Home » Uncategorized » Mengintip Peluang Usaha Menarik Produksi Keripik Nanas

Mengintip Peluang Usaha Menarik Produksi Keripik Nanas

Jika melihat akan keberagaman buah di negeri Indonesia, seakan tidak pernah ada habisnya inovasi yang bisa dibuat. Mulai dari penjualan buah hingga pengolahan makanan dari buah, bisa jadi peluang bisnis yang menarik. Salah satu buah yang banyak ditemukan dan diolah adalah nanas. Jika diolah menjadi keripik nanas, harga penjualan bisa berlipat dan menarik untung berlimpah. Jika Anda tertarik, yuk cek ide peluang bisnis menarik pada ulasan berikut.

Inilah Beberapa Hal Yang Perlu Anda Tahu Tentang Peluang Bisnis Menarik Ini

  1. Bahan Baku Terjangkau Dan Limbah Bisa Diolah Kembali

Salah satu hal yang menjadi daya tarik adalah mudahnya mendapat bahan baku. Bahan yang dibutuhkan hanyalah nanas dan juga minyak goreng. Nanas banyak diproduksi di Indonesia, bahkan terdapat banyak varietasnya. Dengan begitu, Anda bisa membeli dengan mudah dengan harga terjangkau secara langsung dari pasar atau bahkan dari petani Nanas. Tidak hanya itu, limbah seperti daun atau kulit bisa diolah menjadi pupuk atau pakan ternak.

  1. Modal Untuk Peralatan Dan Mesin Pembuatan Cukup Tinggi

Jika berbicara tentang modal, sayangnya peluang bisnis ini perlu modal yang cukup tinggi. Hal ini dikarenakan untuk membuat keripik nanas berkualitas, Anda perlu bantuan mesin vacuum frying. Selain itu, peralatan tambahan seperti peniris minyak, pengemas produk, pisau, talenan, dll. juga dibutuhkan untuk proses produksi. Dalam hal ini, estimasi modal untuk seluruh peralatan yang diperlukan saja bisa mencapai 20 jutaan.

  1. Proses Pembuatan Lebih Mudah Dan Cepat

Mungkin saja Anda sudah menyerah saat lihat total modal. Namun perlu Anda tahu, dengan adanya peralatan tersebut proses pembuatan dan pengolahan akan sangat terbantu. Bisa dibilang caranya sangat simpel. Anda hanya perlu mengupas hingga bersih buah eksotis ini. Kemudian, proses bisa dilanjut dengan alat vacuum frying. Setelah itu ditiriskan dengan mesin, lalu dikemas dengan rapi. Selesai, tambah nomor BPOM dan produk siap dijual.

  1. Pemasaran, Penjualan, Dan Target Pemasaran Cukup Luas

Lalu bagaimana dengan pemasarannya? Target dan cara pemasaran produk Keripik Nanas cukup luas. Anda bisa jual atau promosi dari mulut ke mulut, online, hingga titip ke toko oleh- oleh, swalayan, dll. Harga jual yang ditawarkan juga bervariasi. Bisa dari 5000 hingga 25 ribu atau lebih bergantung dari berat produk. Menurut beberapa penelitian pada usaha ini, estimasi terjadinya balik modal yang sudah dikeluarkan bisa dicapai dalam waktu yang singkat.

Sebagai kesimpulan, melakukan bisnis produksi dan penjualan keripik dari nanas cukuplah menarik. Terutama jika menyangkut dengan daya tarik rasa yang unik dan target pemasaran yang luas. Bahkah, bahan baku untuk penjualan pun tidak sulit ditemukan dan cenderung murah. Meskipun perlu modal yang cukup tinggi, namun jika dibanding dengan kemudahan proses, pemasaran, dan juga keuntungan, dirasa peluang bisnis ini masih tetap pilihan yang baik.