Home » Pengetahuan » Kudu Lebih Telaten, Yuk Cari Tahu Tips Atasi Jerawat Terparah Disini

Kudu Lebih Telaten, Yuk Cari Tahu Tips Atasi Jerawat Terparah Disini

Jerawat adalah salah satu masalah yang sering dialami baik pria maupun wanita. Timbulnya jerawat pada wajah akan membuat anda tidak tampil percaya diri dengan banyaknya jerawat yang ada di wajah. Namun sejatinya jerawat jenis apapun bisa disembuhkan bila rutin untuk melakukan pengobatan, termasuk jerawat terparah. Yuk simak tips menghilangkan jerawat paling parah berikut.

Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat Yang Paling Parah

1 Menggunakan Antibiotik

Apabila anda memiliki jerawat membandel dan tidak lekas hilang, anda bisa menggunakan antiobiotik jerawat untuk membantu menghilangkannya. Antiobiotik ini dapat membantu mengendalikan bakteri dan menyembuhkan peradangan karena jerawat. Namun bagi beberapa jenis kulit, antiobiotik tidak terlalu efektif untuk meredakan jerawat pada wajah. Hasilnya baru akan dirasakan setelah beberapa tahun pemakaian.

  1. Isorenoin

Beraam produk kecantikan yang mengandung sotretinoin baik krim, losion atau gel cukup ampuh untuk mengatasi penyebab jerawat dan menghilangkan jerawat hingga tuntas dan permanen. Selain dalam bentuk obat oles, isorenoin juga tersedia dalam bentuk pil yang membantu anda untuk mengatasi jerawat membandel. Namun hasil yang didapatkan akan berbeda beda tergantung pemakain. Selalu ingat jika obat ini tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil.

  1. Mengurani Olahan Susu

Percaya atau tidak olahan susu ternyata membuat jerawat pada wajah semakin memburuk. Jerawat terparah sekalipun bisa diatasi dengan membatasi konsumsi susu ataupun olahan susu. Konsumsi susu akan menyebabkan naiknya kadar hormon insulin dan faktor pertumbuhan untuk menstimulasi produksi sebum atau sekresi berminyak dari kalenjer sebaceous kulit.

Anda bisa mengganti konsumsi susu dengan mentega yang terbuat dari susu sapi dengan banyak minyak kelapa. Anda bisa menggantikan susu dengan yoghurt yang terbuat dari susu dengan minyak kelapa yang banyak tersedia di toko toko terdekat. Untuk pengganti keju anda bisa menggunakan buah zaitun yang memiliki rasa gurih. Anda juga tidak dianjurkan untuk konsumsi cokelat karena mengandung susu yang tidak bagus untuk tubuh.

  1. Mengkonsumsi Air Putih dan Sayur

Untuk bisa mengatasi jerawat membandel, anda harus memperbanyak konsumsi air putih. Jika biasanya tubuh akan membutuhkan  liter air putih setiap harinya, untuk mengatasi jerawat anda harus mengkonsumsi setidaknya 3,7 liter perhari. Hindari juga minuman soda, jus manis serta alkohol yang memcu tumbuhnya jerawat pada kulit anda.

Selain konsumsi air yang banyak, anda juga harus konsumsi 12 porsi sayuran perhari. Hal ini untuk membantu menutrisi tubuh dan menghindarkan dari jerawat terparah pada wajah. Selain itu hindari juga makanan lemak, pemanis buatan, bahan pengawet, kedelai, glutem, cokelat dan air endapan keju. Anda juga harus langsung mandi begitu tubuh terasa berkeringat.

  1. Spironolactone

Untuk bisa mengatasi jerawat pada kulit wajah, maka sebaiknya anda mengkonsumsi obat spironolactone yang ada dalam obat diuretik. Obat ini berfungsi untuk membuang kelebihan cairan di dalam tubuh sehingga dapat membantu mengatur kadar hormon penyebab jerawat dan tentunya mengurangi produksi minyak di kulit. obat jerawat punggung ini terbilang cukup ampuh untuk menghilangkan jerawat memabandel pada wajah.

