Home » Uncategorized » Ciri Ciri Bayi Prematur Sehat

Ciri Ciri Bayi Prematur Sehat

Sebelum kita menginjak pada bayi yang lahir premature alangkah baiknya kita mengerti apa yang di maksut dari bayi prematur. Bayi premature adalah bayi yang lahi lebih awal dari pada umumnya (9 bulan atau 40 minggu). Bayi premature biasanya memiliki karakteristi sendiri, bayi lebih mungi;l dan ukuran beratanya lebih ringan, banyak rambut halus, dan biasanya memiliki gangguan pada saluran pernapasan. Setelah anda mengerti apa yang di maksut bayi premature barulah kita melihat apakah bayi yang lahir premature tersebut sehat atau tidak. Adapun ciri-ciri bayi lahir premature adalah sebagai berikut:

  1. Tinggi dan berat badan bertambah

Pada umumny bayi yang sehat akan mengalami perkembangan dan pertumbuhan, baik dari keadan otak ataupun yang secara fisik. Salah satu tanda yang mudah dideteksi adalah bertambahnya berat badan dan tinggi badan bayi.

  1. Bayi senyum dak berinteraksi

Bayi yang berusia 2-3 bulan pada umumnya sudah bisa berinteraksi dengan orang dsekitarnya, baik dari kontak mata maupun senyum renyahnya. Ketika bayi di ajak berinteraksi dan menaggapi dengan senyuman itu menandakan bahwa ibu memiliki bayi sehat.

  1. Tidur bayi nyenyak

Ciri-ciri bayi premature sehat selanjutnya adalah yang berkaitan dengan kwalitas tidur bayi. Bayi yang sehat memiliki jam tidur 13-16 jam selama sehari, Apabila bayi rewel itu menunjukan bahwa bayi sedang dalam kondisi tidak baik. Bayi yang sehat pasti tidurnya sangat nyenyak dan mudah untuk tidur.

  1. Sering ganti popok

Perlu diketahui oleh ibu bahwa sering menggati popo bayi adalah salah satu tanda bahwa bayi ibu sehat, minimal menggati popok bayi dalam sehari 10 kali untuk usia bayi 1-5 bulan, sedangkan untuk bayi yang berusia 6 bulan biasanya ganti popo 8 kali dalalm sehari.

Bayi yang popoknya sering basah menunjukan bahwa bayi dalam kondisi sehat dan mendapatkan asupan ASI (Air Susu Ibu) yang cukup.

 

  1. Bayi sering menyusu

Ciri-ciri bayi premature sehat yang terahir adalah bayi ibu sering minta minum susu. Normalnya bayi akan minum susu 8-16  kali selama sehari, dengan bertambahnya usia bayi frekuensi menyusu akan berkurang dengan sendirimnya.tidak usah khawatir jika bayi minum ASI terlalu sering karena ASI lebih mudah di cerna ketimbang susu formula.