Home » Uncategorized » Fakta Bayi Bisa Meninggal Setelah Imunisasi

Fakta Bayi Bisa Meninggal Setelah Imunisasi

Di masa perkembangannya bayi akan memperoleh perawatan serta perlakuan medis tertentu supaya bisa mencegah kondisi masalah kesehatan seperti masalah tumbuh kembang anak atau bayi. Supaya menjaga bayi tidak alami masalah pada tumbuh kembangnya ibu memiliki tanggung jawab saat merawat bayi dan memastikan tindakan medis bayi bisa terlaksanakan dengan benar. Saat perawatannya bayi berhak mendapatkan manfaat asi yang menjadi makanan alami utamanya yang bisa dicerna dari bayi hingga umur 6 bulan.

Bentuk perlakuan medis lain yang bisa diberikan kepada bayi yaitu imunisasi. Imunisasi atau biasa dinamakan dengan vaksinasi ini merupakan pemberian vaksin dalam tubuh seseorang supaya bisa memberi kekebalan terhadap penyakit. Ini akan berguna bagi bayi nanti saat sudah berumur dewasa.

Imunisasi sampai kini menjadi kontroversi dan masih dalam perdebatan pro atau kontra sebab tindakan ini perlu dilakukan atau tidak. Sebab ada beberapa kasus bayi meninggal setelah diberikan vaksin. Penyebab bayi meninggal setelah imunisasi juga harus diketahui oleh para orang tua khususnya.

Penyebab bayi meninggal setelah imunisasi

  1.       Alergi

Penyebab pertama ini bisa membuat bayi bisa meninggal usia melakukan imunisasi. Ada beberapa bayi yang bisa mengalami alergi hebat terhadap zat yang telah disuntikkan ke dalam tubuhnya itu. Keadaan serangan reaksi alergi yang kuat ini bisa mengakibatkan terjadinya syok terhadap bayi dan jika tidak dilakukan pertolongan maka nyawa bayi tidak bisa diselamatkan. Sebaiknya para orang tua memberi tahu bila bayinya mempunyai riwayat alergi dengan jelas sebelum melakukan imunisasi.

  1.       Demam tinggi

Sejauh ini sebetulnya efek samping yang ditimbulkan oleh pemberian imunisasi pada bayi umumnya berupa nyeri yang ada pada daerah sekitar suntikan lalu disertai dengan demam. Ada berapa kasus demam yang dialami bayi sesudah melakukan imunisasi bisa terjadi dengan tingkt suhu tinggi sehingga mengakibatkan bayi alami kematian. Keadaan demam yang tinggi tersebut perlu didiagnosis lebih dulu secara medis apa penyebab utama merupakan pemberian vaksin atau karenan penyebab penyerta yang lainnya.

  1.       Penyakit bawaan

Keadaan lain yang juga bisa menyebabkan bayi meninggal usai imunisasi yaitu adanya penyakit yang sebetulnya sudah cukup lama dia derita tetapi baru mengalami keparahan usai dilakukan proses imunisasi. Dalam kasus kematian bayi nyatanya meninggal bukan disebabkan oleh vaksin secara langsung tetapi disebabkan oleh adanya peradangan yang terjadi di otak yang memang bisa mengakibatkan kematian.