Home » Budidaya » Cara Tanam Cabe Agar Hasilnya Lebih Produktif

Cara Tanam Cabe Agar Hasilnya Lebih Produktif

 

Banyak sekali pilihan cara tanam cabe di rumah yang bisa dipilih. Tanaman cabe sendiri termasuk jenis tanaman yang mudah dibudidayakan. Oleh sebab itu di pedesaan cabe termasuk jenis tanaman yang sering di temui di pekarangan rumah warga.

Namun sebenarnya di kota-kota besar pun cabe bisa tumbuh baik. Masalahnya terkadang keinginan untuk menanam cabe terhambat oleh tempat. Ketersediaan sisa lahan yang ada sangatlah sempit. Takutnya jika dipaksakan untuk ditanami cabe, justru akan membuat pekarangan rumah tampak sesak.

Tetapi sebenarnya semua itu harusnya tidak dijadikan sebagai penghalang. Sebab cukup banyak teknik tanam cabai yang bisa dipilih. Mulai dari teknik hydroponic, ditanam di dalam pot atau polybag, bahkan Anda pun bisa memanfaatkan botol plastik bekas sebagai media tanamnya.

Cara Memilih Bibit Cabai yang Berkualitas

Apapun jenis tanaman yang ingin ditanam, semuanya harus dimulai dengan pemilihan bibit tanaman. Dan semakin baik bibit tersebut, akan sangat berpengaruh terhadap tanaman kedepannya. Hal seperti ini tentunya berlaku juga untuk tanaman cabai.

Sebelum menanam cabe, hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih bibit cabe yang berkualitas. Permasalahannya tidak semua orang tahu apakah bibit tersebut berkualitas ataukah tidak.

Nah, untuk menghasilkan bibit cabe yang berkualitas sebenarnya mudah sekali. Sebab Anda tinggal memilih cabe yang masih segar. Setelah itu tinggal dikupas dan ambil bijinya. Namun jangan langsung Anda semaikan. Tetapi jemur terlebih dahulu hingga kering.

Cara yang Benar dalam Menyemai Bibit Cabe

Sambil menunggu biji cabe kering, siapkan media untuk penyemaiannya. Nah, untuk memudahkan, Anda bisa memilih polybag. Langsung saja isi polybag tadi dengan tanah. Jangan lupa juga untuk mencampurnya dengan pupuk.

Setelah biji cabe yang Anda jemur tadi kering, langsung saja masukkan pada polybag. Ingat untuk tidak lupa menyiraminya setiap hari. Tujuannya sudah pasti agar bibit cabe cepat tumbuh dengan optimal. Setelah tumbuh, tunggu bibit cabe hingga empat minggu. Barulah bibit cabe bisa ditanam.

Cara Penanaman Cabe

Banyak yang masih kurang tepat saat menanam bibit cabe. Setelah bibit cabe yang disemaikan tumbuh, banyak yang tergesa-gesa menanamnya. Mereka tidak menunggunya terlebih dahulu hingga bibit cabe berumur empat minggu.

Cara tanam cabe seperti memang tidak salah. Tetapi bisa dikatakan kurang baik. Pasalnya bibit cabe baiknya ditanaman minimal berumur empat minggu. Nah, setelah bibit cabe yang disemai tadi berumur empat minggu, tandanya siap untuk ditanam pada media yang sudah Anda persiapkan sebelumnya.

Hal penting lain yang harus diperhatikan adalah gemburkan tanah yang akan ditanami cabe. Jangan lupa juga untuk memberinya pupuk. Kemudian jangan asal-asalan saat melepaskan bibit cabe dari media penyemaian. Jika dilepas secara asal-asalan takutnya akar tanaman cabe akan rusak.

Agar Cabe Buahnya Tumbuh Lebat

Agar tanaman cabe bisa berbuah lebat terus-menerus tentunya dibutuhkan perawatan yang tepat. Selain itu jangan lupa untuk memberikan pupuk juga. Untuk lebih jelasnya pahami ulasannya di bawah ini.

  1. Perawatan Cabe secara Umum

Perawatan tanaman cabe mudah sekali dilakukan. Dan hal yang jangan sampai terlupakan adalah menyiramnya setiap hari. Selain itu periksa juga apakah ada tanaman lain yang tumbuh di sekitar cabe. Jika ada langsung saja cabut. Dengan demikian cabe pun akan tumbuh secara optimal.

Apalagi pada saat usia tanaman cabe belum genap satu bulan. Pasalnya tanaman cabe yang belum genap satu bulan rata-rata sangat rentan dengan kematian. Apalagi jika di sekitar cabe ada tanaman lain yang tumbuh. Oleh sebab itu penting untuk mengeceknya setiap hari.

Kemudian periksa juga apakah ada hama atau penyakit pada tanaman cabe Anda. Jika Anda merasa tanaman cabe bermasalah, langsung saja cari cara penanganannya di mystargarden.com.

  1. Pemupukan pada Tanaman Cabe

Pemupukan pada tanaman cabe juga sangat menentukan banyak tidaknya cabe yang dihasilkan. Oleh sebab itu selama masa penanaman, rajin-rajinlah untuk memberikan pupuk. Untuk jenis pupuknya sendiri direkomendasikan menggunakan pupuk kompos. Alasannya agar tanaman cabe lebih organik.

Yang menjadi pertanyaannya kemudian adalah kapan waktu yang tepat untuk melakukan pemupukan? Tidak mungkin juga setiap haru tanaman cabe harus dipupuk. Sebaiknya pupuk tanaman cabe Anda setelah umur 21 tahun hingga 30 hari.

Seperti itulah beberapa poin penting pada saat ingin menanam cabe. Tahapan demi tahapan sudah sangat jelas dibahas di atas. Sekarang Anda tinggal mempraktikkannya. Semoga ulasan singkat mengenai cara tanam cabe ini bisa sedikit membantu.