisi perekonomian Indonesia saat ini yang sedang melemah. Di sisi lain, Indonesia sedang dalam masa di mana sebagian besar penduduknya tengah dalam usia produktif yang seharusnya tenaganya dapat dimanfaatkan untuk kemajuan bangsa.

Sayangnya, lapangan pekerjaan yang tersedia tidak cukup untuk menampung banyaknya tenaga kerja yang ada di Indonesia sehingga menimbulkan masalah pengangguran. Namun, hanyaa mengharapkan pemerintah untuk menciptakan lapangan pekerjaan yang cukup untuk seluruh rakyat Indonesia tentu tidaklah mungkin.

Satu hal yang dapat dijadikan perhatian adalah masyarakat tidak harus menunggu ketersediaan lapangan kerja karena pada dasarnya masyarakat juga dapat menciptakan lapangan kerja, misalnya dengan program One Kecamatan One Center Entrepreneurship atau yang lebih dikenal dengan nama OK OCE.

Tentang OK OCE

Program ini termasuk dalam salah satu program yang dibuat oleh pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mengentaskan kemiskinan. Cara kerjanya adalah dengan membentuk gerakan penciptaan lapangan kerja dengan melibatkan berbagai unsur yaitu masyarakat, pemerintah, komunitas penggerak dan pihak swasta seperti perusahaan, lembaga pendidikan, yayasan serta LSM.

Gerakan penciptaan lapangan kerja ini tak hanya dibentuk di DKI Jakarta tetapi juga di seluruh Indonesia dengan memanfaatkan lebih dari 50 komunitas penggerak. Gerakan penciptaan lapangan kerja ini memiliki visi dan misi yang amat mulia.

Visi gerakan penciptaan lapangan kerja ini adalah “Sebagai wadah untuk menampung dan mengapresiasi kreativitas dan upaya rakyat dalam rangka memajukan bangsa dan membangun negeri dalam suatu badan perkumpulan merupakan bentuk pengejawantahan dari kemerdekaan rakyat untuk berserikat dan berkumpul.”

Sedangkan misi gerakan penciptaan lapangan kerja ini adalah “Melahirkan pengusaha baru, membina, membimbing, dan mendampingi pengusaha yang menjadi anggotanya melalui pusat-pusat kewirausahaan di setiap kecamatan dan tempat-tempat lain yang diangap perlu.”

Gerakan yang Dilakukan

Sebagai gerakan penciptaan lapangan kerja, gerakan ini memiliki program yang diwujudkan dalam beberapa gerakan. Berikut ini beberapa gerakan yang dilakukan dan sudah dilaksanakan di Jakarta:

  1. Memberikan pembinaan, pelatihan usaha serta bimbingan kewirausahaan

Menciptakan lapangan pekerjaan bukanlah perkara mudah. Dibutuhkan banyak hal untuk mewujudkannya, salah satunya dengan mengadakan pembinaan, pelatihan serta bimbingan kewirausahaan.

Dengan melakukan ini, masyarakat yang tergabung dalam gerakan akan memiliki kemampuan baru yang berguna sehingga dapat menciptakan lapangan kerja untuk dirinya sendiri atau bahkan orang lain.

  1. Membantu menjaga kualitas usaha dan produk pengusaha baru melalui proses quality control

Kualitas produk adalah salah satu faktor yang akan membuat suatu produk dapat bertahan di pasar. Kurangnya pengalaman tentu akan menyebabkan pengusaha baru merasa kesulitan untuk menjaga kualitas usahanya serta produknya sehingga bantuan ini akan sangat membantu pengusaha baru dalam menjaga produk serta kualitas usahanya.

  1. Memberikan nasehat, saran dan masukan tentang bisnis serta perkumpulan kepada para penguasaha baru

Seorang pengusaha dapat dikatakan sukses apabila dapat bertahan menghadapi pasang surut serta cobaan dalam usahanya. Dengan kata lain, kesuksesan seorang pengusaha sangat tergantung dari pengalamannya dalam berbisnis. Dengan memberikan nasehat, saran serta masukan kepada pengusaha baru, OK OCE secara langsung membantu pengusaha baru untuk tetap bertahan.

  1. Memberikan nasehat, saran dan bantuan hukum kepada pengusaha baru

Memberikan bantuan hukum menjadi salah satu aktivitas yang dilakukan oleh gerakan penciptaan lapangan kerja ini yang tentunya akan sangat membantu para pengusaha baru untuk bertahan serta mengembangkan usahanya.

  1. Mengadakan garasi inovasi di setiap kelurahan di mana perusahaan dan perguruan tinggi terlibat secara langsung

Dalam usaha dibutuhkan suatu inovasi yang akan membuat suatu produk atau usaha dapat bertahan. Inovasi ini akan menjadi ciri khas yang tak hanya membuat suatu produk dapat bertahan di pasaran juga dapat menjadi jembatan yang akan mengantarkan suatu produk untuk dikenal oleh konsumen.

Karena itulah adanya inovasi sangatlah penting dalam berbisnis. Terlebih karena zaman selalu berubah, begitu pula dengan orang-orang. Artinya, pengusaha akan selalu dituntut untuk melakukan inovasi apabila ingin terus bertahan di dunia usaha. Dengan mengadakan garasi inovasi, gerakan penciptaan lapangan kerja ini membantu para pengusaha baru untuk berinovasi.

  1. Menyediakan co-working space serta memberikan akses permodalan, akses market dan mentor bagi pewirausaha

Modal adalah salah satu faktor penting yang harus ada jika ingin menjalankan usaha terutama bagi pengusaha baru. Selain modal, pasar yang menjadi tempat untuk menjual produk juga sangat penting bagi pengusaha baru yang belum berpengalaman. OK OCE membantu para pengusaha baru dengan cara menyediakan akses permodalan, pasar atau market serta mentor atau pembimbing.

Dengan bantuan ketiga faktor tersebut, pengusaha baru akan mendapatkan bimbingan usaha, modal dan pasar untuk menjual produknya sehingga usahanya dapat berkembang.