Home » Home Decor » Ini Dia Ciri-ciri Apartemen di Makassar yang Layak Huni

Ini Dia Ciri-ciri Apartemen di Makassar yang Layak Huni

Apartemen merupakan solusi hunian modern di kota-kota besar, seperti halnya di Makassar yang notabene menjadi salah satu kota metropolitan di Indonesia. Perkembangan apartemen begitu pesat dalam satu dekade terakhir. Tentu saja pilihannya pun begitu beragam.

Banyaknya opsi model apartemen dengan harga bervariasi membuat calon konsumen harus teliti. Konsumen harus tahu apa saja ciri-ciri apartemen di Makassar yang layak huni. Berikut ini ulasan selengkapnya untuk ciri-ciri apartemen yang bagus dan nyaman untuk ditempati.

Ciri-Ciri Apartemen di Makassar Layak Huni

Pixabay.com

Apartemen mengusung konsep penataan ruang semaksimal mungkin. Keterbatasan lahan membuat desain bangunan bertingkat ini begitu unik. Lantas, bagaimana ciri-ciri apartemen yang layak sebagai hunian sekaligus sarana investasi properti? Ini dia ulasannya.

  1. Berlokasi Strategis

Apartemen layak huni biasanya berlokasi di tengah kota. Tujuannya agar mobilitas para penghuninya lebih mudah. Karena lokasinya strategis, penghuni apartemen tidak akan kesulitan mengakses transportasi. Selain itu, tidak butuh waktu terlalu lama untuk mencapai tempat-tempat umum, seperti rumah sakit, restoran, tempat rekreasi, hingga sekolah.

  1. Unitnya Sudah Banyak Terisi

Apartemen yang menarik untuk dihuni adalah yang unit-untinya sudah dimukimi oleh banyak orang. Tentu tidak akan terlalu nyaman apabila tinggal di apartemen yang terlampau sepi. Alasan keamanan merupakan faktor utamanya. Kondisi hunian apartemen yang sudah banyak terisi akan membuat Anda lebih tenang dan tenteram.

  1. Fasilitas Lengkap

Ciri-ciri lain apartemen di Makasar yang layak huni adalah yang menyediakan fasilitas lengkap, mulai dari sarana pokok hingga hiburan. Biasanya pengembang apartemen akan menyediakan sejumlah fasilitas, seperti:

  • Supermarket atau minimarket
  • Restoran atau food court
  • Layanan kesehatan
  • Sarana olahraga
  • Kolam renang
  • Lahan parkir luas
  • Keamanan lengkap
  1. Hemat Waktu

Masyarakat modern mempertimbangkan untuk memilih apartemen karena alasan kepraktisan. Hemat waktu ke mana pun kerap dijanjikan pengembang apartemen kepada calon konsumennya. Sebagian besar hunian vertikal ini memang berada di area strategis.

Tentu saja hal ini menjadi nilai plus tersendiri. Bagi Anda yang hendak mencari apartemen di Makassar, pilih hunian yang lokasinya strategis dan memudahkan Anda bepergian ke mana pun.

  1. Sistem Keamanan Memadai

Selain aksesnya yang memudahkan, apartemen di Makassar yang layak huni juga harus memenuhi standar keamanan. Anda harus mencermati sistem keamanan sebelum membeli hunian vertikal ini.

Apartemen yang unggul biasanya dilengkapi dengan sistem keamanan memadai, Mulai dari CCTV, staf keamanan yang berjaga 24 jam, penguncian unit, access card, hingga adanya nomer PIN untuk memudahkan penghuninya dalam mengamankan unit apartemennya.

  1. Cocok Sebagai Objek Investasi Masa Depan

Hunian susun ini merupakan salah satu jenis properti yang diminati sebagai objek investasi. Nilainya terus meningkat seiring berjalannya waktu. Pemilik dapat menempatinya sebagai tempat tinggal pribadi maupun menyewakannya. Harga sewa apartemen ini juga dapat meningkat dari waktu ke waktu mengikuti harga pasar.

Jenis-jenis Apartemen Berdasarkan Bentuk Massa Bangunan

Pixabay.com

Selain mengetahui ciri-ciri apartemen layak huni, ada baiknya Anda juga mengenal jenis-jenis apartemen. Berdasarkan bentuk massa bangunan, apartemen dapat diklasifikasikan menjadi tiga jenis. Anda dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan besaran tempat tinggal. Ini dia penjelasannya.

  1. Slab

Apartemen slab memiliki tinggi dan lebar bangunan yang dimensinya sebanding. Tak heran jika bentuknya proporsional berupa kotak yang pipih. Biasanya koridor yang ada pada apartemen satu ini dibuat memanjang dengan unit-unit huniannya di salah satu atau kedua sisi koridor.

  1. Tower

Apartemen tower memiliki lebar dan panjang bangunan yang lebih kecil dibandingkan ketinggiannya. Jadi, bentuk bangunannya mirip seperti tiang. Umumnya apartemen tower terdiri atas 20 lantai. Sistem sirkulasinya menggunakan core.

  1. Single Tower

Single tower merupakan jenis apartemen yang memiliki satu massa bangunan. Core yang ada di bangunan tersebut berada di tengah dengan ruang koridor yang diminimalkan. Unit-unit bangunanya berdekatan dengan tangga dan lift. Berdasarkan bentuk massanya, jenis apartemen ini juga bisa dibedakan menjadi tower plan, expanded tower plan, cross plan, five wing plan, serta circular plan.

  1. Multi Tower

Jenis apartemen ini memiliki lebih dari satu massa bangunan. Massa bangunan yang jumlahnya lebih dari satu ini terhubung satu sama lain. Penghubungnya juga bisa hanya dengan pedestrian saja.

Apabila bangunan memiliki perantara antar massa, penghubung tersebut akan diletakkan di tengah dengan massa lainnya yang saling mengelilingi. Lift dan tangga bisa juga diletakkan sebagai penghubung massa.

Apartemen dapat dikategorikan sebagai sarana ideal untuk investasi properti. Pastikan Anda memilih hunian susun yang tepat dari pengembang terpercaya, serta jangan lupa, sesuaikan dengan kebutuhan. Semoga bermanfaat.