Home » Hobi » Jenis Ikan Aquascape Yang Kuat

Jenis Ikan Aquascape Yang Kuat

 

Sekarang ini, banyak orang yang mulai tertarik dengan dunia aquascape. Menghiasi akuarium agar terlihat indah, menarik dan enak dilihat. Aquascape sendiri adalah wadah tempat memelihara ikan yang memiliki nilai estestika seni sendiri di dalamnya. Salah satu bagian dalam aquascape yang tidak bole terlewatkan yaitu ikan yang dijadikan sebagai penghuni aquascape.

Terdapat beberapa jenis ikan hias yang cocok di pelihara dalam aquascape, namun ada juga yang tidak. Jenis yang diincar para aquascaper biasanya memiliki warna yang cerah dan menarik. Selain itu juga memiliki ketahanan yang baik terhadap lingkungan dan ikan jenis lainnya. Dalam kata lain, ikan yang dijadikan penghuni aquascaper kuat dan bisa hidup lama.

Bagi Anda para aquascaper pemula tentunya ingin mengetahui  ikan aquascape yang kuat bukan? Oleh karena itu, silahkan Anda simak ulasan dibawah ini

  • Ikan Neon Tetra

Ikan neon tetra memiliki panjang tubuh sekitar 2 cm. ikan ini memiliki kombinasi warna yang menarik.Ikan neon tetra ini memiliki warna merah pada bagian perut hingga ekor, sedangkan pada bagian perutnya memiliki warna putih silver.Untuk bagian punggunya terdapat garis biru tua yang tentunya menambah keindahan dan kecantikan si ikan neon tetra ini.

 

Selain keindahan warnanya, ikan ini memiliki kelebihan lain yaitu dapat bergerombol dan tidak akan tumbuh besar. Sehingga ikan ini cocok untuk dijadikan penghuni aquascape Anda nantinya. Ikan neon tetra ini berasal dari perairan amazon

  • Ikan Cardinal Tetra

Bagi Anda para aquascaper yang mencari ikan yang umurnya panjang, maka ikan jenis ini sangat cocok untuk Anda.Selain itu, ikan ini memiliki warna yang indah dan terang.Pada tubuh bagian bawah ikan cardinal tetra terdapat warna terang. Warna tersebut menjuntai dari sirip  belakang sampai perut ikan cardinal tetra.

 

Yang tidak kalah pentingnya yaitu warna neon terang di tubuh ikan ini yang terletak di atas garis merah.Hal tersebut membuat ikan ini semakin cantik dan banyak diminati oleh para aquascaper.Kelebihan-kelebihan tersebutlah yang membuat harga ikan ini memiliki harga yang sedikit mahal dibandingkan dengan neon tetra lainnya.Ikan ini memiliki panjang 4 cm.

 

Oleh sebab itu, ketika Anda ingin memelihara ikan ini, Anda dianjurkan untuk menyiapkan akuarium yang cukup besar.Selain itu, Anda juga dianjurkan untuk memelihara 10-15 ekor cardinal tetra dalam satu akuarium.Hal tersebut dikarenakan ikan ini menyukai hidup yang bergerombol.

 

  • Ikan Rainbow

Ikan rainbow merupakan ikan hias tawar yang berasal dari Papua.Ikan ini memiliki warna pelangi pada tubuhnya.Setengah tubuh pada bagian belakang ikan rainbow memiliki warna orange cerah.Sedangkan setengah tubuh pada bagian depannya memiliki warna biru silver.Ikan rainbow sendiri terkenal sebagai jenis ikan hias yang kuat dan cocok untuk aquascape.

 

Hal tersebut dikarenakan ikan rainbow dapat hidup dalam lingkungan pH rendah.Hal ini biasanya berhubungan dengan injeksi CO2. Selain itu juga berhubungan dengan subtract yang Anda gunakan dalam pembuatan aquascape. Kecantikan dan keindahan dari ikan hias inilah membuat ikan rainbow menjadi salah satu jenis ikan yang cocok menjadi salah satu penghuni aquascape.

 

Harga ikan rainbow sendiri untuk saat ini masih bisa dijangkau oleh para aquascaper.Harga ikan ini beraneka ragam.Harga tersebut berdasarkan bentuk serta warnanya yang berubah dari setiap anakan ikan rainbow muncul yang terbaru. Jenis ikan rainbow yang populer yaitu drawf neon rainbow, theardfin rainbow, dan blue spotted eye.

  • Ikan Discus

Ikan yang kuat dan cocok untuk aquascape dan tidak kalah menarik dari yang lainnya ialah ikan discus.Ikan discus ini berasal dari perairan amazon dan memiliki warna yang cerah. Ikan ini memiliki warna putih belang orange yang akan menambah warna tersendiri. Ikan discus sendiri terkenal sebagai jenis ikan hias yang kuat dan cocoj untuk aquascape.

 

Hal tersebut dikarenakan ikan discus dapat hidup dan lebih menyukai hidup dalam lingkungan pH rendah.Lingkungan tersebut hampir sama dengan aquascape yang diinjeksi CO2. Jadi, Anda tidak perlu khawatir ikan ini akan mati pada pH yang rendah. Ikan ini juga dapat berbaur dengan ikan aquascaper jenis lainnya.

Itulah beberapa jenis ikan aquascape yang kuat yang dapat Anda pelihara dalam aquascape Anda.selain ikan-ikan hias diatas, Anda juga memelihara jenis ikan aquascape yang tidak kalah kuat dari ikan diatas. Seperti manfish, congor tetra, sarpae tetra, line torpedo barb dan lain sebagainya.Anda juga harus rajin membersihkan aquascape Anda agar ikan Anda dapat berumur panjang.

Anda juga dapat memelihara ikan aquascape yang memiliki kemampuan memakan lumut.Hal tersebut tentunya dapat membantu Anda dalam menjaga kebersihan aquascape.Buatlah aquascape yang indah dan menarik.Tuangkan ide-ide kreatif yang terdapat dalam otak Anda ketika Anda membuat dunia aquascape Anda sendiri agar nantinya memiliki hasil akhir yang memuaskan.