Home » Uncategorized » Danau Hijau, Destinasi Wisata Unggulan di Sungai Rumbai Dharmasraya

Danau Hijau, Destinasi Wisata Unggulan di Sungai Rumbai Dharmasraya

Sungai Rumbai adalah sebuah kecamatan yang ada di kawasan Dharmasraya, Sumatera Barat. Sama halnya dengan daerah lainnya, daerah Dharmasraya juga merupakan suatu tempat yang memiliki ciri khas tertendiri. Di daerah ini terkenal akan hamparan ladang sawit yang dikelola oleh pihak terkait. Selain itu juga terdapat destinasi wisata unggulan yang layak dicoba. Tempat wisata tersebut adalah Danau Hijau. Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Destinasi Wisata Unggulan Berupa Danau

Tidak sedikit tempat wisata yang ada di salah satu kecamatan yang ada di kawasan Dharmasraya. Salah satunya adalah danau nan indah yang satu ini. Saat pertama kali datang, pengunjung akan dihadapkan dengan pemandangan bernuansa hijau yang menyejukkan mata. Terdapat banyak pengunjung yang datang ke lokasi wisata andalan dari kawasan ini.

Jika berkunjung ke kawasan ini, Anda dapat menemui beragam spot foto yang menarik di dalamnya. Spot foto tersebut juga sangat tepat dipilih untuk ajang selfie dan juga untuk kegiatan berfoto bersama. Kenangan di tanah Sumatera pun terekam indah pada foto yang diambil. Tak ayal karena banyaknya lokasi foto yang Instagramable, banyak pula remaja yang berlibur di danau yang satu ini.

Awal Mula Terbentuknya Danau nan Indah Ini

Terdapat cerita tersendiri dari Danau Hijau yang ada Sumatera tersebut. Awal mula munculnya danau ini juga berkaitan dengan kegiatan penambangan batu bara yang ada di kawasan itu. Karena penambangan batu bara yang mulai terhenti dalam waktu yang cukup lama itulah yang membuat munculnya danau ini. Jika diperhatikan, Danau Hijau ini juga memiliki kemiripan dengan Danau Biru yang ada di Kota Sawahlunto.

Karena Danau Biru tersebut juga diketahui terbentuk karena penambangan batu bara yang pernah dilakukan sebelumnya. Tentu saja, pada zaman dahulu penambangan tersebut sangat aktif dijalankan oleh pihak pihak yang ada. Namun seiring berjalannya waktu, saat ini danau tersebut menjdai destinasi wisata favorit saat berkunjung di kecamatan yang ada di kawasan Dharmasraya ini.

Rute untuk Menuju ke Danau Hijau

Bagi Anda yang hendak menuju ke tempat ini, maka akan membutuhkan waktu kurang lebih selam 2 jam jika berangkat dari Dharmasraya. Kecamatan dimana letak dari danau ini juga merupakan area perbatasan dari dua buah daerah, yaitu Sumatera Barat dengan Jambi. Jika berangkat dari Sungai Rumbai, Anda akan melewati Blok D Sitiung 4 lalu masuk ke Desa Pangean untuk sampai ke lokasi dari danau nan indah ini.

Terdapat salah satu destinasi wisata andalan di kawasan Dharmasraya. Uniknya danau ini terbentuk karena kegiatan pertambangan batu bara yang dilakukan di masa yang lalu. Wajah dari tempat tersebut pun berubah menjdai danau cantik saat pertambangan tidak lagi dilakukan. Hingga saat ini, terdapat banyak wisatawan yang datang ke lokasi danaiu yang ada. Baik untuk mencari ketenangan maupunĀ  berburu spot foto yang sayang jika dilewatkan.