Home » Pengetahuan » Manfaat Sari Kurma

Manfaat Sari Kurma

Diantara beberapa jenis buah yang ada di Indonesia, kurma merupakan salah satu buah impor yang paling populer. Selain karena memiliki rasa manis yang khas dan tekstur yang lembut, buah kurma juga memiliki nilai tersendiri di mata umat muslim Indonesia. Buah yang berasal dari daratan Timur Tengah ini sering dijadikan sebagai camilan saat santap sahur ataupun berbuka puasa. Apalagi junjungan kita Nabi Muhammad SAW juga menganjurkan untuk mengkonsumsi buah kurma dalam jumlah ganjil saat berbuka puasa. Dengan demikian kita diharapkan mendapatkan berkah dan manfaat dari buah kurma tersebut.

Akan tetapi, keberadaan buah kurma di Indonesia cukup langka karena buah ini tidak bisa ditanam di negara kita. Keberadaan buah kurma baru sering muncul saat menjelang bulan puasa. Meskipun ada beberapa penjual yang menyediakan kurma di saat bukan bulan puasa, terkadang konsumen enggan membelinya karena harganya yang cukup tinggi. Alternatif lain bagi mereka yang ingin menikmati buah kurma adalah dengan memilih sari kurma yang kini tersedia dalam bentu kemasan botol dengan harga yang relatif lebih murah. Apalagi sari kurma juga tersedia di minimarket atau di tempat jual kurma Semarang sehingga bisa dibeli kapan saja.

Khasiat Sari Kurma

Di Indonesia sendiri ada beberapa merk sari kurma yang cukup populer dan sudah menjadi langganan bagi masyarakat kita. Anda bisa memilih produk sari kurma yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan. Jika melihat manfaatnya, sari kurma sebenarnya memiliki khasiat yang hampir sama dengan buah kurma asli. Berikut beberapa manfaat sari kurma bagi kesehatan tubuh manusia.

  • Menjaga Kolesterol tetap Stabil

Buah kurma memiliki rasa manis yang asli namun kadar kolesterol yang cukup sehingga pas bagi kebutuhan tubuh. Jika Anda sudah memutuskan untuk mengurangi konsumsi gula, maka sari kurma bisa menjadi alternatif sebagai sumber rasa manis karena bisa mengurangi kolesterol jahat di dalam darah. Sari kurma sangat cocok bagi penderita diabetes atau mereka yang memiliki resiko penyakit gula.

  • Sumber Energi Alami

Tubuh memerlukan makanan yang mengandung gizi yang cukup sehingga nutrisi yang diserap bisa diubah menjadi energi untuk menunjang aktivitas kita. Dalam hal ini, gula alami dalam sari kurma terbukti sangat ampuh untuk meningkatkan energi tubuh sehingga kita bisa beraktivitas seperti biasa meski sedang menjalankan ibadah puasa. Kombinasi sukrosa, glukosa, dan juga fuktosa pada sari kurma akan mempecepat peningkatan energi yang dibutuhkan tubuh.

  • Mencegah Anemia

Kurang darah atau yang sering disebut anemia merupakan musuh utama umat muslim yang puasa. Ciri gejala anemia adalah merasa lemah dan cepat lelah seperti kekurangan energi. Tentu saja hal ini bisa mengurangi kekhusyu’an kita saat menjalani ibadah puasa. Menariknya, anemia bisa disembuhkan tanpa obat medis karena beberapa makanan seperti sari kurma bisa meningkatkan produksi sel darah merah dan bisa mengatasi anemia. Jadi, siapkan sari kurma selama bulan puasa agar tubuh tidak mudah lelah.

  • Menjaga Kesehatan Tulang

Meskipun tidak memiliki kandungan kalsium yang tinggi, tapi zat mangan, tembaga, selenium, dan magnesium bisa menjadi sumber tambahan bagi tubuh kita untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Bagi lansia, sari kurma bisa membantu mencegah terjadinya pengeroposan tulang atau osteoporosis. Sedangkan bagi anak kecil, sari kurma baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi.

  • Obat Diare

Sari kurma efektif untuk menjaga sistem pencernaan kita karena mampu meningkatkan produksi bakteri baik di dalam usus yang berperan untuk mempercepat penyerapan sari makanan. Serat larut dan juga kandungan asam amino juga menjaga sistem dan saluran pencernaan tetap sehat. Jika Anda sering mengalami diare, terutama saat bulan puasa, disarankan untuk rajin mengkonsumsi kurma untuk memperlancar sistem pencernaan.

Itulah beberapa manfaat sari kurma bagi kesehatan tubuh kita jika dikonsumsi secara rutin. Untuk mendapatkan khasiat terbaik, beberapa produsen juga menambahkan beberapa campuran zat lain seperti madu atau angkak agar khasiat sari kurma tidak terpaku pada penyakit itu-itu saja.

Salah satu yang perlu digaris bawahi adalah pemilihan produk sari kurma asli yang tidak dicampur dengan pemanis buatan. Pastikan Anda memilih produk yang benar-benar menyediakan sari kurma yang terbuat dari bahan pilihan dan bebas dari campuran pemanis yang justru bisa mengurangi manfaat atau memperburuk kondisi penyakit tertentu. Pilih tempat jual kurma semarang yang menyediakan sari kurma asli sehingga Anda bisa merasakan manfaat dari sari kurma.

Sari kurma bisa dikonsumsi setiap hari dengan dosis yang sesuai dengan apa yang tertera di dalam kemasan produk. Perhatikan pula masa kadaluarsa dan penjelasan lain terkait produk, terutama jika Anda ingin memberikan sari kurma pada anak kecil atau wanita hamil. Dengan demikian Anda bisa terhindar dari mudharat dan merasakan khasiatnya.