  1. Mengganti Sarung Bantal

Agar jerawat parah bisa teratasi, anda bisa rajin mengganti sarung bantal setiap malam. Ternyata bakteri yang ada di sarung bantal akan bertahan lama dan membuat wajah anda tidak bisa terbebas dari jerawat membandel. Anda juga tidak dianjurkan unuk memegang muka dengan tangan kotor. Bila perlu gunakan pembersih wajah dengan formula ringan dan jangan mengaplikasikan pembersih wajah yang mengandung benzoyl peroxide.

  1. Menggunakan Lidah Buaya

Tidak hanya menggunakan bahan bahan kimia untuk menghilangkan jerawat terparah, anda juga bisa menggunakan bahan bahan alami yang ada di sekitar anda. Lidah buaya sudah dipercaya sejak dulu sebagai bahan untuk produk kecantikan. Khasiat dan kandungan yang ada di dalamnya mampu mengatasi jerawat membandel yang ada di area wajah.

Lidah buaya mengandung asam salisilat dan sulfur yang dipercaya ampuh untuk atasi jerawat pada kulit. Anda bisa menggunakan masker lidah buaya untuk menghasilkan kulit wajah yang terhindar dari jerawat membandel. Caranya dengan mengerok gel lidah buaya dan langsung mengoleskannya di area wajah anda. Lakukan proses ini selama beberapa kali dan rutin untuk menghasilkan kulit wajah yang mulus dan bebas dari jerawat.

  1. Air Perasan Lemon

Buah lemon kaya akan vitamin C dan sitrat yang bagus untuk menutrisi tubuh anda. Kandungan yang ada di dalam buah jeruk akan mampu mengusir bakteri jerawat yang ada di area wajah. Air perasan jeruk juga memiliki fungsi yang bagus sebagai anti bakteri dan menutrisi kulit yang memiliki jerawat terparah sekalipun.

Untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal, ambilah kapas dan celupkan pada perasan jeruk tersebut. Kemudian oleskan kapas yang memiliki perasan jeruk ke jerawat anda atau ke area kulit yang rusak. Selain kandungan buah jeruk yang bagus untuk regenerasi kulit, ternyata kulit jeruk juga bisa membantu untuk menutrisi wajah dan menjadikan kulit jeruk sebagai masker untuk wajah yang berjerawat.

  1. Tips Agar Terhindar dari Jerawat Bandel

Apabila anda memiliki jerawat yang membandel, anda harus mengetahui beberapa tips yang harus dilakukan agar jerawat tidak semakin memburuk. Pertama jangan memegang atau memencet jerawat yang sedang tumbuh. Semakin sering dipencet maka akan meninggalkan bekas luka alias bopeng. Selain itu jangan terlalu sering mencuci wajah dengan sabun, cukup dengan air hangat atau air bersih saja untuk membersihkan wajah anda.

Bagi wanita hindarilah penggunaan make up tebal den berbahan dasar minyak. Sebelum tidur usahakan untuk menghapus make up dan memastikan wajah benar benar bersih dari jerawat. Apabila anda ingin melakukan aktivitas di siang hari, anda harus menggunakan tabir surya yang tidak berminyak. Yang paling penting selalu perhatikan asupan makan dan konsumsi makanan anda setiap hari untuk mengatasi jerawat terparah di area wajah anda.

Itulah beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk membersihkan wajah dari jerawat yang membandel. Kunci untuk membersihkan jerawat membandel adalah selalu rutin untuk melakukan perawatan dan sabar untuk menantikan hasilnya. Sebaiknya anda menggunakan cara cara yang alami dan aman untuk kulit wajah anda ketika ingin menghilangkan jerawat pada wajah yang membandel.