Home » Kesehatan » Lemon Hanya Untuk Cuci Piring? Ternyata Ada Manfaat Lemon Untuk Kesehatan Loh!

Lemon Hanya Untuk Cuci Piring? Ternyata Ada Manfaat Lemon Untuk Kesehatan Loh!

Lemon menjadi salah satu jenis buah yang kaya akan vitamin, fosfor, niasin, magnesium maupun zat besi. Tak heran jika banyak sekali manfaat lemon untuk kesehatan tubuh.

Kandungan lemon banyak dioptimalkan dalam pembuatan suatu obat maupun makanan. Hal ini disebabkan adanya kandungan zat aktif yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Jika sebelumnya Anda hanya mengenal lemon sebagai bahan pembuatan sabun cuci piring, maka kali ini Anda akan diberikan informasi mengenai manfaat lemon untuk kesehatan. Untuk mendapatkan informasi lengkap seputar manfaat lemon maupun tanaman lainnya Anda bisa mengakses situs ceklist.id.

7 Manfaat Lemon Untuk Kesehatan Maupun Kecantikan

Lemon bagus untuk kesehatan dan kecantikan. Hal ini diperkuat dengan adanya kandungan vitamin, fosfor, niasin, magensium dan zat lainnya. Tak heran jika seiring berjalannya waktu lemon banyak ditemui dalam berbagai bentuk produk kecantikan maupun kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat lemon yang bagus untuk kesehatan tubuh jika rutin dikonsumsi.

1.      Kandungan Sifat Anti Bakteri

Sakit tenggorokan atau perut biasanya disebabkan oleh adanya infeksi bakteri dan virus. Untuk mengobatinya biasanya dokter akan meminta Anda rutin mengonsumsi vitamin C, salah satunya adalah lemon. Hal ini karena kandungan zat asam didalamnya dapat membunuh baketri maupun virus penyebab penyakit tersebut.

2.      Pudarkan Stretch Marks

Beberapa ibu hamil tentu pernah mengalami stretch marks, yakni guratan garis yang muncul di kulit biasanya berwarna putih atau kemerahan. Hal ini tentu akan menimbulkan rasa tidak percaya diri bagi penderitanya. Namun tenang, kini Anda bisa mengoptimalkan penggunaan lemon. Zat asam dari buah tersebut dipercaya dapat meregenerasi kulit.

3.      Obat Jerawat

Anda merasa kurang percaya diri karena ada jerawat membandel di wajah? Gunakan saja buah lemon dijamin jerawat akan menghilang. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menggosokkan jeruk pada area yang berjerawat. Diamkan kurang lebih 10 menit, kemudian bilas menggunakan air bersih. Usahakan untuk rutin melakukan treatment tersebut agar jerawat bisa lekas hilang.

4.      Meremajakan Kulit Wajah

Banyaknya sel kulit mati yang menumpuk di wajah dapat menyebabkan kulit seseorang terlihat kusam. Jika hal tersebut dibiarkan maka akan mengakibatkan munculnya tanda-tanda penuaan dini, seperti garis halus, keriput, dan beberapa tanda lainnya. Untuk mencegah timbulnya hal yang tidak diinginkan, silakan rutin mengonsumsi lemon maupun menggunakan lemon sebagai masker wajah.

5.      Membantu Meningkatkan Sel Darah Putih

Agar kondisi tubuh tetap fit, Anda harus menjaga keseimbangan sel darah putih. Mulailah untuk rutin mengonsumsi lemon yang kaya akan vitamin C karena mampu meningkatkan produksi sel darah putih yang berfungsi menjaga kekebalan tubuh Anda.

6.      Menu Diet Alami

Siapa kira diet itu sulit dan tidak mengenakkan? Buktinya kini Anda pun bisa tetap mengonsumsi beragam makanan, meski dalam kondisi diet. Caranya cukup lengkapi menu diet Anda dengan perasan jeruk lemon asli. Seduhlah dengan air hangat dan minum setelah Anda selesai makanan.

7.      Hilangkan Gangguan Pencernaan

Kondisi tubuh ketika Anda kekurangan serat biasanya adalah munculnya gejala gangguan pencernaan atau sembelit. Hal tersebut tentu membuat aktivitas Anda terganggu, pasalnya akan memunculkan rasa begah dan kurang nyaman. Atasi saja dengan menggunakan lemon, cukup buat minuman maupun hidangan dengan bahan dasar utama buah tersebut. Dijamin sembelit Anda akan mereda dan hilang.

Cara Memaksimalkan Khasiat Lemon

Banyak orang yang belum mengetahui bagaimana cara pengolahan lemon yang tepat. Meski sepele namun jika diabaikan maka akan mengurangi khasiat dari buah tersebut loh. Penasaran? Yuk simak penjabarannya berikut ini.

1.      Seduh Menggunakan Air Hangat

Menurut WHO temperatur yang paling idela ketika Anda akan menyeduh lemon adalah menggunakan air hangat. Hal ini berguna agar proses ekstraksi buah dapat optimal. Hindari penggunaan air panas karena diklaim dapat menyebabkan kanker.

2.      Konsumsi Lemon di Pagi Hari

Cara lain yang berguna untuk mengoptimalkan khasiat buah lemon adalah mengonsumsinya di pagi hari. Rutinlah mengonsumsi perasan jeruk lemon di pagi hari guna mengembalikan cairan tubuh yang hilang saat pernapasan di malam hari. Selain itu, hal ini juga bagus untuk diaplikasikan pada seseorang yang menjalani program diet. Biasanya mereka akan minum perasan lemon untuk mengoptimalkan proses defisit kalori.

Anjuran Batas Aman Mengkonsumsi Lemon

Sifat zat asamnya yang terlalu tinggi, tentu membuat Anda bertanya-tanya seberapa banyak jumlah yang harus dikonsumsi agar aman untuk tubuh, terutama bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit maag. Jawabannya adalah menyesuaikan kebutuhan, artinya saat kondisi tubuh kurang mendukung untuk mengonsumsi hidangan yang terlalu asam maka silakan perkecil porsi.

Begitupun sebaliknya, namun hal yang pasti adalah Anda bisa menambahkan komponen lain ketika memang dirasa sangat masam, misalnya dengan menambahkan sesendok madu. Jadi, tak ada lagi alasan bagi Anda untuk menghindari pengonsumsian lemon karena takut asam ya. Banyak alternatif lain yang bisa dicoba, contohnya dengan mengoptimalkannya menjadi infused water. Cara ini bisa Anda coba dengan membuat irisan tipis pada buah tersebut agar zat yang terkandung di dalamnya dapat lebih optimal

Itu dia penjelasan rinci mengenai manfaat lemon untuk kesehatan maupun kecantikan tubuh. Referensi lain yang serupa bisa Anda akses pada situs ceklist.id. Semoga bermanfaat.