Home » Uncategorized » Daftar Penyakit Bayi Baru Lahir yang Perlu Diketahui

Daftar Penyakit Bayi Baru Lahir yang Perlu Diketahui

Orang tua mengharapkan anaknya terlahir sehat dan tanpa cacat. Sayangnya, orang tua seringkali tidak bisa mengontrol kesehatan bayi yang baru lahir. Agar bisa tahu apa saja yang bisa menghinggapi kesehatan anak, orang tua perlu tahu daftar penyakit bayi baru lahir berikut ini.

Penyakit Pada Bayi Baru Lahir

Berikut daftarnya untuk para Bunda ketahui.

  • Mata Kuning

Penyakit umum yang kerap kali ada pada bayi baru lahir adalah mata kuning. Mata pada bayi terlihat tidak putih dan cenderung menguning karena kandungan bilirubin yang terlalu banyak pada tubuh bayi. Kondisi ini bisa terjadi jika bayi lahir dari rahim ibu yang kurang sehat, indikasi Hepatitis B, atau kekurangan oksigen. Dokter biasanya akan mengambil tindakan medis dengan menyuntikkan substansi penyeimbang bilirubin dalam alieah darah si kecil.

  • Hipoksia

Kondisi lain yang juga tidak kalah sering terjadi pada bayi baru lahir adalah hipoksia. Hipoksia merupakan keadaan dimana kadar oksigen dalam tubuh dibawah normal. Ciri-ciri nya bisa dengan tubuh yang menggigil dan dingin, bibir yang membiru, serta kesulitan bernapas. Kondisi ini bisa disebabkan oleh paru-paru yang kurang mengembang terutama pada bayi yang tidak langsung menangis saat lahir. Dokter akan memasukkan bayi ke tabung inkubasi beroksigen untuk mengembalikan kadar oksigen dalam tubuh bayi.

  • Ruam dan Biang Keringat

Kulit bayi sangat sensitif sehingga tidak sembarang orang boleh menyentuhnya. Dalam kasus tertentu ketika kulit bayi yang sensitif tersentuh oleh tangan yang kurang higienis, maka ruam biasanya akan bermunculan mulai dari wajah hingga seluruh tubuh. Selain itu, bayi juga bisa mengalami biang keringat yang muncul karena infeksi jamur atau bakteri akibat udara yang terlalu lembab dan panas. Kondisi ini umumnya cepat bisa sembuh dan tidak terlalu berbahaya.

Langkah Pencegahan

Selalu usahakan untuk menjaga kesehatan selama masih mengandung sehingga saat bayi lahir tidak membawa penyakit bayi baru lahir yang berkembang saat di dalam kandungan. Berikan pertolongan pertama untuk kasus mata kuning dan hipoksia, serta pastikan selalu higienis saat menyentuh bayi. Semoga bermanfaat.