Home » Home Decor » Model Rumah Limasan Modern Estetik

Model Rumah Limasan Modern Estetik

Rumah Limasan merupakan rumah tradisonal masyarakat jawa yang umumnya terdiri atas delapan tiang utama dan penyangga. Rumah model ini terbagi atas dua bagian yaitu rumah induk atau rumah utama dan juga rumah tambahan. Oleh sebagian orang mungkin sudah tidak asing lagi dengan model rumah limasan ini.

Salah satu kelebihan dari model rumah limasan ini yaitu dapat meredam gempa. Maka dari itu, Bagi Anda yang menginginkan rumah tahan gempa bumi dapat meniru model rumah limasan ini. Sebagian besar material yang digunakan untuk rumah limasan tradisional yaitu berbahan kayu khusus.

Soal konstruksi bangunan dapat dengan mudah didapat melalui qhomemart.com. Layaknya rumah joglo, rumah limasan juga memiliki ruangan yang luas sehingga dapat melaksanakan berbagai aktivitas dengan lega. Ada beragam bentuk rumah limasan yang dapat menjadi inspirasi model rumah limasan modern tanpa meninggalkan kesan tradisional,

Berikut ini, model rumah limasan yang populer di Indonesia, diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Rumah Limasan Semar Tinandhu

Jenis rumah limasan semar Tinandhu ini memiliki ciri 16 tiang saka, 4 saka utama yang terletak di tengah dan juga 4 saka pembantu. Berujung yang ditopang oleh empat buah saka di tengahnya terdapat 4 balok atau yang disebut blandar agar tidak bertumpu langsung dengan saka utama. Pada bagian teras dibuat terbuka seperti rumah model joglo, hanya saja atapnya yang sedikit berbeda.

  1. Rumah Limasan Trajumas

Berbeda dengan Semar Tinandhu, limasan Trajumas memiliki 6 buah tiang saka utama sebagai penyangga pokok. Di bagian tengah saka terdapat pembatas ruangan yang disebut dengan ander. Sama halnya dengan rumah limasan lainnya, jenis Trajumas ini memiliki 4 sisi pada bagian atap dengan ukuran yang sama.

Jika dimodifikasi dengan gaya modern, jenis ini sangat membantu mewujudkan rumah impian gaya tradisional modern. Tentu akan sangat unik dan terlihat klasik.

  1. Rumah Limasan Lambang Sari

Dibandingkan jenis lainnya, model ini memiliki bentuk khusus dan lebih modern. Selain itu, pada bagian atapnya pun tidak seperti biasanya, dimana diantara atap berunjung dan atap penanggap terdapat balok penyambung. Terbagi atas 4 sisi atap dimana masing-masing terbentuk atas dua bagian.

Jumlah keseluruhan tiang ada 16 tiang penyangga. Sebagian besar terbuat dari bahan kayu yang kokoh dan berserat. Seperti kayu nangka, jati, sonokeling dan lain sebagainnya.

  1. Rumah Limasan Lambang Teplok

Jika pada umumnya rumah limasan memiliki tepi atap berbentuk tutup keong, namun pada model ini berbentuk balok dudur dengan sifatnya yang kokoh. Terdapat 4 sisi atap dengan bukaan yang lebar. Sehingga sirkulasi udara semakin nyaman dan menyejukkan.

Ciri lain yang dimiliki bangunan ini yaitu memiliki ketinggian yang lebih tinggi dibandingkan bangunan dengan jenis limasan lainnya.Struktur rumah hampir keseluruhan menggunakan kayu yang kokoh. Maka dari itu, bangunan ini dapat bertahan puluhan tahun lamanya.

Itulah beberapa model rumah limasan yang populer di Indonesia, setiap model memiliki ciri khas tersendiri. Untuk di kombinasikan dengan gaya modern, maka Anda dapat menirunya dengan berbegai model, seperti meniru bagian atapnya sedangkan struktur bangunan dapat diganti dengan batu alam atau lain sebagiannya.

Dapat pula mengombinasikan dengan model rumah limasan modern kembar dengan adanya penghubung antara bangunan yang satu dengan yang lainnya. Melalui kemampuan para arsitektur hebat, tentu model rumah limasan akan dikemas semenarik mungkin.

Bisa juga dengan model hunian modern berupa model atap limasan Lambang Gantung. Ciri yang melekat dari model ini memiliki 4 sisi atap berenggang yang berfungsi untuk mengatur sirkulasi udara pada ruangan. Emper atau teras tidak tersambung langsung dengan tiang utama,

Inspirasi model rumah limasan modern sebagian besar mempertahankan bentuk atap dan juga teras bagian depan dengan struktur bangunann yang digunakan. Selain itu juga adanya tiang-tiang penyagga maupun tiang utama yang tidak dapat dipisahkan dari model limasan ini.

Setiap sisinya memiliki nilai tersendiri. Oleh karenan itu, dalam membangun sebaiknya dirancang terlebih dahulu agar nilai estetik dari kombinasi rumah tradisional dan modern tidak menghilangkan unsur budayanya. Tetap ada sentuhan dari material kayu yang akan membuat semakin klasik namun apik.

Demikian itulah beberapa penjelasan mengenai model rumah limasan yang sering kali dipadukan dengan sentuhan gaya modern. Untuk menambah kesan menarik baik pada bagian interior maupun eksterior haruslah porporsional sehingga enak dipandang mata.

qhomemart.com siap melayani pesanan Anda dalam cepat dan dengan kualitas produk ataupun pelayanan yang baik. Bahan bangunan atau pun perlengkapan furnitur rumah dapat Anda dapatkan di sini. Anda tidak perlu menguras banyak tenaga. Hanya bermodal smartphone dan pilih mana yang Anda butuhkan untuk kelengkapan rumah limasan yang Anda inginkan tersebut.