Home » Teknologi » Begini Cara Screenshot di Laptop dengan Cepat

Begini Cara Screenshot di Laptop dengan Cepat

Menyimpan informasi tidak hanya dapat berupa tulisan saja, namun juga beberapa informasi dapat berupa tangkapan layar. Misalnya saja ketika Anda sedang membuat sebuah tutorial penggunaan laptop, PC atau smartphone. Cara termudah selain menjelaskan langkah-langkahnya adalah dengan menyertakan tangkapan layar dari tahapan yang telah dilakukan. Hal ini tentu saja akan mudah untuk dipahami.

Hampir pada semua laptop atau PC terdapat fungsi yang dapat digunakan untuk melakukan screenshot. Sayangnya, tidak semua orang mengetahui fungsi mana yang dapat digunakan. Informasi tentang berbagai hal yang membahas teknologi disajikan pada berakal.com. Untuk lebih jelasnya bagaimana cara screenshot di laptop dengan cepat, simak ulasan berikut ini.

Cara Screenshoot melalui Keyboard

Cara screenshoot melalu keyboard umumnya menggunakan fungsi tombol PrtSc. PrtSc dapat diartikan print screen. Tombol ini berfungsi untuk menangkap layar pada bagian yang disajikan pada layar sehingga tidak dapat memilih bagian mana saja. Namun, nantinya tetap dapat dilakukan editing sesuai dengan gambar yang diinginkan.

Tidak pada semua laptop atau keyboard memiliki label yang sama yaitu PrtSc ada juga prt sc, PrntScrn, PrintScr atau PrtScn tergantung mereknya. Pada beberapa laptop, tombol ini tidak dapat langsung digunakan karena pada satu tombol terdapat fungsi lain. Maka untuk menggukannya tekan tombol fn (function) bersamaan dengan tombol print screen ini.

Sesaat Anda mengambil seperti tidak ada perubahan, namun sebenarnya hasil screenshoot ini disimpan pada Clipboard. Jadi, Anda tinggal membuka aplikasi Microsoft Word atau aplikasi editing foto yang biasa digunakan kemudian klik kanan dan pilih menu paste atau dapat menekan tombol Ctrl+V. Maka akan muncul tangkapan layar yang telah Anda lakukan, kemudian dapat dilakukan editing.

Jika Anda tidak menginginkan untuk disalin pada Microsoft word ataupun aplikasi editing foto, maka dapat dilakukan penyimpanan gambar. Caranya yaitu tekan tombol Win+Print Screen atau Win+fn+Print Screen atau juga dapat Win+Ctrl+Print Screen. Tombol Win merupakan tombol yang memiliki simbol logo Windows pada keyboard laptop atau PC Anda.

Ketika Anda menekan kombinasi tombol tersebut, maka pada layar akan terlihat seperti kedipan. Saat ada kedipan ini jangan khawatir, itu tandanya fungsi tersebut berfungsi dengan baik. Tangkapan layar yang Anda lakukan kemudian secara otomatis akan tersimpan pada folder Pictures. Untuk mengetahuinya, klik folder Picture kemudian klik Screenshot. Maka hasil tangkapan layar Anda barusan akan terlihat di folder ini.

Cara Screenshoot melalui Aplikasi Snipping Tool

Selain dapat melakukan screenshot dengan memanfaatkan fungsi yang disediakan pada keyboard, dapat juga memanfaatkan aplikasi bawaan yang ada pada laptop. Aplikasi ini yaitu Snipping Tool. Software ini merupakan bawaan Windows. Sayangnya tidak semua series ada, hanya mulai Windows 7 hingga versi yang terakhir. Untuk lebih jelasnya, ikuti langkah berikut ini.

  1. Langkah pertama yaitu buka halaman yang ingin dilakukan screenshot. Dapat berupa halaman website, foto atau halaman apapun yang muncul pada layar Anda.
  2. Langkah berikutnya yaitu tekan tombol Windows (tombol yang ada logo jendela Windows pada keyboard) kemudian ketikkan Snipping Tool pada kotak pencarian, maka akan muncul tool ini dan klik.
  3. Sesaat setelah Anda melakukan klik pada tool tersebut, maka akan muncul jendela Snipping Tool. Langkah berikutnya yaitu klik New.
  4. Ketika Anda telah melakukan klik pada menu New, layar akan sedikit memburam, jangan khawatir itu tidak masalah. Kemudian pilih area yang ingin dilakukan screenshot. Caranya yaitu klik pada tepian area yang diambil dan seret hingga sesuai dengan keinginan Anda dan lepas.
  5. Tahap selanjutnya yaitu jika Anda menginginkan untuk menyimpannya maka klik ikon disk atau simbol simpan pada bagian atas halaman Snipping tool dan klik. Maka Anda akan diarahkan pada tempat penyimpanan di komputer atau laptop. Selanjutnya pilih dimana screenshot akan disimpan dan klik simpan.
  6. Jika Anda tidak ingin menyimpan hasil screenshot tersebut tetapi cukup menyalinnya saja, maka klik simbol dokumen yang bertumpuk dua atau simbol salin dan klik. Selanjutnya buka aplikasi dimana Anda ingin menyalinnya dan klik paste atau Ctrl+V.

Penggunaan aplikasi Snipping tool ini memiliki keuntungan yaitu saat Anda melakukan screenshot langsung dapat disesuaikan dengan area yang dibutuhkan sehingga tidak perlu melakukan pemotongan kembali. Cara ini lebih mudah bila dibandingkan dengan menggunakan fungsi keyboard. Sayangnya tidak semua Windows memilikinya.

Itulah tadi dua cara yang cepat dan mudah untuk melakukan screenshot yang dapat Anda tiru saat bekerja dengan laptop. Kedua fungsi tersebut dapat digunakan dengan mudah, tergantung kebiasaan penggunaannya sehingga cepat dalam menjalannya.