Home » Teknologi » Fitur Hp Samsung Yang Ada NFC Dan Keunggulannya

Fitur Hp Samsung Yang Ada NFC Dan Keunggulannya

Samsung menjadi produsen perangkat android terbesar. Produk mereka tersebar di berbagai negara dengan variasi yang sangat banyak. Setiap smartphone memiliki kode dan seri tersendiri. Salah satu yang terbaru adalah Samsung A30. Perangkat ini memiliki desain dan display lumayan besar serta sistem dan spesifikasi yang mumpuni.

Selain, beberapa hp Samsung yang ada NFC tersedia di pasaran untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Teknologi tersebut sudah ada sejak lama dan beberapa produk buatan samsung memilikinya. Untuk mengetahui lebih lanjut NFC dan penggunaan, simak ulasan berikut ini.

Teknologi NFC

Sejak pertama kali diperkenalkan, nfc memiliki potensi untuk membantu kebutuhan dan aktivitas manusia. Secara singkat, ini adalah singkatan dari near field communication atau komunikasi berjarak dekat. Sebuah perangkat yang mempunyai nfc bisa saling terhubung dengan jarak kurang dari 4 meter.

Sekilas, Anda mengira teknologi ini mirip bluetooth atau wireless. Secara konsep, wireless adalah sistem yang paling dekat dengan nfc karena  protokol koneksinya mirip. Anda memiliki dua perangkat nfc misalnya smartphone buatan samsung. Masing-masing dinyalakan lalu akan muncul keterangan untuk terhubung.

Akan tetapi, nfc bukan bluetooth yang bisa transfer file dengan jumlah besar. Teknologi ini hanya sebatas untuk komunikasi dan bertukar data dengan enkripsi khusus. Contoh yang mudah adalah Anda ingin membuka dokumen lalu menggunakan nfc untuk mendapatkan kunci. Cara ini mirip dengan barcode dimana harus scanning dulu sehingga memperoleh akses.

Nfc adalah versi canggih dari wireless dan barcode untuk identifikasi, komunikasi, enkripsi, dan pertukaran data. Teknologi ini lalu berkembang sehingga bisa dipakai untuk pembayaran digital. Ketika Anda membeli sesuai di merchant, meja kasir memiliki mesin khusus untuk menerima transfer dari nfcc. Anda dekatkan smartphone ke mesin tersebut lalu terjadi transfer uang dari dompet digital di perangkat ke mesin.

Ini adalah cara kerja nfc yang sudah diterapkan di berbagai perangkat terutama smartphone. Anda tidak perlu scan barcode atau membayar manual. Nfc memudahkan transaksi. Untuk menunjang fitur ini, smartphone membutuhkan aplikasi dompet digital. Khusus untuk smartphone buatan samsung, pengguna akan mendapatkan versi e-money yang dapat di top-up dengan kartu kredit.

Dengan cara ini, Anda seolah memiliki uang di dompet tetapi tersedia pada aplikasi mobile di smartphone. Ketika ingin membayar sesuatu, aktifkan nfc dan dekatkan ke mesin pembayaran. Selain itu, Anda juga dapat mengirim uang dari satu hp ke hp lain dengan cara tersebut. Prinsipnya mirip barcode hanya lebih canggih, cepat, dan aman.

Lebih Lanjut Tentang NFC

Apakah transaksi dengan nfc aman? Pertanyaan ini sering muncul dari mereka yang belum pernah menggunakan teknologi tersebut. Perlu Anda ketahui, perusahaan besar seperti Samsung sudah memperhitungkan segalanya. Mereka tidak akan memberi fitur yang tidak berguna bahkan berbahaya.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, nfc bukan teknologi baru sebab sudah ada sejak tahun 2010an meskipun dengan nama berbeda. Sistem ini berawal dari QR code dan barcode lalu dibuat lebih sederhana dan aman. Selain itu, penggunaan nfc tidak perlu lagi scanning karena dua perangkat saling berbagi protokol ketika ingin bertukar data.

Untuk menggunakan teknologi, Anda perlu memiliki smartphone yang memang sudah memiliki fitur tersebut. Sebelum membeli, cek spesifikasi terutama nfc. Fitur ini tersedia di bagian setting dan search dengan mengetik nfc. Apabila muncul, smartphone sudah dipastikan memiliki teknologi yang dimaksud.

Namun, nfc bukan sesuatu yang bisa di install atau ditambah pada smartphone. Jika produk samsung Anda tidak memilikinya, sudah pasti Anda tidak akan dapat menggunakan nfc untuk kebutuhan pembayaran digital. Solusinya adalah membeli perangkat baru.

Nfc bukan sebuah aplikasi karena menggunakan konfigurasi hardware dan sistem khusus. Inilah yang membuat Anda perlu memeriksa langsung terutama spesifikasi lengkap. Beberapa produk smartphone samsung kelas atas dan premium sudah dilengkapi dengan fitur tersebut.

Pertanyaan menarik terkait teknologi ini adalah apakah penting atau hanya sebatas gimmick untuk menaikkan harga. Anda harus memperhatikan sekitar terutama sistem pembayaran. Di negara maju seperti jepang, semua smartphone memakai nfc. Sistem pembayaran mereka tidak lagi tunai karena sudah beralih ke non tunai secara penuh.

Di sisi lain, negara-negara berkembang memiliki ketimpangan adopsi teknologi. Pengguna smartphone masih bingung apa itu nfc. Untuk pembayaran non tunai, mereka memakai transfer bank dan dompet digital. Keduanya memiliki pro dan kontra.

Apakah smartphone dengan nfc sangat worth? Jawabannya adalah benar. Teknologi berkembang dan sistem semakin canggih. Anda sebaiknya siap dengan fitur yang memang dibutuhkan di masa depan. Pembayaran nfc membuat transaksi lebih aman dan terjamin. Selain itu, pengguna tidak perlu lagi membawa uang tunai dimana akan mengundang risiko.

Agar nfc bisa aktif, pastikan setting telah sesuai. Fitur ini harus dikonfigurasikan terlebih dahulu terutama dengan Samsung pay. Ini adalah dompet digital khusus untuk perangkat buatan Samsung. Anda dapat membayar apapun dengan nfc secara langsung atau online untuk membeli produk yang diinginkan. Jadi, hp Samsung yang ada NFC memiliki banyak kegunaan.