Home » Home Decor » 13 Inovasi Desain Taman Minimalis

13 Inovasi Desain Taman Minimalis

Mendesain taman minimalis adalah hal yang menantang, apalagi lahan yang akan digunakan sebagai taman sangat kecil dan terbatas. Perlu inovasi dan kreatifitas agar taman minimalis terlihat lebih lapang dan indah.

Untuk mulai mendesain taman minimalis, kamu bisa mempertimbangkan aspek-aspek dasar, seperti bentuk taman, teman taman, formasi bunga dan tumbuhan lain, dan masih banyak lagi. Hal ini harus diperhatikan agar kamu mudah ketika mendesainnya.

Nah berikut ini akan kami jelaskan beberapa desain unik dan cantik untuk taman minimalis yang bisa kamu praktekkan di rumah yang dikutip dari https://www.dijabodetabek.id/.

1.        Siasati Taman Dengan Tata Letak Pot Semen Minimalis

Pixabay.com

Menanam bunga atau tumbuhan dengan menggunakan pot biasa seringkali menjadikan taman terlihat berantakan. Hal ini karena penempatan pot tidak sesuai atau ukuran pot yang berbeda-beda.

Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan pot semen minimalis. Dengan begitu, kamu bisa menanam bunga dan tanaman secara berjajar dan akan terlihat lebih rapi dan ringkas.

2.        Taman Minimalis Sudut Teras

Bagi kamu yang tidak memiliki ruang atau lahan kosong, tentu saja kamu masih bisa menciptakan taman minimalis. Manfaatkanlah sudut terah di rumah kamu dan kemudian sulap menjadi taman minimalis yang eksotik.

Kamu bisa menaruh berbagai macam bunga warna-warni dengan susunan yang apik. Meskipun sangat minim, tapi taman ini mampu menambah keindahan rumah kamu.

3.        Taman Minimalis Tangga Teras

Jika kamu memiliki tangga di halaman rumah, kamu bisa mengambil space paling tidak sebagiannya untuk kamu disulap menjadi taman minimalis. Selain akan memperindah halaman rumah kamu, taman minimalis ini juga bisa dimanfaatkan untuk menghindari banjir.

Tanamlah rumput teki dan beberapa tanaman sedang yang cocok untuk taman minimalis di halaman rumah.

4.        Desain Taman Minimalis Menyatu Dengan Alam

Membuat taman minimalis agar menyatu dengan alam tentu menjadi tantangan tersendiri. Untuk desain ini, kamu bisa menyatukan elemen-elemen alam yang ada di bumi, seperti tanah, air, api, dan udara.

Desain ini akan membuat taman minimalis kamu tampak modern dan menakjubkan. Keempat elemen alam tersebut bisa kamu tunjukkan melalui warna furniture teras, dinding taman, dan pemilihan taman di ruang terbuka.

5.        Taman Minimalis Sederhana

Konsep asli dari taman minimalis adalah sederhana, namun tetap dapat dinikmati keindahannya. Karena itulah, kamu bisa mendesain taman minimalis kamu dengan gaya sederhana namun tetap elegan.

6.        Desain Taman Minimalis Vertikal

Jika kamu tidak memiliki lahan datar dan kosong untuk membuat taman minimalis, kamu bisa mencoba menciptakan taman dengan gaya vertikal. Pasanglah beberapa penyangga di dinding untuk menaruh pot bunga.

Kamu juga bisa memilih tanaman yang tumbuh dengan merambat, sehingga nantinya dinding akan dihiasi dengan tanaman merambat yang keren.

7.        Taman Minimalis Perpaduan Perabot Vertikal

Tidak hanya taman saja yang bisa dibuat dengan gaya vertikal, kamu juga bisa menambahkan perabot pelengkap pada taman minimalis dengan posisi vertikal, misalnya sofa.

Cara ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki lahan sempit tetapi ingin bersantai di atas sofa sambil menikmati tanaman bunga yang indah.

8.        Taman Minimalis Kombinasi Pot Unik

Mungkin kamu kerepotan ketika harus merawat tanaman di atas tanah gembur. Alternatifnya, kamu bisa menggunakan beragam pot unik untuk menanam bunga.

Tatalah pot-pot tersebut secara rapi agar taman terlihat lebih ringkas dan tidak berantakan. Dengan begitu, kamu akan betah berlama-lama di taman.

9.        Taman Minimalis Dengan Elemen Pohon Buah Dan Bunga

Salah satu inovasi desain taman minimalis adalah membuat rak yang dibentuk seperti kerangka pohon. Buatlah ring di beberapa ranting untuk menaruh pot-pot bunga. Dengan begitu, kesan yang muncul adalah pohon berbuah pot bunga.

Elemen ini sangat cocok untuk desain taman minimalis vertikal. Kamu bisa memanfaatkan ide ini untuk memperindah taman minimalis vertikal.

10.    Desain Taman Minimalis Dinding 3D

Sebenarnya, desain ini cenderung mengarah pada imajinasi melukis dinding agar terlihat seperti taman. Setelah kamu melukis dinding dengan kualitas 3D, kamu bisa menambahkan beberapa bunga atau tumbuhan lain sebagai pelengkapnya.

11.    Desain Taman Minimalis Di Dalam Rumah

Pixabay.com

Jika kamu bosan dengan taman outdoor, kamu bisa mencoba membuat taman minimalis indoor. Tanamlah beberapa tumbuhan yang tahan dengan udara dalam rumah agar tidak cepat layu atau mati.

Kamu juga bisa memilih ruang yang dekat dengan jendela kaca untuk membuat taman minimalis indoor. Dengan begitu, tanaman akan tetap disuplai sinar matahari dan udara yang pas layaknya di taman outdoor.

12.    Taman Minimalis Bawah Tangga

Salah satu spasi yang cocok untuk dijadikan sebuah taman minimalis adalah ruang bawah tangga. Daripada bawah tangga kosong, lebih baik kamu jadikan taman minimalis dengan tumbuhan perbuatan sebagai pelengkapnya. Pasang lampu taman agar terlihat lebih menarik.

13.    Taman Minimalis Kombinasi Cermin

Mengkombinasikan cermin di taman minimalis akan memberikan kesan taman tersebut terlihat lebih lapang dan luas. Jadi, kamu tidak perlu khawatir jika taman kamu terlihat sangat sempit. Pasang saja cermin di bagian pinggir taman untuk memperluas taman minimalis kamu.