Home » Islam » Kapan Waktu Sholat Hajat yang Diutamakan?

Kapan Waktu Sholat Hajat yang Diutamakan?

Sudah tahukah Anda kapan waktu sholat hajat yang diutamakan? Sama halnya seperti sholat Sunnah pada umumnya, ada waktu tertentu yang dianjurkan untuk melakukan sholat hajat. Meskipun pada dasarnya sholat hajat sendiri boleh dilakukan kapan saja.

Tujuan dari sholat hajat sendiri agar apa yang dihajatkan dikabulkan oleh Allah SWT. Baik yang berkaitan dengan duniawi maupun yang lebih besar dari itu. Misalnya seperti yang berkaitan dengan kemaslahatan agama.

Nah, sebelum mengulas kapan waktu terbaik melakukan sholat hajat, penting untuk mengerti kategori dari sholat Sunnah itu sendiri. Dengan tahu hal seperti ini, Anda akan lebih mudah membedakan waktu terbaik untuk melakukan sholat Sunnah. Termasuk dalam hal ini sholat hajat.

Kategori Sholat Sunnah

Di dalam kitab Al-Binayah Syahrul Hidayah, Syeikh Abu Muhammad Mahmud mengategorikan sholat sunnah menjadi dua kategori. Sholat Sunnah yang dimaksud di sini adalah semua sholat Sunnah di luar sholat fardu.

  1. Sholat Sunnah yang Berkaitan dengan Waktu

Sholat sunah yang berkaitan dengan waktu adalah semua solat sunah yang waktu pelaksanaannya sudah ditentukan. Misalnya saja seperti sholat sunah rawatib. Selain itu sholat sunah yang masuk dalam kategori ini adalah sholat idul fitri dan adha, tarawih, tahajud, witir, dan duha.

  1. Sholat Sunnah yang Berkaitan dengan Sebab

Sholat sunah kategori kedua ini umumnya dilakukan setelah ada sebab tertentu. Misalnya saja seperti sholat hajat ini. Sebab pelaksanaan sholat hajat sendiri dilakukan karena ada sebab tertentu. Misalnya agar hajatnya dikabulkan oleh Allah SWT.

Nah, selain sholat hajat, beberapa sholat sunnah yang masuk dalam kategori kedua ini adalah sholat jenazah, sholat gerhana, sholat istisqa, dan sholat istikharah. Semua sholat sunnah tersebut dikerjakan setelah ada sebab tertentu.

Kemudian sholat sunah yang berkaitan dengan sebab tadi oleh para ulama dibagi lagi ke dalam tiga kategori, yaitu:

  1. Karena Sebab Mutaqadim

Yang dimaksud dengan sebab mutaqadim adalah sebab yang mendahului. Dalam hal ini contohnya adalah sholat sunah tahiyatul masjid.

  1. Karena Sebab Muqarin

Yang dimaksud dengan sebab muqarin di sini adalah sebab yang membarengi. Artinya waktu sholat berbarengan dengan sebab melakukan sholat sunah. Misalnya saja seperti sholat sunah gerhana yang dilakukan pada saat gerhana.

  1. Karena Sebab Muta’akhir

Yang dimaksud dengan sebab muta’akhir dalam hal ini adalah penyebabnya muncul belakangan. Dalam hal ini sholat sunah hajat dan istikharah adalah salah satu contohnya.

Waktu Melakukan Sholat Sunnah

Jika dilihat dari penjelasan di atas tadi, sebenarnya sudah sangat jelas saat ingin menentukan waktu sholat Sunnah. Termasuk dalam hal ini kapan waktu sholat hajat. Nah, dalam hal ini sholat hajat masuk dalam kategori ketiga. Pasalnya sholat hajat memiliki sebab muta’akhir.

Artinya sholat hajat boleh dilakukan kapan saja. Asalkan pelaksanaannya tidak dilakukan pada waktu yang menjadi larangan. Yang menjadi pertanyaannya kemudian adalah pada waktu apa saja dilarang melaksanakan sholat sunah? Utamanya untuk sholat sunah yang memiliki sebab muta’akhir.

Tercatat ada lima waktu yang menjadi larangan untuk melaksanakan sholat sunnah. Pertama adalah waktu sehabis sholat subuh sampai dengan terbitnya matahari. Kedua adalah waktu ketika matahari terbit sampai dengan posisi matahari naik kira-kira satu tombak.

Ketiga adalah waktu istiwa. Yakni pada saat posisi matahari tepat berada di atas langit sampai dengan tergelincir ke arah barat. Keempat adalah waktu setelah sehabis sholat asyar sampai dengan terbenamnya matahari. Dan yang terakhir adalah pada saat matahari terbenam yang ditandai dengan warna kekuning-kuningan sampai dengan terbenam secara keseluruhan.

Dengan demikian secara otomatis bisa disimpulkan jika waktu selain kelima waktu tadi merupakan waktu pelaksanaan sholat hajat. Hal ini bisa disimpulkan jika waktu sholat hajat bisa dikatakan sangatlah panjang. Tetapi dari panjangnya waktu tersebut, ada waktu sholat hajat yang paling utama. Lalu kapan itu?

Waktu Terbaik untuk Melaksanakan Sholat Hajat

Dikarenakan waktu sholat hajat sangatlah longgar, maka secara otomatis tidak berakibat cepat hilangnya sebab ketika tidak segera dilaksanakan. Sangat berbeda dengan sholat gerhana misalnya.

Apalagi jika dibandingkan dengan sholat fardu. Yang secara waktu pelaksanaannya sendiri memang sudah ada ketentuannya. Itulah kenapa untuk penentuan waktunya bisa dibantu dengan keberadaan jam digital masjid misalnya. Yang kita tahu sendiri harga jam digital masjid pun bisa dikatakan cukup murah.

Berbeda halnya dengan sholat hajat yang bisa dilaksanakan kapan saja. Baik dikerjakan ketika siang maupun malam hari. Meskipun demikian ada waktu khusus tersendiri yang diutamakan untuk melaksanakan sholat hajat. Yakni dilakukan pada malam hari. Utamanya 1/3 malam terakhir. 1/3 malam terakhir inilah kapan waktu sholat hajat yang diutamakan.