Home » Budidaya » Nama Latin Jeruk Bali

Nama Latin Jeruk Bali

 

Nama latin jeruk bali adalah Citrus Grandis, C. Maxima, yang juga merupakan jenis jeruk yang memiliki ukuran buah paling besar di dunia. Menariknya, selama ini kita mengira bahwa jeruk bali merupakan keluarga dari tanaman jeruk yang berasal dari pulau Dewata, Bali. Mungkin selama ini Anda hidup dengan fakta tersebut dan tidak tahu bahwa sebenarnya buah ini tidak memiliki kaitan sama sekali dengan pulau Bali yang terkenal itu. Ya, bahkan Departemen Pertanian selaku otoritas nasional resmi yang menangangi flora dan fauna di Indonesia memberikan nama khusus. Pomelo, itulah nama resmi buah jeruk bali versi Departemen Pertanian. Akan tetapi, popularitas yang kadung tersemat dalam pikiran orang Indonesia membuat jeruk ini dikenal dengan sebutan jeruk bali.

Pohon buah jeruk bali merupakan salah satu jenis tanaman yang bisa hidup dengan baik di daerah yang kering dan beriklim tropis seperti Indonesia. Bahkan tanaman ini memiliki ketahanan yang relatih baik terhadap penyakit yang kerap membumihanguskan perkebunan jeruk di negara kita. Tidak heran jika popularitasnya meroket tajam berkat rasa buah yang asam, sedikit manis, dan ukuran yang besar sehingga konsumen merasa mantap saat menyantapnya. Salah satu keunggulan buah jeruk bali juga tidak adanya biji pada varian Madu atau Bageng. Sesuai namanya, kultivar jenis ini berasal dari daerah bernama Bageng, sebuah daerah di kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Jenis kultivar jeruk bali yang lain adalah Nambangan, Srinyonya, dan juga Magetan. Ketiga jenis kulitivar tersebut dikembangkan di kabupaten Madiun dan juga Magetan yang merupakan salah satu sentra produksi jeruk bali paling besar di Indonesia. Biasanya para petani jeruk bali melakukan budidaya dengan metode pencangkokan. Meski sebenarnya tanaman ini bisa diperbanyak dengan melakukan penanaman mengunakan biji, tapi cara tersebut tida dianjurkan jika Anda berencana untuk melakukan budidaya jeruk bali. Itulah informasi tentang nama latin buah jeruk bali yang perlu Anda ketahui. Setidaknya kini Anda tahu bahwa buah jeruk super besar ini tidak berasal dari Bali.