Home » Uncategorized » Hal-Hal yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Danau Tempe

Hal-Hal yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Danau Tempe

Salah satu provinsi di Indonesia yang mempunyai keindahan alam dengan pesona yang  adalah Sulawesi Selatan. Salah satu yang paling popular dan menyumbang nilai keindahan yang memukau adalah keberadaan  danau bernama unik yakni danau tempe. Danau ini tidak hanya menawarkan pesona alam yang  indah serta air yang jernih saja tetapi dengan mengunjunginya Anda bisa merasakan pengalaman berliburan yang berkesan. Danau Tempe ini mempunyai ukuran yang sangat luas yakni sekitar 13  hektar dan menjadi danau alami terbesar di Sulawesi. Saking luasnya, terdapat tiga wilayan kabupaten yang mengapit danau tersebut yakni ada  kabupaten Sidrap, Soppeng dan Wajo.

Keberadaan Danau Tempe ini tidak hanya  berfungsi sebagai kawasan wisata saja tetapi juga menjadi tempat masyarakat sekitar mencari penghasilan atau bekerja.  Pasalnya didalam Danau Tempe ini terdapat banyak sekali ikan air tawar beragam spesies yang bisa dimanfaatkan masyarakat sekitar untuk mencari penghasilan.  Menariknya lagi, terdapat banyak rumah apung diatas danau yang tentu saja menambah keindahan danau yang satu ini. Untuk melihat secara lebih dekat rumah apung di atas  Danau Tempe ini Anda hanya tinggal menyewa perahu yang disewakan masyarakat sekitar.  Perlu Anda ketahui bahwa untuk masuk ke kawasan danau oini tidak perlu membayar tiket masuk, tetapi ketika Anda ingin berkeliling atau menuju kawasan rumah apung seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, harus  membayar biaya sekitar 50-75 ribu rupiah saja.

Apabila Anda ingin mendapatkan pengalaman yang paling berkesan datang ke Danau Tempe ini, maka pilihlah pada tanggal 23 Agustus. Pasalnya pada setiap waktu tersebut, akan diadakan sebuah ritual upacara adat khusus bernama Ritual Adat Maccera Tappareng. Ritual ini merupakan sebuah upaya yang dipercaya mampu menyucikan kawasan yang ada di sekitar Danau Tempe.  Apabila beruntung pula, Anda bisa menyaksikan langsung adanya paggelaran music tradisional lomba balap perahu tradisonal, pemilihan gadis dan pemuda wajo dan masih banyak lagi. Dijamin Anda bisa mendapatkan pengalaman terbaik datang ke Danau Tempe ini sekaligus foto-foto terbaik dari eksotisnya pemandangan dan juga budaya yang beragam.