Home » Uncategorized » Mengenal Kangkung Air

Mengenal Kangkung Air

Secara umum memang kangkung dibedakan menjadi dua jenis yakni kangkung darat dan juga kangkung air. Nah kangkung air memiliki nama latin Ipomea Aquatica merupakan jenis tumbuhan akuatik yang sering digunakan sebagai bahan masakan. Kangkung merupakan jenis tumbuhan yang masuk ke dalam family convolvulaceae. Kangkung air secara fisiologi memang merupakan tumbuhan yang dapat menghasilkan metabolit sekunder yang dapat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Kangkung jenis ini merupakan tanaman yang kaya akan serat. Selain itu kangkung juga banyak mengandung vitamin A, vitamin C, mineral, dan zat besi yang sangat bagus untuk pertumbuhan dan kesehatan tubuh manusia.

Tanaman yang memiliki nama latin Ipomea Aquatica ini mengandung komponen bioaktif yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Kangkung ini juga telah banyak dimanfaatkan sebagai obat tradisional meskipun belum begitu populer di Indonesia. Tanaman ini memang merupakan tanaman yang memiliki komponen bioaktif dan aktivitas aktioksidan alami yang terdapat di dalamnya. Antioksidan sendiri merupakan bahan atau senyawa yang dapat mencegah atau menghambat terjadinya oksidasi pada substrat yang mudah teroksidasi.

Jadi sudah tidak dapat diragukan lagi, bahwa kangkung merupakan tanaman yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Batang kangkung muda dan juga bagian pucuk merupakan bagian yang kaya akan vitamin dan kandungan gizi tinggi. Kangkung mengandung berbagai zat yang dibutuhkan oleh tubuh mulai dari vitamin A, vitamin B1, vitamin C, vitamin K, protein, kalori, karbohidrat, protein, lemak, mineral, zat besi, kalsium, fosfor, asam amino, dan juga karoten.

Seperti namanya, kangkung air merupakan tumbuhan yang habitatnya yakni di perairan yang tergenang. Kangkung juga dapat tumbuh secara liar di sawah, perit, atau tepi sungai. Tanaman kangkung bisa tumbuh di daerah tropis maupun subtropis. Kangkung juga merupakan tanaman yang dapat tumbuh secara hidrofit yang mana sebagian tubuhnya tumbuh diatas permukaan air dan akarnya tertanam di dasar. Kangkung juga memiliki rogga udara di dalam batang atau tangkai daun sehingga membuat tanaman ini tidak tenggelam di dalam air.