Home » Uncategorized » Khasiat Biji Markisa Merah

Khasiat Biji Markisa Merah

Tidak seperti buah pada umumnya yang memiliki daging buah, markisa merah merupakan buah yang berisikan biji dengan selaput berwarna kuning. Buah ini bahkan hanya memiliki kandungan air yang sedikit. Ketika mengkonsumsi markisa merah, biji markisa tidak dapat kita hindari. Biji dari buah ini dapat kita konsumsi dan mengandung manfaat dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Biji markisa kaya akan antioksidan dan baik dalam menangkal radikal bebas. Antioksidan dalam biji markisa tergolong kuat. Antioksidan yang dimiliki oleh biji buah ini berasal dari polifenol dan scirpusin B. Tidak hanya dapat melawan radikal bebas, antioksidan yang terkandung dalam biji markisa merah juga bermanfaat untuk mencegah penuaan dini.

Kandungan polifenol yang ada pada biji buah juga dapat digunakan dalam menjaga kesehatan jantung dan efek vasorelaksasi. Dengan efek tersebut, tekanan vaskular akan menurun sehingga sistem kardiovaskular akan berada dalam keadaan yang baik. Polifenol pada biji buah markisa sangat efektif dalam menangkal penyakit kardiovaskular. Penyakit yang disebabkan oleh kekurangan magnesium juga dapat kita hindari dengan biji pada markisa merah. Di dalam 100 gr markisa, ada 29 mg kandungan magnesium di dalamnya. Magnesium sendiri merupakan mineral penting bagi kesehatan sejak orang tersebut baru dilahirkan. Ketika mengkonsumsi markisa dengan rutin, resiko kekurangan magnesium dapat kita hindari. Magnesium sangat baik untuk mengobati depresi, sakit kepala, aritmia jantung dan diabetes.

Biji markisa juga sangat baik dalam sistem pencernaan. Kandungan serat yang ada pada biji buah membuat sistem pencernaan dapat berjalan dengan baik. Ketika kita mengalami sembelit, markisa menjadi pilihan buah yang dapat kita konsumsi. Aktivitas amilase usus dapat pula ditingkatkan dengan keberadaan serat yang diperoleh dari biji markisa. Kandungan amonia dan pH usus dapat pula dikurangi jika kita mengkonsumsi markisa merah secara rutin. Dengan biji markisa pula, sistem kekebalan tubuh dapat kita tingkatkan. Kandungan vitamin C pada buah markisa dapat membunuh patogen merugikan dan membuat tubuh tidak mudah terserang oleh penyakit.