Home » Uncategorized » Mengintip Cara Atasi Keringat Dingin Pada Bayi 6 Bulan

Mengintip Cara Atasi Keringat Dingin Pada Bayi 6 Bulan

Berkeringat termasuk reaksi yang wajar dialami oleh bayi. Reaksi ini berguna untuk mengeluarkan zat-zat yang tidak digunakan dalam tubuh. Tetapi terdapat beberapa bayi yang mengalami keringat dingin. Keringat dingin merupakan hal yang wajar dan lumrah dialami si kecil apabila tidak berlebihan.  Pasalnya tubuh bayi belum dapat mengatur suhu tubuh dengan baik. Untuk mengatasi keringat dingin pada bayi 6 bulan, berikut simak ulasannya.

Penyebab Keringat Dingin Pada si Kecil

Suhu ruangan yang tidak nyaman dapat menjadi salah satu penyebab keringat dingin yang dialami bayi. Suhu ruangan yang terlalu dingin atau panas akan membuat bayi merasa tidak nyaman sehingga akan mengeluarkan keringat dingin. Untuk itu apabila anda menggunakan AC pada ruangan, ada baiknya untuk mengatur suhu ruangan menyesuaikan dengan suhu tubuh si kecil.

Kondisi bayi yang tidak sehat juga dapat menjadi penyebab bayi mengalami keringat dingin. Seperti demam atau bayi menderita hyperhidrosis. Untuk mengetahui bayi mengalami demam anda bisa mengukur suhu tubuh si kecil. Apabila ia memiliki suhu tubuh diatas diatas 37,4 derajat celcius, maka dapat dipastikan keringat dingin pada bayi 6 bulan disebabkan karena demam. Untuk meredakannya bunda perlu mengompres dan mengganti pakaiannya.

Berbeda dengan demam, bayi yang menderita hyperhidrosis akan mengeluarkan keringat berlebih yang umumnya terjadi pada tangan dan kaki. Hyperhidrosis sendiri  merupakan penyakit yang tidak dapat disembuhkan dengan obat-obatan. Meski begitu bunda tidak perlu panik, seiring bertumbuhnya si kecil bunda dapat berkonsultasi kepada dokter bagaimana cara menentukan perawatan yang tepat bagi si kecil.

 Cara Atasi Keringat Dingin Pada Si Kecil

Saat bunda mendapati si kecil mengalami keringat dingin  usahakan bunda tidak panik terlebih dahulu. Kenali apa penyebab si kecil mengalami hal satu ini. Lalu bunda dapat melakukan beberapa cara berikut untuk atasi keringat dingin pada bayi 6 bulan. Cara yang pertama adalah dengan menjaga suhu ruangan untuk anak agar si kecil merasa nyaman. Kedua pastikan si kecil memakai pakaian yang nyaman agar tidak merasa kegerahan atau kedinginan.

Ketiga hindari kebiasaan memberikan obat-obatan pada si kecil, karena terkadang bayi tidak cocok pada beberapa vitamin atau obat-obatan tertentu. Sehingga pada saat mengkonsumsi obat atau vitamin tersebut bayi mengalami keringat dingin. Setiap bayi memiliki kondisi tubuh yang berbeda, sebaiknya konsultasikan kepada dokter sebelum bunda memberikan vitamin atau obat kepada si kecil.

Jika bunda telah melakukan beberapa cara diatas namun keringat dingin si kecil tak kunjung reda, ada baiknya untuk bunda konsultasi kepada dokter untuk mengetahui penyebab munculnya keringat dingin pada si kecil. Hal ini bertujuan agar bunda menemukan kemungkinan penyakit serius seperti penyakit jantung, gangguan pernapasan dan kelainan genetik lainnya. Sehingga bunda segera mengetahui cara pengobatan dan perawatan yang tepat.