Home » Uncategorized » Informasi Ringkas Tentang Kendari, Ibukota Sulawesi Tenggara

Informasi Ringkas Tentang Kendari, Ibukota Sulawesi Tenggara

Kendari merupakan ibu kota Sulawesi Tenggara. Kota ini mempunyai luas 29.000 Ha, dan penduduknya sekitar 359.371 jiwa (2017).

Batas Wilayah

Kota Kendari terletak di jazirah tenggara dari pulau Sulawesi yang memiliki batas wilayah sebagai berikut :

–          Utara : kabupaten Konawe dan Kecamatan Soropia

–          Barat : Kecamatan Sampara dan Kabupaten Konawe Selatan, Kecamatan Ranomeeto,

–          Selatan : kabupaten Konawe selatan,  kecamatan Konda, dan Kecamatan Moramo,

–          Timur : berbatasan dengan laut banda

 

Pimpinan WIlayah

Kota Kendari dipimpin oleh seorang walikota dalam melaksanakan tugasnya dibantu oleh sekretaris wilayah kota yang membawahi beberapa asisten, Inspektorat Wilayah Daerah dan Badan Perencana Pembangunan Daerah serta dibantu oleh berbagai instansi Dinas yang mempunyai tugas berbeda.

Jumlah Kecamatan

Kota Kendari terdapat 10 kecamatan dan ada sebanyak 64 kelurahan di dalamnya. Kecamatan tersebut yaitu Kecamatan Abeli, kecamatan Baruga, kecamatan kendari, kecamatan poasia, kecamatan Kadia, kecamatan Wua-Wua, kecamatan kambu serta kecamatan puwatu.

Pertumbuhan Penduduk

Untuk laju pertumbuhan penduduknya kecamatan Baruga, kecamatan Abeli, kecamatan poasia,berada diatas laju pertumbuhan penduduk lainnya. Sedangkan kecamatan lainnya dibawah laju pertumbuhan penduduk.

 

Pada tahun 2005, persebaran penduduk yaitu sekitar 33.06 persen dari jumlah penduduk. Untuk usia dibawah 15 tahun ada 74. 783 jiwa. Berdasarkan jenis kelamin registrasi penduduk pada tahun 2005 ada sekitar 220.056 terbagi kedalam 48,93% laki-laki atau sekitar 110.615 jiwa. Sedangkan untuk perempuan 52.11% atau sekitar 115.441 jiwa.

Sekolah dan Perguruan Tinggi

Untuk sekolah yang ada di Kendari mulai dari SD sampai Perguruan Tinggi tersedia di sini. Pada tahun 2005/2006 tercatat ada 6 unit perguruan tinggi negeri. Perguruan tinggi ini dapat menampung sekitar 14.628 mahasiswa pada semester ganjil dan 14.020 mahasiswa pada semester genap. Untuk dosen baik swasta maupun negeri berjumlah 1.386.

Kepercayaan

Mayoritas penduduk di Kendari beragama Islam. Terbukti dengan banyaknya masjid yang ada disini. Tercatat ada 225 masjid dan 27 mushola. Gereja katoliknya ada 3,sedangkan untuk gereja protestan tercatat ada 15. Selain itu di kendari juga terdapat penganut budha atau hindu dengan pura/ vihara berjumlah 4.