Home » Uncategorized » Jenis-Jenis Ular Laut Paling Berbisa

Jenis-Jenis Ular Laut Paling Berbisa

Spesies elpaide merupakan spesies ular yang memiliki bisa sangat tinggi serta mematikan, baik dari jenis-jenis ular darat atupun ular laut. Namun ada beberapa jenis-jenis ular laut yang mempunyai bisa lebih kuat dibandingkan ular berbisa di daratan. Berikut diantaranya:

6 ular laut paling berbisa

  1. Banded sea krait atau ular erabu

Merupakan salah satu ular air laut palning berbisa dan tersebar luas di lautan Indonesia, seperti Jawa, Pulau Kalimantan dan Pulau Bali. Sama seperti dengan ular laut umumnya, ular erabu memangsa belut moray, ikan-ikan kecil dan lainnya sebagai makanannya. Ular ini banyak ditemukan di sekitar terumbu karang dan pesisir pantai untuk bereproduksi atau mengganti kulit.

  1. Blue sea krait atau ular erabu biru

Ular berbisa erabu biru juga tersebar luas layaknya ular erabu, ditambah dengan pantai-pantai di Pulau Sumatera. Ular erabu biru memiliki ukuran sedang dan banyak ditemukan di sekitar hutan bakau, terumbu karang, laut terbuka, dan perairan pantai kecil. Jenis ular ini berkembang biak dengan bertelu, dan meletakkan telurnya di pesisir pantai yang sepi. Seperti liang pasir yang sudah tidak digunakan, lubang bawah pohon kelapa atau celah-celah bebatuan.

  1. Black banded sea krait.

Ular yang memiliki warna belamg-belang coklat tua atau hitam ini menjadi salah satu ular laut yang paling berbisa. Black bandend memiliki bentuk kepala yang pendek batang tebal dan tidak mempunyai leher. Meski racun yang dimiliki 10x lebih kuat dibandingkan king kobra, namun ular ini tidak akan menyerang  kecuali ketika merasa terganggu.

  1. Slender sea snake

Ular slender snake memiliki tubuh yang ramping dan kepala yang kecil, serta mempunyai panjang maksimal sekitar 1 meter. Ular laut ini sering ditemukan pada kawasan yang tidak jauh dari pesisir pantai, seperti hutan bakau, terumbu karang dan dasar laut yang berpasir.

  1. Ornate reef snake

Ular yang berasal dari spesies elapide ini dikenal sebagai ular laut paling berbisa di dunia yang banyak ditemukan di daerah Samudera Hindia. Ular ornate memiliki ketebalan tubuh yang sama dengan kepalanya yakni berbentuk silinder. Sedangkan pada bagian belakang tubuhnya berbentuk lebih pipih.

  1. Yellow sea snake

Ular lau yang masih juga berasal dari keluarga elapide dan menjadi spesies ular laut yang paling berbisa di Indonesia. Ciri khasnya adalah memiliki 30 cincin hitan dan tubuhnya berwarna hijau kekuningan.