Home » Home Decor » Ukuran Ideal Dalam Membuat Meja Kompor Dan Cara Membuat Dapur Selalu Bersih

Ukuran Ideal Dalam Membuat Meja Kompor Dan Cara Membuat Dapur Selalu Bersih

Dalam membuat sebuah rumah perlu banyak pertimbangan di setiap ruangannya, terutama dapur. Membangun dapur  ternyata tidak semudah yang Anda bayangkan. Terdapat beberapa hal yang harus Anda pertimbangan dengan cermat. Mulai dari konsep dapur hingga pemilihan eksesoris atau peralatan dapur, misalnya saja meja kompor.

Untuk menentukan tinggi meja dapur dan meja daput untuk kompor pun perlu dipertimbangkan. Penting sekali bagi Anda untuk menentukan tinggi meja dapur tersebut secara ideal. Pasalnya, meja dapur nantinya akan mempengaruhi kenyamanan Anda saat berkegiatan seperti memasak di dapur Anda. Baik Meja dapur ataupun meja kompor  memiliki patokan ukuran yang ideal.

Jika Anda memiliki tinggi antara 160-170 cm, maka tinggi meja dapur yang baik adalah sekitar 90 cm dengan lebar 60 cm. Ukuran tersebut merupakan perhitungan akhir yang sudah termasuk pelapis bagian atas meja dapur Anda. Apabila, Anda membuat meja dapur terlalu rendah. Maka, Dikhawatirkan akan membuat Anda merasa tidak nyaman karena Anda harus membungkuk.

Selain itu, apabila meja dapur yang rendah tersebut dipakai dalam jangka waktu yang panjang akan berisiko mengakibatkan sakit punggung. Kemudian, untuk lemari atau rak dinding di atas meja. Idealnya, jarak antara permukaan atas lemari atau rak dengan permukaan lantai adalah sekitar 225 cm. Atau, jarak antara permukaan atas lemari atau rak dengan meja dapur adalah sekitar 135 cm.

Lemari atau rak ini nantinya digunakan untuk tempat penyimpanan berbagai macam peralatan memasak dan makan. Yang perlu Anda ketahui, jangan pernah menyisakan ruang kosong antara plafon dan lemari. Hal ini dikarenakan, nantinya Anda akan sulit membersihkan permukaan atas lemari tersebut.

Berbeda dengan meja dapur, ukuran meja yang digunakan untuk kompor cenderung lebih rendah. Seperti, apabila Anda menggunakan kompor gas biasa. Maka, sebaiknya Anda membangun meja dapur untuk kompor gas biasa Anda dengan ketinggian antara 60-70 cm. Namun, apabila Anda menggunakan kompor listrik, maka sebaiknya Anda tidak perlu menurunkan tinggi meja Anda.

Lain halnya dengan kompor gas tanam Apabila Anda menggunakan kompor gas tanam. Maka, sebaiknya Anda membangun meja dapur untuk kompor gas tanam Anda dengan ketinggian kira-kira 80 cm. Jika, Anda ingin memasang penghisap asap kompor, maka Anda harus memberi jarak 69-80 cm, di atas permukaan kompor.

Meja dapur rapi dan bersih pasti menjadi impian bagi setiap orang, tanpa terkecuali Anda. Lalu, bagaimana cara membersihkan meja dapur Anda agar bersih? Nah, di sini Two person desk akan memberikan kepada Anda tentang cara membersihkan meja dapur agar nampak baru kembali.

  • Menyediakan tempat penyimpanan untuk semua peralatan dapur

Pixabay.com

Anda harus menyediakan tempat penyimpanan untuk semua peralatan dapur Anda, baik itu lemari ataupun rak penyimpanan. Selain itu, Anda juga bisa menggantung peralatan memasak. Ketiadaan tempat pentimpanan untuk semua peralatan baik peralatan makan, minum, memasak, dan lainnyaakan membuat dapur  Anda terlihat kotor dan berantakan.

Untuk itu, Anda harus membuat tempat penyimpanan tersebut. Manfaatkan setiap sudut dapur Anda.Jadi, jangan biarkan ada barang atau peralatan yang tergeletak di atas meja dapur atau di sembarang tempat. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan pegboard untuk menyimpan peralatan dapur Anda dengan cara menggantungnya di dinding dapur dengan pegboard tersebut.

Dengan menggunakan pegboard, dapur Anda akan memiliki dekorasi yang unik. Keunikan dekorasi tersebut muncul dari kreasi penataan barang yang digantung di pergboard. Kelompokkan masing-masing tempat penyimpanan berdasarkan fungsi dan jenis dari peralatan dapur Anda. Sehingga akan memudahkan Anda dalam menemukan barang tersebut.

  • Menambahkan furnitur berupa rak bertingkat

Anda dapat menambahkan rak bertingkat untuk dapur Anda. Misal, Anda dapat menggunakan rak bertingkat tersebut untuk meletakkan oven dan pemanggang roti dalam satu tempat. Atau, Anda dapat meletakkan oven listik dan gelas atau cangkir dalam satu tempat. Tentunya, hal tersebut dapat menghemat ruangan dapur Anda dan dapur Anda akan terlihat luas.

Hal ini dikarenakan meja dapur Anda tidak akan dipenuhi oleh semua peralatan dapur Anda. Hal tersebut juga akan membuat Anda mudah dalam membersihkan meja dapur Anda.

  • Membuang barang yang tidak berguna

Pixabay.com

Anda tidak akan memiliki meja dapur yang bersih dan rapi apabila Anda masih menyimpan barang-barang yang tidak Anda gunakan di dalam dapur. Dengan menyingkirkan barang-barang yang tidak Anda gunakan, Anda telah menciptakan ruangan tambahan yang nantinnya akan digunakan sebagai ruang penyimpanan barang-barang yang Anda perlukan.

Demikian tips dan trik yang dapat Two person desk berikan kepada Anda. Anda juga dapat menambahkan tempat penyimpanan berupa kaca atau pun masin jar untuk menyimpa bahan-bahan memasak Anda. Seperti gula, garam, merica, dan lainnya. Satu hal yang penting adalah maksimalkan setiap area dapur Anda untuk penyimpanan agar dapur Anda akan terlihat bersih, indah, dan luas.