Home » Uncategorized » Cara Menghilangkan Stres Saat Hamil

Cara Menghilangkan Stres Saat Hamil

Stres dengan merupakan salah satu hal yang wajar ketika sedang hamil. Terlebih bagi para calon ibu yang sedang mengalami hamil untuk pertama kalinya. Mereka akan mencemaskan beberapa hal seperti contohnya kondisi janin ataupun kelahiran nantinya. Namun kondisi stres ini tidak boleh dibiarkan secara terus-menerus. Hal tersebut dapat berpengaruh terhadap kondisi sang Ibu dan berdampak pada janinnya.

Untuk itu perlu beberapa cara yang dapat mengurangi rasa stres ketika sedang hamil. Hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi stres saat hamil seperti beberapa dibawah ini:

  1. Istirahat yang cukup merupakan salah satu hal efektif untuk mengurangi stres saat hamil. Hal ini akan berdampak juga terhadap kesehatan bayi dalam kandungan. Ketika melakukan suatu aktivitas jangan sampai terlalu lelah dan segera beristirahat.
  2. Untuk menghilangkan stres ketika hamil bisa Dengan berpikir fokus untuk bayi dalam kandungan. Hal ini dapat membuat Pikiran menjadi lebih tenang dan rasa cemas berlebih dapat berkurang.Penyerapan nutrisi bayi juga akan menjadi lebih cepat serta pertumbuhan dan perkembangannya akan lebih optimal.
  3. Berbicara dengan orang terdekat juga menjadi salah satu media untuk mengurangi stres. Mengutarakan perasaan dan apa yang dicemaskan kepada orang-orang terdekat. Ibu hamil bisa mengutarakan perasaan yang dicemaskan kepada pasangan, keluarga atau bisa juga dengan sesama ibu hamil agar bisa saling mengerti kondisi. Hal ini cukup efektif karena dapat membuat hati menjadi lebih lega. Pikiran negatif akan hilang dan stres akan berkurang.
  4. Berolahraga menjadi salah aktivitas yang dapat mengembalikan suasana hati menjadi lebih baik lagi. Olahraga ringan juga diperlukan untuk tetap menjaga kesehatan sang Ibu dan bayi dalam kandungan. Suasana hati yang baik juga dapat menghilangkan stres dan pikiran negatif bagi para ibu hamil. Olahraga ringan seperti contohnya yaitu senam, yoga, jalan santai, dan berbagai macam olahraga ringan lain yang dapat dilakukan oleh ibu hamil.

Itu tadi beberapa hal yang dapat mengurangi stres ketika sedang hamil. Namun jika dirasa sudah tidak kunjung berkurang ada baiknya untuk segera berkonsultasi dengan dokter kandungan. Atau bisa juga langsung datang ke psikolog untuk membantu mengurangi stres tersebut.