Home » Kesehatan » Makanan untuk Diabetes yang Baik untuk Dikonsumsi

Makanan untuk Diabetes yang Baik untuk Dikonsumsi

Pemgidap diabetes perlu mengetahui dan memahami makanan untuk diabetes yang dianjurkan untuk dimakan. Tujuannya yaitu untuk menjaga kadar gula darah bisa dikontrol dengan baik. Tetapi penting juga untuk penderita diabetes untuk mengonsumsi makanan yang mampu membantu menghindari komplikasi diabetes seperti penyakit jantung.

Berikut ini terdapat beberapa daftar makanan terbaik untuk penderita diabetes yang bisa dikonsumsi:

  1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau mengandung banyak gizi dan rendah kalori. Sayuran hijau juga sangat rendah karbohidrat yang bisa dikonsumsi, sehingga bisa meningkatkan kadar gula darah Anda. Sayuran seperti Bayam, kangkung dan sayuran hijau lainnya merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik, termasuk vitamin C. Dalam satu penelitian, peningkatan asupan vitamin C bisa mengurangi penanda inflamasi dan juga kadar gula darah untuk orang dengan diabetes tipe 2 atau tekanan darah tinggi.

  1. Kayu Manis

Kayu manis merupakan bumbu yang lezat dengan antioksidan yang cukup tinggi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kayu manis bisa menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin. Kontrol diabetes jangka panjang biasanya ditentukan dengan menghitung kadar hemoglobin A1c, yang menunjukkan kadar gula darah rata-rata Anda selama 2 hingga 3 bulan. Dalam satu penelitian, pasien dengan diabetes tipe 2 yang menkonsumsi kayu manis selama 90 hari mempunyai lebih dari dua kali lipat penurunan hemoglobin A1c, dibandingkan dengan mereka yang hanya menerima perawatan biasa.

  1. Telur

Telur bisa memberikan Anda manfaatkan kesehatan yang luar biasa. Sebab telur merupakan salah satu makanan terbaik yang membuat Anda kenyang lebih lama. Mengonsumsi telur secara teratur bia mengurangi risiko komplikasi diabetes. Telur mengurangi peradangan, menambah sensitivitas insulin, meningkatkan kadar kolesterol HDL baik Anda dan juga memodifikasi ukuran dan bentuk kolesterol LDL “buruk” Anda.

  1. Biji Chia

Biji chia merupakan makanan yang juga dianjurkan bagi penderita diabetes. Makanan itu sangat tinggi serat, namun rendah karbohidrat yang mudah dicerna. Kandungan 11 dari 12 gram karbohidrat dalam porsi 28 gram (1 ons) biji chia merupakan serat, yang tidak meningkatkan gula darah.

  1. Kunyit

Kunyit merupakan rempah dengan banyak manfaat kesehatan. Bahan aktifnya, curcumin, bisa menurunkan peradangan dan juga kadar gula darah, curcumin sekaligus mengurangi risiko penyakit jantung pada penderita diabetes. Apalagi, curcumin juga bermanfaat untuk kesehatan ginjal penderita diabetes. Hal ini penting, sebab diabetes merupakan salah satu penyebab utama dari penyakit ginjal.

  1. Greek Yoghurt

Yoghurt Yunani bisa menjadi pilihan susu yang baik untuk penderita diabetes. Hal tersebut berguna untuk meningkatkan kontrol gula darah dan juga menekan risiko penyakit jantung. Sebab sebagian probiotik yang dikandung greek yoghurt bisa membantu hal tersebut. Terlebih, greek yoghurt hanya mengandung 6-8 gram karbohidrat per porsinya, kandungan itu lebih rendah dari yoghurt biasa. Makanan tersebut juga memiliki protein lebih tinggi, yang membantu mendorong penurunan berat badan dengan mengurangi nafsu makan dan mengurangi asupan kalori.

  1. Kacang

Semua jenis kacang memiliki serat dan juga rendah karbohidrat yang bisa dicerna penderita diabetes dengan baik. Suatu penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kacang secara teratur bisa mengurangi peradangan dan menurunkan kadar gula darah. Penderita diabetes yang memasukkan 30 gram kenari dalam diet hariannya yang berlangsung selama satu tahun mengalami penurunan berat badan yang cukup terasa, peningkatan komposisi tubuh dan mengalami penurunan kadar insulin yang signifikan. Penelitian tersebut penting sebab penderita diabetes tipe 2 kerap mengalami peningkatan kadar insulin, yang terkait dengan obesitas.

  1. Brokoli

Brokoli merupakan salah satu sayuran yang sering dianjurkan untuk dikonsumsi pengidap diabetes. Cukup setengah cangkir brokoli yang dimasak, mengandung 27 kalori dan 3 gram karbohidrat saja yang bisa dicerna, dan juga nutrisi penting seperti vitamin C dan magnesium.

Penelitian yang dilakukan pada penderita diabetes menemukan bahwa brokoli bisa membantu menurunkan kadar insulin dan melindungi sel dari radikal bebas berbahaya yang dihasilkan selama metabolisme. Apalagi, brokoli adalah sumber lutein dan zeaxanthin yang baik lainnya. Antioksidan yang terkandung juga penting guna membantu mencegah penyakit mata.

Itulah beberapa makanan yang bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus. Asupan makanan yang dipilih dengan baik tentu saja kan membantu menjaga metabolisme penderita diabetes melitus. Dengan begitu penyakit diabetes melitus akan membaik dengan mengonsumsi makanan yang dianjurkan secara teratur.

Selain mengonsumsi makanan yang baik untuk penderita diabetes, menjaga pola makan dan melakukan olahraga secara teratur bisa menjadi pilihan yang baik agar penyakit bisa dikelola dengan baik. Dengan begitu diabetes melitus bisa dihilangkan, atau setidaknya bisa menekan risiko komplikasi yang bisa saja terjadi.

Di samping menerapkan pola hidup sehat dan mengonsumsi makanan yang dianjurkan, kami juga menyarankan agar Anda menggunakan jam dr Laser yang berguna menjaga kondisi tubuh dan bahkan bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit tanpa perlu mengonsumsi obat-obatan. Harga dr Laser yang masih berada di kisaran empat juta ke atas bisa Anda dapatkan lebih murah di beberapa toko online yang sedang menyelenggarakan diskon atau potongan harga. Menggunakan jam dr Laser bisa membantu penderita diabetes mengendalikan kadar gula darah. Maka tidak ada salahnya Anda berinvestasi kesehatan dengan cara membeli alat tersebut.