Home » Home Decor » Mengulik Proses Dan Cara Merakit Komputer Sendiri Di Rumah. Anda Waijb Tahu!

Mengulik Proses Dan Cara Merakit Komputer Sendiri Di Rumah. Anda Waijb Tahu!

Salah satu alat elektronik penting yang saat ini banyak digunakan orang adalah komputer. Ada berbagai macam kegiatan yang dilakukan dengan menggunakan komputer. Sebut saja seperti kasir di swalayan, pegawai kantoran hingga pelayanan umum pun juga menggunakan perangkat satu ini.  Namun, tahukah anda bagaimana cara merakit komputer sendiri di rumah? Maka untuk anda yang ingin mempelajari caranya, anda pun bisa menyimak ulasannya berikut ini.

Hal Yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Komponen Yang Ada Pada Komputer

Ketika anda ingin merakit sendiri komputer di rumah, maka anda pun perlu untuk mengetahui beberapa komponen yang ada di dalam komputer. Umumnya, komponen yang ada di dalam komputer ini terdiri dari keyboard, mouse, CPU, dan juga layar monitor. Dari kesemuanya, CPU sendiri memiliki peran yang sangat penting untuk menjalankan perintah dari rangkaian komponen lainnya.

Sehingga sebelum anda mengetahui cara merakit komputer sendiri, ada baiknya anda untuk tahu hal apa saja yang terdapat pada komputer. Dengan begitu, nantinya anda pun akan lebih mudah di dalam proses perakitan komputer. Hal ini dikarenakan anda telah mengenal komponen dengan baik dan benar sebelum mulai untuk merakit sendiri komputer milik anda.

Seperti yang anda tahu, CPU memiiliki peranan yang penting. Dimana di dalam CPU ini juga terdapat beragam komponen lain yang tak kalah penting. Sebut saja seperti Motherboard. Dimana bagian ini merupakan bagian yang penting dan menjadi penghubung antara komponen satu dengan yang lain. Di dalam bagian ini sendiri terdapat processor, sound card, hard disk dan juga lainnya.

Selanjutnya, juga terdapat processor yang memiliki peran tak kalah penting. Hal ini dikarenakan prosesor adalah otak dari komputer, sehingga ketika processor mengalami kerusakan, maka komnputer pun tidak dapat bekerja dan menyelaa dengan baik. Selain itu, juga terdapt RAM yang berperan sebagai tempat penampung data sementara sebelum dipindah ke komponen lain.

Disini RAM juga memiliki pengaruh pada kecepatan proses data. Sehingga dengan mengetahui cara merakit komputer sendiri akan menjadi hal yang sangat penting untuk anda. Tak hanya itu saja, terdapat pula harddisk, CD/DCD ROM, Sound Card, VGA Vard dan lain yang memiliki fungsi penting di dalam CPU yang tidak bisa anda lupakan.

Cara Untuk Merakit Komputer dari Dalam CPU

Saat anda ingin untuk merakit komputer sendiri, maka hal yang perlu untuk anda lakukan adalah dengan mempersiapkan segala bentuk komponen yang nantinya akan anda butuhkan di dalam proses perakitan. Hal tersebut diantaranya adalah seperti CPU maupun layar monitor dan sebagainya. Selanjutnya, anda pun bisa menyiapkan komponen yang terdapat di dalam CPU untuk memulai proses perakitan.

Dimana anda nantinya akan membutuhkan motherboard, RAM yang sesuai dengan kebutuhan anda, processor dan juga hard disk. Selain itu, anda pun juga tidak boleh lupa untuk menyiapkan alat yang nantinya akan anda gunakan untuk merakit komputer. Beberapa alat yang mungkin anda butuhkan adalah seperti skrup, obeng, baut dan juga pasta processor.

Selanjutnya, anda pun bisa memasang prosesor ke motherboard sebagai langkah awal cara merakit komputer sendiri. Lalu, anda pun bisa memperhatikan tanda yang berada di pojok kiri bawah prosesor dan soket sebelum anda mulai untuk memasangnya. Kemudian, anda pun bisa melanjutkannya dengan memasang kipas prosesor dengan mencocokannya ke dalam lubang motheboard.

Ketika langkah ini telah terpasang, maka anda pun bisa jangan lupa untuk menyambungkan kabel kipas ke motherboard. Lalu, anda punbisa melanjutkan dengan memasang RAM. Dimana anda bisa memilih ukuran dan jenis RAM yang sesuai dengan kebutuhan anda. selain itu anda pun juga perlu untuk menyesuaikan RAM dengan kemampuan yang dimiliki oleh prosesor. Sehingga nantinya komputer akan bisa beroperasi dengan maksimal. Setelah itu, anda pun bisa menyiapkan kerangka CPU.

Langkah Untuk Merakit Komputer dan Pemasangan Komponen ke CPU

Langkah selanjutnya yang bisa untuk anda lakukan adalah dengan membongkar keseluruhan dari kerangka BPU hingga tersisa kerangka luarnya saja. Kemudian, anda pun bisa memasangkan I/O Shield yang anda peroleh dari motherboard. Anda bisa memasangnya pada bagian belakang dari kerangka PC. Dan pastikan bahwa hal tersebut telah cocok dengan motherboard yang akan anda gunakan.

Setelah itu, anda pun bisa memasangkan motherboard yang sudah lengkap dengan kipas, processor dan RAM tersebut. Dimana nanitnya anda pun bisa  mencocokkan lubang baut dan barulah anda juga bisa untuk  mengencangkan baut yang berada diantara motherboard dengan kerangka CPU. Pasangkan Hard disk sesuai dengan ukuran yang anda inginkan, atau sesuai dengan kebutuhan anda.

Untuk cara merakit komputer pada langkah pemasangan Hard disk ini, nantinya anda pun juga bisa untuk menyesuaikannya dengan letak kerangka PC. Sehingga pada langkah ini akan  ada yang perlu dibaut dan ada pula yang tidak perlu dibaut lagi. Kemudian, pasangkan Power Supply di bagian luar kerangka CPU. Barulah anda bisa untuk mengencangkan bautnya.

Ketika semua komponen telah terpasang, maka anda pun bisa untuk menyambungkan kabel-kabel penting ke motherboard. Untuk kabel pertama yang harus untuk dipasang adalah Power 24-pin ATX. Selain itu, anda pun bisa untuk memasang kabel Power 4-pin CPU yang berwarna kuning hitam. Lalu, anda bisa memasangkan kabel SATA ke motherboard. Dan menyambungkan ujung kabel SATA lainnya ke Hard disk

Kemudian anda bisa mengambil kabel Power SATA dan menyambungkannya ke Hard disk. Lalu, pasang kipas CPU dan sambungkan kabel dari PPC ke motherboard sesuai dengan petunjuk. Untuk cara merakit komputer yang terahir adalah dengan menyambungkan kabel front Panel ke motherboard. Anda pun bisa dengan mengikuti petunjuk buku panduan untuk memasang komputer dengan lebih aman.

Dengan merakit komputer sendiri, maka hal tersebut dapat menjadi salah satu kelebihan. Hal ini dikarenakan anda bisa menyesuaikan kemampuan komputer dengan kebutuhan anda. Untuk anda yang ingin mengetahui langkah langkah lain seputar komputer, maka ada baiknya anda mencoba untuk membuka website komputeran.com. Di dalam website tersebut, akan tersedia beberapa tips dan pengetahun tentang informasi seputar komputer. Hal ini pun akan membuat anda menjadi lebih paham nantinya.