Home » Pendidikan » Jadwal Pendaftaran Kedokteran UKDW

Jadwal Pendaftaran Kedokteran UKDW

Yogyakarta dikenal sebagai kota pelajar. Hal tersebut disebabkan oleh banyaknya universitas yang berdiri di kota tersebut. Tidak hanya universitas negeri, kita dapat pula menemukan banyak universitas swasta yang berkualitas. UKDW menjadi salah satu nama universitas di Yogyakarta yang banyak diminati oleh calon mahasiswa. UKDW atau Universitas Kristen Duta Wacana memiliki beberapa fakultas yang banyak diminati. Karena banyaknya peminat, calon mahasiswa tak segan untuk mengikuti bimbel kedokteran UKDW agar mudah mengalahkan para pesaingnya.

Fakultas kedokteran yang ada di UKDW telah berdiri sejak tahun 2009 lalu. Di tahun 2017, fakultas berhasil meluluskan 107 dokter. Dokter muda tersebut telah bekerja di wilayah Indonesia. Jika kita perhatikan dengan seksama, lulusan universitas ini berhasil meluluskan 92 % di setiap periodenya. Ditambah dengan reputasi yang dimiliki oleh fakultas kedokteran UKDM, fakultas semakin dikenal luas oleh masyarakat. Apabila para calon mahasiswa tertarik untuk menjadi bagian dari fakultas kedokteran yang ada di UKDW, informasi akan jadwal dan syarat masuk universitas perlu diketahui dengan baik.

Fakultas kedokteran menjadi peluang bagi calon mahasiswa yang ingin menjadi seorang dokter. Akreditasi fakultas ini telah didapatkan sejak tahun 2012 lalu. Sebelum bergabung dengan fakultas, calon siswa harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Pendaftaran program sarjana melalui jalur prestasi dibagi menjadi 4 periode.  Pada periode pertama, pendaftaran dilakukan pada tanggal 2 hingga 27 September 2019. Untuk pengumumannya sendiri, kegiatan akan dilakukan pada tanggal 5 Oktober 2019. Pendaftaran periode kedua dilaksanakan pada tanggal 4 hingga 29 November 2019. Pengumuman periode akan diberitahukan pada tanggal 7 Desember 2019.

Pendaftaran jalur prestasi periode ketiga dilangsungkan pada tanggal 3 hingga tanggal 28 Februari 2020. Untuk jalur prestasi periode keempat, calon mahasiswa dapat melakukan pendaftaran pada tanggal 6 April hingga 30 April 2020. Jalur prestasi mengandalkan nilai rapor di kelas 10 dan kelas 11. Biaya yang harus dikeluarkan selama melakukan pendaftaran adalah Rp. 200.000. Tidak hanya jalur prestasi, calon peserta didik dapat pula memasuki fakultas melalui jalur tertulis kedokteran. Jalur masuk ini dibagi menjadi empat gelombang.

Pada gelombang pertama, pendaftaran dilakukan pada dua hari sebelum waktu tes dipilih. Tes dilaksanakan pada tanggal 14 hingga 15 Februari 2020. Untuk pengumumannya sendiri, pengumuman dilakukan satu minggu setelah calon mahasiswa memilih tanggal tes. Untuk pendaftaran jalur tertulis kedokteran gelombang kedua, pendaftaran dilakukan dua hari sebelum melakukan pemilihan tanggal tes. Tanggal tes gelombang kedua dilakukan pada tanggal 8 Mei hingga 9 Mei 2020. Tanggal tes gelombang ketiga dilakukan tanggal 12 Juni hingga 13 Juni 2020 dan tanggal tes gelombang keempat dilaksanakan pada tanggal 17 hingga 18 Juli 2020.

Seleksi jalur tertulis fakultas kedokteran dibagi menjadi dua tes yang masing-masing tes dilakukan di hari yang berbeda. Pada tes hari pertama, calon mahasiswa akan melaksanakan tes biologi, tes bahasa Inggris, tes potensi akademik dan pengetahuan kesehatan. Tes tersebut akan dilaksanakan dengan memanfaatkan komputer. Tes hari kedua, calon siswa kedokteran UKDW akan melakukan tes kesehatan, wawancara program studi dan psikotes. Biaya tes tertulis kedokteran UKDW sebesar Rp. 1.250.000. Biaya tertulis tersebut telah mencakup semua materi tes yang dilaksanakan selama dua hari.

Agar calon mahasiswa dapat diterima di fakultas kedokteran UKDW, mereka harus memenuhi beberapa persyaratan yang telah ditetapkan oleh universitas. Merupakan lulusan sekolah menengah jurusan IPA merupakan salah satu persyaratan yang wajib dipenuhi oleh calon mahasiswa kedokteran di UKDW. Lulusan sekolah menengah berasal dari tahun 2018, 2019 dan lulusan tahun 2020. Selain itu, calon peserta didik juga harys mengisi form pendaftaran mahasiswa baru UKDW. Mereka juga harus mengisi formulir kesehatan yang formulirnya dapat diunduh pada situs resmi UKDW.

Syarat lain yang harus dipenuhi oleh calon mahasiswa kedokteran adalah menyerahkan salinan rapor di kelas 10 hingga kelas 12. Foto kopi rapor harus dilegalisir oleh pihak sekolah terlebih dahulu. Selain rapor, foto kopi ijasah atau SKHUN juga harus diikutsertakan selama melakukan pendaftaran. Di samping itu, calon mahasiswa harus menyerahkan 3 lembar foto berwarna dengan ukuran 3×4. Foto k kopi Kartu Tanda Penduduk milik orang tua juga menjadi persyaratan pendaftaran kedokteran di UKDW. Untuk menjadi bagian dari fakultas kedokteran, calon peserta didik harus memilih program studi kedokteran pada sesi pemilihan program studi. Kedokteran harus menjadi pilihan pertama kalinya jika ingin masuk ke dalam fakultas kedokteran.

Setiap tahunnya, biaya kuliah kedokteran di UKDW mengalami perbedaan. Hal ini dapat terjadi lantaran fakultas melakukan peningkatan akan fasilitas pendidikan. Fasilitas pendukung yang ada di fakultas kedokteran antara lain laboratorium preklinik, perpustakaan, laboratorium biomedik, rumah sakit pendidikan dan laboratorium biostatistik. Tahun ajaran 2020 – 2021 biaya dana pengembangan fakultas mencapai Rp. 220.000. Untuk sumbangan SPP tiap semester, mahasiswa akan dikenakan biaya hingga Rp. 12.500.000. Sedangkan untuk biaya SPP tiap SKS, beban biaya yang akan dikenakan oleh mahasiswa adalah Rp. 800.000. Karena membutuhkan biaya yang cukup besar, calon peserta didik harus mempersiapkan diri dengan baik.