Home » Uncategorized » Kawasan Ekonomi Khusus

Kawasan Ekonomi Khusus

 

 

Peningkatan pada penanaman modal sangat dibutuhkan untuk mempercepat pencapaian pembangunan dalam ekonomi nasional. Untuk penanaman modal tersebut bisa melalui dari penyiapan kawasan yang mana hal ini mempunyai keunggulan pada bidang geostrategis dan ekonomi. Kawasan tersebut dipersiapkan supaya kegiatan industri ekonomi ekspor dan impor dapat lebih maksimal.

Pertimbangan dalam Menentukan Kawasan Ekonomi Khusus

Proses penetapan suatu wilayah sebagai Kawasan Ekonomi Khusus atau KEK tentunya harus mempertimbangkan pada beberapa hal. Tujuannya yaitu supaya keputusan yang diambil tersebut benar-benar efektif tepat dan terhindarkan dari adanya high cost economy. Dengan hal ini maka penentuan KEK bisa meningkatkan perekonomian bagi masyarakat Indonesia.

 

Supaya tidak salah dalam menentukan KEK maka pemerintah diharapkan untuk mempertimbangkan beberapa hal seperti berikut:

  1. Lokalitas

Menjadi keunggulan pada suatu wilayah yang mana hal ini dipertimbangkan dari segi potensi alam maupun potensi geografisnya. Hal ini menjadi nilai tambah yang memang sulit untuk diimbangi pada suatu daerah lain ataupun negara lain. Untuk potensi alam, misalnya saja mempunyai Sumber Daya Alam tertentu maupun mempunyai Sumber Daya Alam dengan kondisi tertentu. Dengan begitu untuk daya saing pada suatu wilayah sangat sulit apabila disetarakan pada wilayah yang lain.

 

  1. Ekonomi Lintas Batas

Kawasan yang terletak di dalam wilayah hukum  dari negara kesatuan Republik Indonesia mempunyai keterbatasan secara langsung pada wilayah perairan darat maupun laut. Selain itu juga bisa berdasarkan pada wilayah negara lain maupun perairan internasional.

 

  1. Pelabuhan Bebas

Perlu diketahui dengan baik bahwa untuk pelabuhan bebas menjadi gerbang perekonomian pada suatu negara ataupun wilayah. Pelabuhan tersebut terdapat arus barang maupun orang dalam melakukan aktivitas ekonomi antara kelancaran dari arus barang tersebut tergantung pada regulasi maupun prosedur dan fasilitas yang sudah disediakan pada kawasan pelabuhan tersebut.

 

Aktivitas dari pelabuhan dapat dikatakan sebagai indikasi dari kondisi perekonomian pada suatu daerah. untuk penetapan Kawasan Ekonomi Khusus dikaitkan pada pemberian status pelabuhan tertentu supaya mendukung KEK dalam menentukan suatu pelabuhan agar menjadi pelabuhan bebas.

 

Di dalam pengembangan pada suatu kawasan pemerintah memang tidak terlepas dari adanya peranan kadin maupun asosiasi yang berada di bawah Mitra pemerintah. Untuk kolaborasi antara KADIN dan pemerintah ini mempunyai peranan yang sangat penting serta strategis untuk penerapan kebijakan ekonomi. Hal ini mempunyai tujuan supaya tidak menimbulkan kebijakan maupun kebijakan yang tidak efektif ketika diambil.